pelajaran berharga


Warning: Illegal string offset 'single_featured_image' in /home/hardiviz/public_html/wp-content/themes/confidence/content-single.php on line 69

Ternyata, bukan hanya akun facebook-ku saja yang kena bajak, seperti yang pernah kuceritakan pada postingan sebelum ini, e-learning ku– http://ruangkuliah.hardivizon.com– pun tak luput dari sasaran kejahatan cyber. Hampir dua minggu web-ku yang satu itu “koid”, alias tidak bisa diakses. Tentu saja aku panik alang kepalang. Nyaris emailku penuh dengan pertanyaan dari mahasiswaku soal tidak bisanya mereka mengakses e-learning tersebut.

Tidak hanya itu, blog ini pun tidak luput dari sasaran. Puluhan spam masuk dan tidak terdeteksi. Aih… rusuh nian rasanya… :(

Akhirnya, berkat kesabaran dan ketulusan sang dedengkot IT, Ria, kondisi itupun teratasi. Alhamdulillah, semuanya mulai hari ini sudah membaik kembali.  Akupun lega… Terima kasih yang tak terhingga kuhaturkan kepada Ria. Semoga Allah membalasi kebaikan hatinya dengan pahala yang berlipat ganda.

Sebagai pembelajaran dari kejadian yang menimpaku ini, berikut aku koppas tulisannya Ria yang sudah ditulisnya beberapa bulan yang lalu, semoga bermanfaat:

Password Yang Baik Itu?
oleh: Ria

Pertanyaan sederhana bukan tapi kalau yang tidak tau sama sekali mungkin tidak bisa menjawabnya. Nah sebelum tau password yang baik itu seperti apa, defenisi dari password sendiri itu apa sih? Kalau menurut wikipedia indonesia password berarti kata sandi, dimana kata sandi ini adalah adalah kumpulan karakter atau string yang digunakan oleh pengguna jaringan atau sebuah sistem operasi yang mendukung banyak pengguna (multiuser) untuk memverifikasi identitas dirinya kepada sistem keamanan yang dimiliki oleh jaringan atau sistem tersebut.

Beberapa Hal yang salah pada password :

  1. Menggunakan kata sederhana, setiap hari didengar dan sebagainya.
  2. Adanya asumsi bahwa password menawarkan keamanan yang mencukupi maka tidak  perlu untuk menggantinya, juga kode aksesnya.
  3. Adanya asumsi bahwa hanya sedikit orang yang mampu secara teknis untuk akses ke dalam komputer dan mampu untuk memanipulasi data didalamnya.
  4. Adanya asumsi bahwa, hanya komputer yang berisi data penting dan keuangan saja yang menjadi sasaran. Komputer yang kita gunakan tidak menjadi sasaran.
  5. Password sulit dirawat dan hal tersebut menjadi lebih sulit bila makin banyak orang yang mengetahui struktur dasar password tersebut.
  6. Makin banyak orang yang mampu secara teknis untuk mengecoh password karena keberadaan komputer yang makin memasyarakat.

Password dibutuhkan oleh seseorang untuk mengamankan hak otoritasnya di dalam suatu sistem, dan menjaga agar privacy individualnya tidak digunakan sembarangan dan tidak di salah gunakan oleh orang lain. Password dibutuhkan oleh suatu perusahaan untuk menjaga aset2 yang dimilikinya agar tetap aman dan orang-orang tertentu saja yang bisa memakainya, tentunya hanya karyawan maupun pemilik perusahaan tersebut. Apa jadinya password apabila jatuh ke tangan orang-orang yang nakal dan jail…bisa jadi perusahaan ini bisa hancur, kerugiannya pun tidak hanya secara materi, tetapi waktu dan fisik pastinya akan terganggu.

Oleh karena itu password yang baik adalah sebagai berikut :

  1. Buatlah password dengan minimum 8 karakter.
  2. Kombinasikan angka, huruf, special karakter dan kalau bisa ada yang berhuruf kecil (lower Case dan berhuruf besar (Upper Case).
  3. Pakailah kata yang gampang diingat oleh diri sendiri tetapi orang lain susah untuk mengingatnya.
  4. Jangan memakai tanggal lahir, nama istri atau nama suami, nomor telepon/HP sehingga gampang ditebak oleh orang lain.
  5. Jangan menggunakan satu password untuk semua account/username yang dimiliki (misalnya : punya 4 email dengan username dan provider berbeda tetapi passwordnya sama semua…hehehehe)
  6. Gantilah password secara berkala, misanya tiga bulan sekali, enam bulan sekali atau apabila rajin bisa di lakukan satu bulan sekali :D
  7. Coba cek password anda dengan Password Cheker Tools.

