gadang sarawa


Warning: Illegal string offset 'single_featured_image' in /home/hardiviz/public_html/wp-content/themes/confidence/content-single.php on line 69

Kali ini aku mau ikutan Om Trainer membahas istilah bahasa daerah. Tentunya istilah yang mau kubicarakan adalah istilah dalam bahasa Minang. Kalau bahasa Jawa, aku takut dipelototin Lala, dan kalau bahasa Betawi, aku takut diamuk Onechan Imelda, lha wong baru nyoba pakai elu-gue saja sudah diomelin… hehehe… :)

Gadang sarawa, secara harfiah bermakna besar celana.
Gadang = besar
Sarawa = celana

Istilah ini dilekatkan pada seseorang yang bermulut besar tapi bernyali kecil, atau berjanji besar tapi tidak menepatinya.

Contohnya:

Ali sesumbar, katanya bila ketemu dengan Somad, dia akan melabraknya dan meminta dia minta maaf pada cewek yang disakitinya. Tapi, ketika Ali dan Somad benar-benar bertemu, Ali hanya menyapa Somad dengan santun dan berlalu tanpa sedikitpun membuktikan ucapannya. Ali dalam hal ini bisa dikatakan gadang sarawa.

Romi naksir berat kepada Julie. Romi sesumbar kepada temannya, Martin, kalau dia berhasil menggaet Julie, dia akan traktir Martin di restoran mewah. Tapi, ketika Romi berhasil mendapatkan Julie, Romi sama sekali tidak menepati janjinya kepada Martin. Romi adalah orang yang gadang sarawa.

Pada saat ini, di negara kita yang tercinta ini, banyak sekali orang yang gadang sarawa.

Para mantan caleg yang gagal mendulang suara, menarik kembali tikar masjid yang pernah disumbangkannya. Dia adalah orang yang gadang sarawa.

Sebuah partai yang mengutuk habis kebijakan pemerintah soal BLT, ketika kampanye lalu malah mengatakan kalau mereka berhasil mengawal pembagian BLT kepada masyarakat. Partai ini adalah partai yang gadang sarawa.

Dan parahnya lagi, para politisi yang bernafsu ingin menjadi presiden, bolak-balik membangun kerjasama. Mereka yang dulunya bertikai, sekarang malah saling berangkulan, memperlihatkan kemesraan yang absurd di hadapan masyarakat. Mereka-mereka inilah adalah orang-orang yang gadang sarawa.

So, sebelum sesumbar dengan janji-janji besar, pahami dulu seberapa besar ukuran celana kita, sehingga nanti tidak dikatakan orang sebagai gadang sarawa…halah! :D


Warning: Illegal string offset 'author_box' in /home/hardiviz/public_html/wp-content/themes/confidence/content-single.php on line 93

28 comments on “gadang sarawa

  1. wow Gadang Sarawa ya Uda….

    Itu Sarawanya merek Peach John atau CalvinKlein ya? heheheh

    Kalo Gudang Sarawa mustinya lebih besar lagi nih :D

    (Uda jangan marah dong, abis aneh aja denger uda ber-gue elu hihihihi. Karena gue-elu itu kesannya kasar, sedangkan Uda kan ngga kasar orangnya hehehe)

    EM
    ____________________

    kalau saya tidak kasar, berarti saya makhluk halus dong, hihihii….. :)
    gak kok neechan, gak marah… santai aja…

    gudang sarawa? wah, keren juga tuh… kita lihat saja nanti, siapa capres yg janjinya jauh lebih dahsyat… siap2 dia kita gelari “gudang sarawa”… hehehe… :D

  2. Harus disesuaikan dengan ukuran celana dulu ..??
    XS, Uda .. hahaa …. Ups..!

    Uhm,, maksudnya besar mulut kan ya …??
    di antara banyak kemungkinan lain, kenapa celana yang digunain sama orang Padang..?
    *garuk-garuk kepala mikir*
    ____________________

    gak tau juga kenapa celana yg digunakan, barangkali karena celana adalah alat paling penting dalam menutup kehormatan diri… :)

