Beware, Kopi ABC…!!

Peringatan ini sebetulnya lebih tepat diajukan kepada Produsen Kopi ABC Susu. Karena sudah beberapa kali terjadi penipuan mengatasnamakan produk ini melalui program “Jelegar Kopi ABC, Hadiah Langsung”

scan10122.jpg

scan10123.jpg

Beberapa hari yang lalu, tetangga saya membeli kopi ini di warung dekat rumah. Ketika membuka kemasan, dia menemukan secarik kertas di dalamnya dengan tulisan “SELAMAT ANDA MENDAPATKAN 1 UNIT MOBIL” yg dicetak menggunakan hologram berwarna kuning emas. Kertas kecil itupun dilengkapi dengan tulisan-tulisan lain, di antaranya; nomer telepon perusahaan (021-32180025) dan kontak person (Drs. Rudiman 0815-85938844, lengkap dengan fotonya) dan layanan konsumen (0888-1330107).

Singkat cerita, tetangga saya tersebut meminta tolong untuk menghubungi nomer2 tersebut. Setelah saya coba hubungi, ternyata banyak sekali kejanggalan yang saya temui, yaitu:
1. Nomer telpon perusahaan sama sekali tidak bisa dihubungi.
2. Nomer layanan konsumen pun tidak bisa (sepertinya ini nomer ponsel FREN).
3. Yg bisa dihubungi hanya kontak person (Drs. Rudiman). Nada bicara Rudiman terdengar sangat terbata-bata, tidak meyakinkan. Sewaktu saya tanya kenapa nomor telpon perusahaan tidak bisa dihubungi, jawabnya ada kerusakan gara-gara banjir! [Setahu saya, Jakarta belum banjir, mungkin bentar lagi...:(].
4. Dengan alasan klaim yg saya ajukan sudah lewat dari batas waktu yg ditentukan (25 Oktober 2007), maka saya harus membayar biaya administrasi bila hadiah ingin tetap diambil. Biaya adiministrasi yang diminta adalah 5% dari harga barang (Rp. 4.700.000) dan harus ditransfer siang itu juga sebelum jam 12.00 ke rekening pribadinya di Bank Mandiri.

Melihat kejanggalan-kejanggalan ini, saya langsung bisa menebak kalau ini adalah usaha PENIPUAN!!

Akhirnya, dengan alasan bahwa saya tidak punya rekening di Bank Mandiri, saya minta dia memberikan alamat perusahaan agar saya bisa antar langsung uangnya ke situ. Mendengar itu, si Rudiman itupun gelagapan dan tanpa basa-basi langsung menutup telpon dengan sangat terburu-buru…

Melihat ini, ditambah lagi dengan keluhan-keluhan konsumen yang saya baca di beberapa situs tentang hal yang sama, jelas sudah bahwa ini aalah sebuah aksi penipuan.

Pertanyaannya sekarang adalah: bagaimana bisa produsen Kopi ABC yg sudah cukup punya nama di masyarakat bisa kecolongan seperti ini? Packingan kopi ini ketika dibeli tetangga saya itu di warung, dalam keadaan terjalin dengan yang lainnya (tersambung beberapa kemasan). Besar kemungkinan, kertas kecil tadi itu dimasukkan ketika kopi ini dipack di pabriknya. Kalau benar demikian, maka PT. Santos Jaya Abadi sebagai produsen Kopi ABC Susu, benar2 harus berHATI-HATI!!!

Yah… semakin maju zaman, semakin maju juga bentuk-bentuk kejahatan manusianya. Oleh karenanya, tingkat kehati-hatianpun harus pula mengalami kemajuan…!

4 comments on “Beware, Kopi ABC…!!

  1. Harusnya ada Komisi Pengawasan Penipuan Undian… dan sanksinya juga harus tegas… kalo kejadian kayak gini dibiarin aja terus… kasian orang awam… Produsen Kopi ABC juga harus bikin klarifikasi di media dong… jangan cuman diem aje… kesannya kok sebodo teuing…

    Setuju…. Cuma, dari pengalaman selama ini, Komisi-komisi yang ada gak banyak kiprahnya jangan2 pada terima komisi… Para produsen produk2 yg mengadakan hadiah semacam ini haruslah berhati2 dan memberikan pengumuman resmi di media tentang kehati2an terhadap penipuan serta menyebutkan nomer layanan konsumen resminya. Jadi, masyarakat bisa tahu, bahwa selain nomer itu tidaklah benar!