Setelah membuat password dengan petunjuk2 diatas, bisa jadi passwordmu itu akan sangat susah untuk diingat, apalagi setiap account punya password berbeda. Hal ini bisa di antisipasi dengan menyimpannya dalam sebuah aplikasi yang disebut Password Manager. Bagi yang ingin coba pakai bisa di cek disini, bagi yang memakai sistem operasi linux sepertiku bisa langsung di download disini dan aku biasanya memakai PwManager.

Jadi…apabila masih menyalahi beberapa tips password diatas, coba pertimbangkan lagi untuk dirubah, karena semakin terkenal, semakin rahasia pekerjaan yang dilakukan dan semakin dirimu di sukai banyak orang bukan tidak mungkin dirimulah yang menjadi incaran…heheheheh *bukan nakut2in loh* inget pesen Bang Napi, kejahatan terjadi karena ada kesempatan…hati2


Warning: Illegal string offset 'author_box' in /home/hardiviz/public_html/wp-content/themes/confidence/content-single.php on line 93

23 comments on “pelajaran berharga

  1. Hebat Kak Ria…, Thanks utk infonya, akan segera di praktek kan, utk uda hebat juga telah di follow up ke blognya. TKS

  2. Ya Uda …
    Waspadalah …
    Tips dari Bidan Blog kita ini sungguh sangat berguna …

    Semoga saja ini kejadian yang pertama dan yang terakhir …
    soalnya kasihan mahasiswa-mahasiswa dan Uda juga nih …

    Salam saya
    .-= nh18´s last blog ..TENTANG REUNI =-.

  3. yang penting rajin2 backup uda :D
    ingetin aku seminggu sekali ya…hihihihihi

    *aku masih ngutang nih bagaimana cara backup…hihihihi*

    aku seneng kok bantuin uda…anytime ya uda ;)
    .-= Ria´s last blog ..Koala Baruku =-.

  4. walah, master IT nya kok gambarnya cuma mata. tapi razaq suka :p

    tapi yang jelas blog uda udah update lagi. dan jangan lupa bersyukur

  5. waduh uda lama nggak muncul ternyata lagi kena musibah lagi..
    terima kasih atas tips yg sangat berguna tsb.. saya akan segera mengganti/memperbaiki password saya, krn stlh membaca tips di atas, saya jd merasa kurang pede dengan password2 yg saya pake..

  6. wah uda.. ternyata kena semua yach… ati-ati dengan pin internet banking uda…

    smoga tdk terjadi lagi

    Wah ria.. mantap benar tips-nya
    .-= Bro Neo´s last blog ..Skripsi =-.

  7. Jahat banget ya orang iseng itu…
    Saran Ria betul, cuma kalau kita harus ganti password setiap kali, dan setiap account berbeda, kita sendiri yang malah lupa.

    Saya ingat, saat masih menjadi Kepala Divisi, pusing tujuh keliling hanya gara-gara sebulan sekali ganti password yang delapan karakter itu….tapi mengingat risikonya tinggi dan terkait dengan jumlahnya uang yang tak mungkin saya bayar dengan gaji seumur hidup jika ada kesalahan…ya terpaksa tiap bulan mengarang password.
    .-= edratna´s last blog ..Waktunya bersantai sejenak =-.

  8. aduh Uda…tt baca posting di bawah juga…
    Aduh..kok bisa kejadian gini..

    Thanks mb Ria buat infonya..
    Sy jg berusaha untuk macem2 passwordnya, meski kadang ketuker2 juga…hehe….

  9. Wah…kena masalah cyber crime lagi ya, Da…
    Hmm… duh, kayaknya selama ini penggunaan password saya masuk kriteria ‘Beberapa Hal yang Salah Tentang Password’ :-(

    Makasih atas sharingnya, Uda… mudah2an saya bisa menerapkannya ditengah kelalaian saya suka lupa password :-D
    .-= anderson´s last blog ..19 Nopember 2009 =-.

  10. Wah…kena masalah cyber crime lagi ya, Da…
    Hmm… duh, kayaknya selama ini penggunaan password saya masuk kriteria ‘Beberapa Hal yang Salah Tentang Password’ :-(

    Makasih atas sharingnya, Uda… mudah2an saya bisa menerapkannya ditengah kelalaian saya suka lupa password :-D

  11. hmm.. apa yang menimpa saya kmrn bisa jadi krn password juga ya.. pass saya mmng sederhana dan tidak pernah diubah… soalnya saya sering lupa :) … karena kejadian kmrn, saatnya pass itu diganti deh.. harus cari kombinasi yg unik tapi mudah diingat…

    makasi atas sharingnya Uda.. sukses ya… (makasi juga buat Ria..)

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jawab dulu ya pertanyaan di bawah ini sebelum kirim komentar, biar tidak dianggap spam.. :) *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>