  3. wempi pilpres kemungkinan juga golput, gak ada katepe medan buat ngurus depete. buat katepe dimedan ratusan ribu, mahal dan lama, sekarang masih pake katepe padang berlaku sampe 2011, kartu keluarga juga padang, sim juga padang, stnk juga padang. domisili dimedan, hahaha…
    ____________________

    kalau gitu, pas pilpres, pulkam aja wempi…
    kalau gak ada ongkos, minta sama salah satu capres…. huahaha… :)

  4. sarawa gadang, isinyo indak :D
    kalo orangnya cewe, mungkin gadang barendo ya?
    ___________________

    gadang barendo…?
    apaan tuh…? hehehe…. :)

  5. walah gede celananya berarti kedodoran alias susah di pakai ya hehehe bener sekali analisa nya hahaha
    ____________________

    kalau orang kegedean celana, berarti jalannya gak karuan, dan biasanya, isinya lebih kecil dari bungkusnya… hehehe… :D

  6. sahabat………..
    benar benar analis yg mengena buat para mereka yg sedang beradu….

    oya belikan aku gadang dong da
    tapi jangan yang gede ok

    salam
    ____________________

    emang gadang ada yang jual…? hehehe… :D

  7. Kalau gadang sarawa dengan gadang kalemp*ng sama ngga Da? hehehe…. kidding… :-)
    ____________________

    kalau gadang [sensor] itu harapan semua orang, hiahahaha…. :D

  8. Kalau ada pejabat yang menjanjikan bantuan ke korban gempa Yogya, sekian-sekian, trus tidak ditepati, apa itu juga termasuk gadang sarawa, Uda?
    ____________________

    nah… itu dia contoh yang paling pas…
    saya benar2 merasakan sekali peristiwa itu, insya Allah nanti saya akan bikin postingan soal itu…
    kira2 pejabat yg gembar-gembor soal bantuan gempa dulu itu, pantas gak ya jadi presiden mendatang?

  9. Kalau ditranslasikan ke bahasa Jawa tinggal satu kata Da Zon.

    “Ndobos” atau “Nggedebus”. Hehehe

    Barek malasah nampaknyo Da… :D
    ____________________

    ada juga rupanya istilah jawa, jadi nambah perbendaharaan kata lagi nih, hehe… :)
    barek malasah itu apo bang nardi? lol

  10. walah.. takana kampuang namonyo ko ma.. hehehe…

    Aku sering pakai bahasa ini waktu masih tinggal bersama orang tua.
    Misalnya, tengah malam minta ditemeni ke kamar mandi, pasti mamaku bilang.. Puak gadang sarawa ..

    Nah, kalau untuk orang2 yang cuma pinter ngomong dan tidak ada realisasi.. ya aku setuju sekali dengan istilah itu. Apalagi, untuk para caleg kalah, yang minta balik sumbangannya.. wadoh, mungkin ndak hanya gadang sarawa… gadang apo yo?.. hehehe..

    Pulang kampuang.. pulang kampuang… :D
    ____________________

    sekarang puak gak gadang sarawa lagi kan…? hehehe…

    mungkin untuk para mantan caleg itu, di samping gadang sarawa, juga gadang ota, lai satuju uni puak tu?

    yuk mari…. pulkam, pulkam… :D

  11. onde iyo bana gadang sarawa caleg yang maambiak baliak apo yang inyo alah agiahan.. samo panjang lidah mah ndak da :lol:
    ____________________

    sapanjang tali baruak lidahnyo ndak ni dede… :)

  12. ooooo gitu :D hehehe
    kalo di surabaya, tuch gadang sarawa = ngedabrus :D

    Apa kabar Uda??
    ____________________

    oooo… berarti ada juga ya istilahnya dalam bahasa jawa, baguslah !
    alhamdulillah sehat retie… dah lama gak saling kunjung ya… :)

  13. Gadang Sarawa = Celana baggy, Uda hehehehe…:)
    Kenapa bukan Gadang Kepala untuk mengartikan itu ya?
    ____________________

    Gadang kapalo (besar kepala) juga dipakai Don…
    itu untuk orang yang sombong, beda dengan yg ini :)

  14. Ketawa ngakak baca komentarnya DV karena saya senengannya celana panjang yg agak baggy gitu lho … tapi mudah-mudahan tidak termasuk gadang sarawa … hehehe :)
    ___________________

    ah… kalau bapak sih, sebesar apapun celana yg dipakai, gak bakal dibilang gadang sarawa… paling cuma dibilang: “celananya kegedean pak….” hehehe… :D

  15. HHHmmm …
    Gadang Sarawa ???

    Ini a bit of euphemisme …
    Yang dimaksud mungkin yang ada didalam sarawa itu ya Uda …

    Bahasa Indonesianya mungkin …
    “Sesumbar”

    Bahasa Gaulnya …
    “Om-Do” … omong doang …

    Begitu kira-kira ?

    Salam saya Uda

  16. Kalo bahasa Betawinya: “banyak bacot”.
    Contohnya: Elu banyak bacot, Dul. Kemarin elu janji mau minjemin motor ke gue. Eh, sampe sekarang kagak jadi terus”
    ____________________

    sasuai tu pak… :D

  17. Partai yang mengutuk habis soal BLT, namun ketika kampanye lalu malah mengatakan kalau mereka berhasil mengawal pembagian BLT kepada masyarakat adalah partai yang Ketua Umumnya tak pantas dipilih pada pilpres nanti!
    ____________________

    waduh, waduh… aku gak ikut2 lho ya…
    aku cuma mau bilang kalau partai itu gadang sarawa…
    artinya…? jangan dicontreng… hehehe… :)

  18. @ saya geli baca komennya DV dan DM
    Saat masih gadis saya juga suka celana baggy…supaya kelihatan sexy….ternyata setelah menikah…hahaha…tahu sendiri deh, yang jelas “selamat tinggal celana baggy”

    Niel, berarti partai itu termasuk gadang sarawa ya..
    Ehh Uda, yang benar bukan gadang sarawo ya….biasanya kan paling belakang jadi o.
    ____________________

    emang ada bedanya ya bu enny bila orang yg sudah menikah pakai celana baggy? (soklugu.com)

    kalau begitu, partai gadang sarawa perlu kita tinggalkan… setuju?

    tidak semua bahasa minang diakhiri dg “o”, terkadang ada juga yg diakhiri “e”, atau malah “a”
    tapi, bukannya bahasa jawa yg selalu diakhiri “O”? :)

  19. weleh… banyak kali org2 bersifat gadang sarawa jaman gini.
    memprihatinkan.
    salam kenal Uda
    ____________________

    semoga kita tidak termasuk salam satunya ya…
    salam kenal juga :)

  20. Membaca postingan uda yang ini, awak jadi galak2 surang. Soalnya udah lama banget ga denger istilah ini. Istilah ini sering digunain ketika SD. Pas SMP udah jarang kepake.. Hehehehe…

    Sarawa gadang tapi dak barisi apo gunonyo yo da….
    ____________________

    batua bana itu Son…
    lebih bagus sarawa ketek, tapi isinyo…. huahaha…. :D

  21. Jadi gadang itu bisa disambung dengan kata lainnya dan artinya berubah ya Da. Saya kenalnya cuman sama rumah gadang doang. hehehe
    ____________________

    betul sekali mbak noengki… :)
    kalau rumah gadang, itu benar2 besar… hehehe…

  22. uda…apa kabar?
    dah lama banget gak main kesini :D

    btw…tentang istilah ini…aku kok ndak pernah nah denger orang disini ngomong istilah itu…*atau emang dasar akunya gak perhatian?*

  23. Jarang-jarang lho uda saya baca blog yang membahas tentang istilah bahasa Minang. Seneeeng bacanya… Jadi kangen sm kampung halaman :)
    Buat Ria bukan gak ada yang ngomong istilah Minang cuma kalo ngomong sm kamu pake bahasa minang, kamu gak bakal ngerti :p Peace Ria… :)

  24. @edratna:
    Iya, Bu. Tapi aku nggak ajak-ajak lho, Bu. Aku hanya nggak mau punya presiden yang irasional. Eh, aku nggak ajak-ajak lho… Hihihi.

    @Vizon:
    Setuju lah, Da… ;)

Tinggalkan Balasan ke kezedot Batal Membalas

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jawab dulu ya pertanyaan di bawah ini sebelum kirim komentar, biar tidak dianggap spam.. :) *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>