melompatlah


Warning: Illegal string offset 'single_featured_image' in /home/hardiviz/public_html/wp-content/themes/confidence/content-single.php on line 69

Lebaran kedua, kami bingung mau kemana lagi. Kalau jalan-jalan ke tempat-tempat wisata di Jogja, sepertinya sudah ditempuh semua. Tapi, kalau berdiam diri saja di rumah, tentulah sebuah tindakan yang mubazir. Maka, ketika anak-anak bertanya akan jalan kemana, akupun menjawab sekenanya: “kemana roda akan berputar saja…” :D

Entah malaikat apa yang menuntun, tiba-tiba kami sudah sampai di pelataran Monumen Jogja Kembali (MONJALI). Dengan perasaan sedikit malas, kamipun beringsut menuju pintu masuk. Secara mengejutkan, kami melihat di pelataran monumen itu sebuah event yang cukup spesial. Terlihat beberapa wahana permainan yang memacu adrenalin terpasang dengan gagahnya di sana. Ada balon raksasa, trampolin, euro bungee, flying fox, dll. Sontak rasa gembira menjalari tubuh kami. Sepertinya kali ini akan lebih mengasyikkan. Alhamdulillah… :D

monjali01

Sebelum mencoba berbagai wahana tersebut, aku mengajak anak-anak untuk masuk terlebih dahulu ke gedung berbentuk gunung itu. Di dalam gedung tersebut terdapat ruangan melingkar yang berisi 10 diorama yang menggambarkan rekaan situasi saat Belanda menyerang Maguwo pada tanggal 19 Desember 1948, Serang Umum Satu Maret, Perjanjian Roem Royen, hingga peringatan Proklamasi 17 Agustus 1949 di Gedung Agung Yogyakarta.

monjali02monjali03monjali04monjali05
Ruangan diorama yang informatif dan edukatif, tapi sedikit menyeramkan, karena lorongnya gelap :D

tanganSetelah puas melihat ruangan diorama, kamipun naik ke lantai atas. Lantai teratas tersebut merupakan tempat hening berbentuk lingkaran, dilengkapi dengan tiang bendera yang dipasangi bendera merah putih di tengah ruangan. Terukir di dindingnya relief gambar tangan yang menggambarkan perjuangan fisik pada dinding barat dan perjuangan diplomasi pada dinding timur. Ruangan bernama Garbha Graha itu berfungsi sebagai tempat mendoakan para pahlawan dan merenungi perjuangan mereka. Apakah kami berdoa di sana? Sepertinya tidak. Ruangan itu justru menjadi sangat ramai oleh teriakan anak-anak yang berlari dengan senangnya mengelilingi ruangan tanpa sekat itu. Perlu memberi penjelasan lebih lagi kayaknya nih buat mereka… :)

Keluar dari ruangan tersebut, masih di lantai dua, terlihat pada dinding luar ukiran 40 relief yang menggambarkan peristiwa perjuangan bangsa mulai dari 17 Agustus 1945 hingga 28 Desember 1949. Sejumlah peristiwa sejarah seperti perjuangan fisik dan diplomasi sejak masa Proklamasi Kemerdekaan, kembalinya Presiden dan Wakil Persiden ke Yogyakarta hingga pembentukan Tentara Keamanan Rakyat tergambar di relief tersebut

Berdasarkan keterangan yang kami dapatkan, monumen ini mulai dibangun pada tanggal 29 Juni 1985. Peletakkan batu pertama monumen setinggi 31,8 meter ini dilakukan oleh HB IX setelah melakukan upacara tradisional penanaman kepala kerbau. Pembangunan monumen ini berlangsung memakan waktu selama empat tahun. Tepatnya pada tanggal 6 Juli 1989, monumen ini selesai dibangun.

Setelah puas mengelilingi setiap ruang di monumen tersebut, kamipun beralih ke pelatarannya. Wahana yang menantang itu telah menunggu untuk kami manfaatkan. Dari seluruh wahana yang kami coba, hanya trampolin raksasa-lah yang paling berkesan dan menyenangkan hati. Anak-anak melompat sepuasnya. Bahkan, saking senangnya, mereka sulit untuk dihentikan.

Melihat kegembiraan mereka, akupun ikut merasakan kegembiraan, bahkan mungkin melebih kegembiraan mereka…. “Melompatlah nak sepuas hatimu. Raihlah setinggi apa yang ingin kau capai. Selagi kamu mampu, lakukanlah:D

monjali-afifmonjali-tiramonjali-ajibmonjali-fatih
Lompat, lompat, lompaaat… :D

Informasi lebih lengkap, silahkan baca di sini


Warning: Illegal string offset 'author_box' in /home/hardiviz/public_html/wp-content/themes/confidence/content-single.php on line 93

19 comments on “melompatlah

  1. hahahaha!!!! emang, baiknya kita menghabiskan waktu setelah bersilaturrahmi dengan bermain-main di tempat rekreasi da….

    disini ambo juga begitu… main sana-main sini… mumpung masih ada libur beberapa hari lagi….

    teruslah uda!! manfaatkan waktu sebanyak-banyaknya
    .-= aurora´s last blog ..negeri 5 menara =-.

    iya Rif… mumpung liburannya masih agak lama, manfaatkan saja sebaik-baiknya…
    besok kemana lagi ya…? hehehe… :D

  2. malumpeklah, uda. tapi jan tinggi bana, beko lupo pulo turun. :mrgreen:

    ah, asyiknya berlebaran ala uda vizon’s family: plesiran ke wahana bermain sekaligus mendidik. edutainment istilahnyo.
    .-= marshmallow´s last blog ..Mudik by All Means =-.

    sebetulnya ada foto seseorang yang ikutan melompat, tapi gak saya muat di sini. soalnya ketika orang itu melompat, anak-anak pada teriak: “awas… ada dinosaurus papasaurus melompat…!” hahaha… :D

    karena memang tidak ada lagi yang bisa dilakukan, jadinya lebaran diisi dengan jalan-jalan. meski cuma di seputar jogja saja, gak jauh-jauh…

    • @ Uni Sabai. Uni, bukannya kalo kita melompat kita pasti akan jatuh ke bawah soalnya gaya gravitasi akan menarik kita ke bawah? kecuali kalo uda Vizon memanjat sesuatu, kalo memanjat itu akan ada pilihan setiba kita diatas, pilihan untuk turun dan untuk tidak turun. Bukan begitu uda Vizon..

      Enak juga cara berlebaran uda Vizon.. Walaupun hanya jalan2 sekitar jogja tapi tempat yang dikunjungi dapat menambah pengetahuan si buah hati, seperti yang uni Sabai katakan “edutainment”..
      .-= Soni Satiawan´s last blog ..Syawal 1430 H =-.

      sekarang ada gaya tarik langit Son, namanya gaya hemmasabai, hihihi… :D (eh, bagus juga tuh si uni dokter dipanggil sabai…)

      memang enak jalan-jalannya Son, tapi lebih enak lagi kalau bisa pulang kampuang ;)

  3. waaah asyikkk….
    padahal pengen lihat foto papasaurus tuh… kan masih mending daripada gajah melompat di trampolin hahahaha.

    Yang penting keluar rumah! Pasti ada saja hal-hal menarik yang ditemukan di luar sana. Kami juga hari Selasa-Rabu backpacker ke Yokohama dan Kamakura. Belum sempat tulis sih.

    Satu hal yang sering digembar-gemborkan di sini:
    “Daripada memberi barang, lebih baik memberi kenangan”
    Pasti lebaran tahun ini menjadi kenangan indah bagi anak-anak yang bisa mereka ceritakan kelak.

    EM
    .-= Ikkyu_san´s last blog ..tissue =-.

    Saya suka dengan qoute-nya Nechan… benar sekali, membelikan barang hanya akan meninggalkan kesan sesaat, tapi memberi kenangan, wuih… selamanya itu… thanks

    • bahasa aslinya: “???????”Mono yori Omoide.
      dan dipakai sebagai slogan iklan mobil stepwagon. Maksudnya supaya orang beli mobil ?Nissan: Serena) biar bisa jalan-jalan dan bikin kenangan bersama keluarga hihihi.

      EM
      .-= Ikkyu_san a.k.a imelda´s last blog ..cap TT =-.

      aha, jadi punya slogan dalam bahasa jepang nih. bagus lah, bakal sering aku pakai nih, biar keren… hehehe… :D
      tapi, bukan buat promosikan mobil itu lho…

  4. (Trainer jongkok …)
    Menunggu “Papasaurus” lompat …

    Saya belum pernah ke Monumen ini …
    Suatu saat saya harus kesana …

    Dan satu lagi …
    Senyum dan Tawa anak-anak kita …
    apa lagi yang kita cari ya Bang ?
    Kita bekerja hanyalah selalu berusaha untuk membuat senyum dan tawa di rona wajah mereka … selamanya …

    Salam saya Bang
    (ikut senyum saya bang …)

    foto papasaurus…? huahaha…
    saya juga ikut senyum bang… kalau gitu, mari kita senyum bersama-sama…. :)

  5. Bro, bermain trampolin itu pastinya sangat mengasyikkan. Aku saja kepingin banget main, tapi biasanya tidak diizinkan sama pengelola karena terbatas untuk anak2. Padahal sensasinya seharusnya juga boleh dirasakan oleh orang dewasa seperti kita. Maklumlah, dulu kan belum ada permainan seperti ini. Jadi, kalau ada trampolin yang membolehkan orang dewasa main, jangan ragu2 untuk main bro…Dibilang childish sih nggak masalah…Ha ha ha…

    Kalau yang ini dewasa boleh Bro. Aku ikutan main dan berbaur bersama para bocah itu… Ini lagi mempertimbangkan permintaan para fans (halah!) untuk memuat fotoku lagi lompat-lompat itu, hehehe… :D
    Kira-kira bagusnya gimana ya? pajang, gak, pajang, gak… hahaha…