  2. Hari ini tanggal 28 Nopember 2007 orang tua saya seorang pensiunan yang tinggal di daerah malimping Kab. LEBAK, BANTEN, JAWA BARAT juga mendapat kupon undian berhadiah 1 unit mobil dari kapal kopi ABC, untungnya beliau telpon saya terlebih dulu sehingga ia terhindar dari penipuan yang mungkin akan mengakibatkan kerugian.

    Mungkin seharusnya aparat yang berwenang bekerjasama dengan perusahaan kopi kapal ABC dapat bertindak, mungkin dengan melacak dari nomor rekening bank, sehingga dapat menangkap pelakunya, sehingga image perusahaan KOPI ABC dapat terjaga.

    Kita sangat berharap itikad baik dari produsen Kopi ABC untuk menindaklanjuti ini. Tapi sampai sejauh ini, saya belum melihatnya. Sesungguhnya keluhan mengenai hal ini telah sangat banyak disampaikan, namun lagi-lagi, tidak ada tindakan… TANYA KENAPA???

  3. SIARAN PERS DPP FKI-1
    BAZAR KARTINI FKI-1 2008
    Departemen Pemberdayaan Perempuan Front Komunitas Indonesia Satu (FKI-1), organisasi kemasyarakatan independen akan menyelenggarakan BAZAR KARTINI FKI-1 2008 di Taman Lapangan Banteng Jakarta Pusat pada tanggal 17 sampai dengan 20 April 2008.
    Demikian dikemukakan Hj.Sukoningsih,SE, Ketua Panitia Bazar Kartini FKI-1 2008 yang didampingi Hj.Tetty Abdi (Sekretaris) dan Nuraini pada pers (5/4) di Jakarta seraya menambahkan, peranan wanita sejak RA Kartini semakin banyak mengalami perubahan, baik dalam keluarga maupun dalam peran sertanya membangun bangsa. Peranan wanita atau perempuan semakin positif bila para kaum perempuan dapat menyampaikan aspirasinya melalui komunikasi yang tepat atau baik, efektif dan sekaligus dapat mengatur serta memanfaatkan momentum yang tepat. Ibu Menteri Pemberdayaan Perempuan, Meutia Hatta Swasono pada suatu ketika pernah mengatakan,”komunikasi merupakan hal penting dalam segala aspek kehidupan”. Berpijak dari hal tersebut, Departemen Pemberdayaan Perempuan Front Komunitas Indonesia Satu (FKI-1) dan dalam rangka memperingati Hari Kartini Tahun 2008, terinspirasi untuk menyelenggarakan BAZAR KARTINI FKI-1 2008.
    “BAZAR KARTINI FKI-1 2008 merupakan ajang atau sarana kaum perempuan yang tergabung di Front Komunitas Indonesia Satu (FKI-1) untuk melakukan komunikasi ktif dan dalam melaksanakan peran sertanya dalam membangun bangsa. Selain itu BAZAR KARTINI FKI-1 2008 juga diharapkan menunjang program pemerintah dalam mensukseskan Visit Indonesia 2008,”sebut Hj.Sukoning,SE dengan menguraikan, tujuan dari pelaksanaan BAZAR KARTINI FKI-1 2008 diantaranya adalah, membudayakan komunikasi aktif bagi kaum perempuan dalam menyalurkan aspirasinya, mengoptimalkan peran serta kaum perempuan dalam pembangunan bangsa melalui kreatifitas dan karyanya, memberi motivasi dan meningkatkan kesadaran sesama kaum perempuan untuk terus meningkatkan perannya sebagai salah satu tiang agama dan negara dan bangsa, memberi kesempatan kepada kaum perempuan Indonesia untuk menampilkan hasil karya, kreatifitas dan sumbangsihnya dalam kemandiriannya dan menghargai kaum perempuan yang telah berhasil dengan karya dan kreatifitasnya untuk lebih termotifasi dalam berkarya dan berkreatifitas yang lebih baik. Bagi Usaha Kecil Menengah (UKM), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Koperasi maupun UKM binaan BUMN serta pemerintah pusat dan daerah yang ingin menjadi peserta BAZAR KARTINI FKI-1 2008 dapat menghubungi Sekretariat Panitia:Gedung Dewan Pers. Jalan Kebon Sirih No.32-34 Jakarta Pusat. Tlp.021 3503349,3864167. E-Mail:satufki@gmail.com. Website:www.apindonesia.com.

    Jakarta 5 April 2008
    Ttd
    M.Julian Manurung
    Ketua Umum DPP FKI-1/0818798586

  4. ni aku dapet kupan menang gran livina kayanya sih penipuan
    wah pt santos jaya abadi ini gimana sihhh

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge