sumbar dan yogya


Warning: Illegal string offset 'single_featured_image' in /home/hardiviz/public_html/wp-content/themes/confidence/content-single.php on line 69

Sumatera Barat (Sumbar) dan Yogyakarta adalah dua daerah yang mendapatkan tempat khusus di hatiku. Sumbar adalah daerah asal keluarga besarku dan Yogyakarta adalah tempat aku tinggal sekarang ini. Entah kenapa, begitu banyak kesamaan antara kedua daerah ini.

Di antaranya, budaya. Kedua daerah ini sangat terkenal dengan adat-budaya yang kental. Sumbar dengan adat Minangkabau-nya dan Yogyakarta dengan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Kedua budaya ini begitu kental dan cukup memberi identitas tersendiri bagi Indonesia. Dari segi alam, kedua daerah ini juga memiliki kesamaan. Sumbar terkenal dengan pantai dan gunungnya, Yogyakarta-pun demikian. Bahkan, gunung yang ada di kedua daerah itu pun memiliki nama yang sama, yakni Merapi. Satu lagi contoh kesamaannya adalah nomor polisi kendaraan bermotor. Di Sumbar, menggunakan “BA”, sementara Yogyakarta menggunakan “AB”. Sebuah kesamaan yang bukan kebetulan sepertinya bukan?

Satu lagi kesamaan yang sulit untuk dinalar adalah musibah gempa. Yogyakarta dilanda gempa pada 27 Mei 2006 silam. Meluluhlantakkan daerah itu. Banyak korban yang berjatuhan, lebih kurang 6000 jiwa melayang. Dan, kemarin, 30 September 2009, Sumbar-pun dilanda gempa yang sama. Kerusakan yang ditimbulkan sangat parah. Menurut informasi, kerusakan gempa Sumbar sama dengan kerusakan gempa Yogyakarta. Lagi-lagi kedua daerah ini memiliki kesamaan, yang dalam hal ini adalah kesamaan nasib.

Gempa Sumbar yang terjadi sore kemarin itu cukup membuat kami sekeluarga shock. Betapa tidak? Keluarga besar kami berada di daerah itu, termasuk Ibu mertua yang berada di Payakumbuh. Di Padang dan Pariaman sebagai pusat gempa sendiri, ada kakak dan adik sepupu yang tinggal di sana. Sedari berita soal gempa itu dilansir media, kamipun melakukan kontak tiada henti. Namun, tak satupun yang tersambung. Sahabat semasa kuliah aku juga coba hubungi, juga sama sekali tidak tersambung. Dan, sahabat blogger Imoe pun kucoba untuk mengontaknya. Sama sekali tidak ada sambungan.

Sampai malam menjelang, kami tidak lepas dari televisi. Menonton setiap update berita sambil tetap mencoba menghubungi sanak keluarga. Yang semakin membuat kegelisahanku memuncak adalah telepon ke Riau-pun sangat sulit untuk tersambung. Akhirnya, hanya media internet-lah yang bisa menjadi andalan, terutama facebook. Ada seorang teman yang berada di Padang yang bisa update status facebook-nya. Tapi hanya sekali, setelah itu dia menghilang. Kemungkinan besar dia telah kehilangan koneksi.

Kegelisahan yang kualami ini, yang disebabkan oleh ketidakjelasan kabar tentang sanak saudara di daerah bencana, tentulah kegelisahan yang sama dirasakan oleh mereka ketika gempa Yogya tiga tahun yang lalu. Dapat kubayangkan betapa gelisahnya mereka selama beberapa hari, karena tidak bisa menghubungiku. Argh… kegelisahan ini benar-benar menyiksaku.

Akhirnya, aku hanya bisa berdoa dan berdoa untuk mereka semua. Aku yakin, semua ini akan ada maknanya bagi bangsa ini. Ujian bagi kita yang tidak tertimpa musibah ini secara langsung sudah dimulai, terutama bagi Pemerintah. Kita lihat saja, apakah mereka lebih mementingkan gengsi pesta pora pelantikan anggota DPR dengan dana milyaran rupiah itu, atau mau sedikit “mengalah”, dengan mengikhlaskan dana itu untuk penanganan korban. Kita lihat saja nanti…

Buat Imoe, Arif, dan sahabat blogger lainnya, kami doakan semoga kalian senantiasa dalam keadaan baik-baik saja…

Sebagai informasi ilmiah tentang gempa Sumbar ini, silahkan lihat di blognya Pakdhe Rovicky


Warning: Illegal string offset 'author_box' in /home/hardiviz/public_html/wp-content/themes/confidence/content-single.php on line 93

23 comments on “sumbar dan yogya

  1. Kalo wempi, yang di padang keluarga sampai saat ini masih aman, kalo rumah bagian belakang dan teras dah hancur.
    untuk ortu yang sekarang di pasaman blon tau, sampe sekarang blon bisa di hubungi.
    .-= Wempi´s last blog ..PT. Grafika Nusantara =-.

  2. Mudah2an keluarga uda dan uni disana baik2 aja dan tentunya keluarga teman2 yang kerja di duri juga baik2 saja…hiks sedih banget loh uda, salah satu temen team IT ada yg rumah neneknya rata dengan tanah padahal istri, anak dan ibunya lahi disana…sementara mereka tinggal di tenda darurat… :(

    doakan kami agar perjalan relawan dari sini akhir minggu ini lancar dan gempa susulan tidak ada lagi…
    .-= Ria´s last blog ..Lebaranku 1430 H =-.

  3. Semoga semua keluarga selamat dan dilindung oleh Yang Maha Kuasa, bro…
    Amien…
    Btw, kedua daerah ini memang banyak miripnya ya….
    Dan, yang mengalami kemiripan itu kok bisa2nya ente bro…(kampung di sumbar, tinggal di yogya).
    Barusan, orang area perusahaanku di Padang sudah bisa sms. Alhamdulillah semua karyawan selamat. Hanya dinding kantor yang retak-retak. Pondok Gontor di Sulit Air menurutnya seharusnya juga tidak terkena efek gempa. Mudah2an.
    Hanya saja, rumah istri owner kami yang di Sicincin belum ada kabar. Mudah2an juga tidak apa2…

  4. Uda, dari jauh saya berdoa semoga keluarga Uda dan Uni baik2 saja ya! Kegelisahan yg dirasakan Uda sekeluarga semoga cepat berakhir. Saya juga berharap para anggota dewan itu menyumbangkan dana besar yg sekiranya akan mereka pakai kepada masyarakat Padang dan sekitarnya yg terkena bencana.
    .-= kris´s last blog .. =-.

  5. semoga keluarga uda di sumbar sana terhindar dari bencana gempa kemarin..
    dan bagi para korban semoga sll diberikan kesabaran.. menghadapi musibah ini

  6. aji berdoa semoga yang terkena musibah diberi ketabahan.
    amiiiin.
    tidak tahu legi setelah padang, jambi. semoga terhenti dan tidak turun lagi ke pulau jawa atau lainnya.

  7. Sangat menyedihkan melihat akibat gempa di Sumbar melalui tayangan teve. Ratusan orang masih terperangkap di reruntuhan gedung atau terkubur di longsoran tanah. Semoga yang masih hidup bisa segera diselamatkan, dan yang meninggal bisa segera dimakamkan dengan baik.

    Sudah ada kabar dari keluarga di Sumbar, Uda? Semoga semua selamat dan baik-baik saja. Amin.
    .-= Tuti Nonka´s last blog ..Ranah Minang Berguncang =-.

  8. Uda, postingan ini sempat ditunda? saya pikir tidak jadi diposting. Untung saya cek lagi.
    Ya memang ada kesamaan yang bisa ditarik dan kebetulan Uda berada dan pernah berada di dua kota itu.

    Terus terang, tanpa ada saudara dan kenalan di suatu daerah bencana membuat orang merasa biasa saja. Toh bukan daerahku! Ketika Catra menulis di FB ttg kegeramannya, saya bisa merasakan juga dan memakluminya. Orang hanya bersikap seperti kebakaran jenggot jika ada yang dikenal tertimpa bencana, lain tidak.

    Saya sendiri paling tidak bisa melihat tayangan korban bencana di manapun, tapi kali ini saya tidak bisa menahan air mata, bahkan sampai detik ini. Itu karena saya mengenal 3 orang blogger, Imoe, Arif dan Pak Dekry. Mereka adalah orang baik dan aktif untuk pekerjaan dan kegiatan kemanusiaan juga…..

    Itu baru kenalan blogger, bagaimana jika ada saudara atau orang tua di sana. Saya tidak bisa membayangkannya….

    Saya masih berharap berita baik tentang mereka bertiga. Dan saya cuma bisa serahkan semuanya ke dalam tangan Tuhan yang Maha Kuasa adanya. Semoga semua keluarga dilindungi Tuhan.

    EM
    .-= ikkyu_san´s last blog ..Jika anak libur…. =-.

  9. negeri ini terus di lanca bencana, apa yang sebenarnya terjadi dengna negeri ini??? mari kita sama sama merenung :)

    alhamdulillah, keluarganya om baik2 saja
    turut berduka cita untuk semua korban gempa yang terjadi beberapa waktu terakhir ini

  10. halo uda, ini korban yang berbicara… :D

    alhamdulillah uda, saya tak kurang satu apapun, kuku pun tak ada yang patah, sungguh mukjizat.

    rumah pun cuma rusak sedikit, dapur saya ditimpuk rumah bertingkat tetangga,,,,,

    nan jaleh da, ambo lai punyo cukuik angok untuak posting…. hehehe,,,,, mokasih banyak uda.
    .-= aurora´s last blog ..gempa sumatera: bangunkanku diakhir september =-.

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jawab dulu ya pertanyaan di bawah ini sebelum kirim komentar, biar tidak dianggap spam.. :) *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>