  6. Foto Papasaurus…!!! Foto Papasaurus…!!!
    Ayo foto papasurusss!!!! Manaaa…!!
    .-= AL´s last blog ..Detektif Detektif =-.

    foto papasurusnya lagi diambil sama detektif, katanya ada yang mencurigakan, hahaha…. :D

  7. Wah, asyiknya acara jalan-jalan keluarga ini, Uda…
    aku terakhir kali ke Monjali SMP kelas 1, udah lama banget tuh…

    haha…mana nih fotonya? papasaurus? pasang dooonggg…..
    *penasaran….

    ini lagi… woi… yang punya foto papasaurus, buruan dipajaaaaang…. hahaha… :D

  8. Dulu semasa tinggal di Jogja, aku lumayan sering lewat Monjali. Tapi kok nggak pernah terpikir untuk mampir ke sana ya? :D

    Setelah ke Gembira Loka, Monjali, Prambanan, trus ke mana lagi Uda? Anak2 pasti senang ya diajak jalan-jalan. Keliling-keliling Jogja sampai puas, Uda. Nanti suatu saat pasti kangen lo (curcol… curcol! hihi)

    Kami ada keinginan untuk berkunjung ke desa wisata yang ada di Sleman, salah satunya di desa Turi. tapi belum dapat informasi yang pas. kemungkinan pada liburan yang akan datang. kalau sekarang, kan liburannya sudah hampir usai, anak-anak akan masuk sekolah lagi. jadi, disimpan dulu rencananya, hehe…

  9. ha ha ha, paling asyik melompat gitu pada saat di foto alias di jepret. kalo belum dapat angelnya, maka lompatan akan lebih bersemangat lagi…*ngiler*
    .-= Zulhaq´s last blog ..Sinting Spesial Lebaran =-.

    yang lebih asyik lagi melihat gaya orang yang menjepret. biar dapat angel yang pas, si tukang foto rela berpose yang tak terduga; kadang nungging, kadang telentang… pokoknya yahui deh, hehe… :D

  10. Ayo …. ayo … ayo …! (*sambil tepuk tangan*) foto Papasaurus!! :D

    Saya terakhir ke Monjali sekitar satu tahun yang lalu, tapi cuma untuk ambil foto, nggak masuk :( Ohya, sekedar informasi, setiap malam Minggu katanya ada kembang api di sana.
    .-= Tuti Nonka´s last blog ..After Thirty Years … =-.

    waduh… semakin banyak aja nih request foto papasaurus… dipajang gak ya? semakin bimbang nih… :D

    katanya sih memang ada kembang api saban malam minggu bu tuti. tapi kemarin, selama lebaran, setiap malam ada kembang apinya…

  11. Monjali,….. hehehe dulu waktu SD seneng ke sana, waktu udah pindah ke Jogja malah serem kalau ngelewatin apalagi pas malem… katanya angker ya, Mas Uda :)

    Tapi asik juga kali ya mengunjungi tempat2 yang biasa kita lewati di hari spesial seperti Idul Fitri :)
    .-= DV´s last blog ..Belajar dari Pohon di Muka Kantor =-.

    angker…? hehe… ada kesan begitu sih yang aku tangkap. tapi bukan dari tampak luarnya. kesan angker itu justru terasa ketika kami di dalam ruang diorama. patung-patung yang seukuran manusia itu, serasa hidup sekali. mungkin karena saking miripnya, dan ditambah pula dengan lorong yang dilalui itu lampunya sangat redup. akibatnya anak-anak rada takut berjalan di situ dan buru-buru minta keluar… :D

  12. uda…
    bunda lhat foto anak anak sedang bermain,sangat menggembirakan.jadi ingat cucu…
    lebaran ini cucu dari Amrik juga datang…cuma beberapa hari,tapi Bunda tidak sempat membawa ke tempat tempat wisata..maklum,si eyang acara ini itu..he..he…

  13. perjalanan solo-jogja kemarin saya tempuh hampir 3 jam… mecet di mana2 :(
    cuma ke malioboro dan muter di bulaksumur..nggak sempat ke monjali. klo tahu ada flying fox dll, pasti mampir ke sana deh.. anak2 pasti hepi. soalnya dua tahun lalu pas ke sana.. suasananya sepi2 saja…
    .-= guskar´s last blog ..Baju Kotak-kotak dari Pasar Loak =-.

  14. sama seperti di bonbin
    selama di jogja baru sekali masuk Monjali
    dan masih inget banget, waktu itu “terpaku lama” di Roem Royen..maklum dulu dijayapura cuma bisa membaca dari buku pelajaran sejarah, eh sekarang bisa ngeliat “secara dekat”
    :p
    .-= Afdhal´s last blog ..Lebaran pertama bersama blogger =-.

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jawab dulu ya pertanyaan di bawah ini sebelum kirim komentar, biar tidak dianggap spam.. :) *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>