terima kasih guru


Warning: Illegal string offset 'single_featured_image' in /home/hardiviz/public_html/wp-content/themes/confidence/content-single.php on line 69

Hari ini, 25 November 2009, adalah hari guru. Terus terang, meski berprofesi sebagai guru, aku tidak tahu kalau hari ini adalah hari guru. Kalau bukan karena anak-anak libur dikarenakan para guru se-DIY berupacara di Stadion Mandala Krida, tentulah aku takkan tahu kalau hari ini adalah hari guru. Huh, sungguh keterlaluan diriku ini… ;)

Guru sebagai pendidik adalah seseorang yang berjasa besar terhadap masyarakat dan negara. Tinggi-rendahnya kebudayaan suatu bangsa, maupun maju-mundurnya tingkat kebudayaan tersebut, sebagian besar bergantung kepada pendidikan dan pengajaran yang diberikan oleh guru-guru.

Menjadi seorang guru memang bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Sebab, ia berhadapan dengan obyek hidup, yakni para siswa (generasi). Bila terjadi kesalahan dalam mendidik, maka akan mengakibatkan terlahirnya generasi yang salah didik. Hal itu tentu tidak dapat diganti walau dengan uang dalam jumlah besar. Berbeda dengan pekerjaan lainnya yang berhadapan dengan obyek mati. Mekanik mobil contohnya, bila terjadi kesalahan dalam pekerjaannya, maka yang rusak adalah mobil itu, yang sudah barang tentu dapat diganti dengan sejumlah uang.

Dalam kesempatan ini aku ingin berterima kasih secara terbuka kepada beberapa guruku yang telah menginspirasiku hingga saat ini:

Pertama adalah guru agama-ku di SD dahulu. Beliau sangatlah sabar dan penuh kreatifitas dalam mengajar. Sehingga, pelajaran yang dianggap biasa-biasa saja dapat menjadi sangat luar biasa di tangan beliau. Aku dan teman-temanku sekelas sangat menyukai belajar dengan beliau. Karena beliau hanya mengajar agama, maka kami semua memanggilnya dengan “Buk Agama”. Dan nama itu melekat hingga sekarang, bahkan akupun sudah lupa nama asli beliau… :D

Kedua adalah KH. Hasan Abdullah Sahal. Beliau adalah Kyai Pondok Modern Gontor, tempatku nyantri dahulu. Sangat banyak motivasi dan inspirasi yang beliau tularkan kepadaku. Kesederhanaan dan kesabaran merupakan inspirasi utama yang aku dapatkan. Beliau sangat rendah hati. Pernah suatu ketika aku dalam kelelahan jiwa raga yang amat sangat. Secara mengejutkan, aku mendapatkan sms dari beliau, menanyakan keadaanku. Argh… aku bergidik. Spontan kutelepon balik beliau, dan menceritakan apa yang menimpaku. Kalimat sejuk dari mulut beliau mampu membangkitkan kembali semangatku. Sungguh, sebuah kesyukuran yang luar biasa aku bisa memiliki guru sedahsyat beliau.

Ketiga adalah Prof. Dr. Edi Safri. Beliau begitu sabarnya membimbingku dan menuntunku sehingga aku berhasil memperoleh gelar kesarjanaan. Tak pernah ada kata “nanti” dalam kamus beliau. Sepertinya, 24 jam beliau sediakan waktu untuk kami, para mahasiswanya.

Itulah ketiga guruku yang sangat luar biasa. Aku bersyukur karena pernah memiliki mereka. Bagaimana dengan Anda? Adakah guru yang paling berkesan di hati? :)


Warning: Illegal string offset 'author_box' in /home/hardiviz/public_html/wp-content/themes/confidence/content-single.php on line 93

24 comments on “terima kasih guru

  1. Saya dulu termasuk bandel dengan guru-guru… Jadi kenangan terhadap guru pun adalah kenangan terbandel ke guruku dulu…

    Aku dulu pernah meletuskan (jangan meledakkan kesannya teroris banget) mercon tepat di belakang gedung perpustakaan SMP. Merconnya segede gaban yang membuat guru yang sedang berjaga ada yang sampai pingsan dan dibawa ke rs :)

    Ah, ternyata masa itu telah lama berlalu.
    So, hari guru ini kupersembahkan pada smua guruku termasuk dan secara khusus untuknya…
    .-= DV´s last blog ..Berhemat Air =-.

  2. Aku juga tidak tahu tuh bahwa hari ini hari guru.
    Kalau mau ditanya soal guru yang berkesan, aku selalu teringat wali kelas aku kelas 5 yang pernah aku tulis di aboutnya TE, Ibu Mardiyanti, galak, judes, disiplin, tapi dia menghargai aku yang muridnya sebagai manusia yang punya perasaan juga. Dia yang mencalonkan aku jadi murid teladan waktu itu, padahal akunya biasa-biasa aja..sama sekali ngga gembira dan senang menerima hadiah hihihi.

    Meskipun pernah ada kasus yang tidak mengenakkan dengan guru, aku selalu menghargai guru, dan menyadari betapa sulitnya menjadi guru itu.

    Selamat Uda, selamat Mbak Icha, selamat guru-guru Indonesia!

    EM
    .-= ikkyu_san´s last blog ..Puisi Pertama =-.

  3. Saya juga baru ingat kalau hari ini hari guru …
    Sepanjang jalan banyak yang memakai seraham korpri …

    Postingan Uda ini memberi inspirasi pada saya …
    Saya akan cerita salah satu Guru yang sangat membekas di hati saya …
    Namanya Pak Hanafi …

    Selamat Hari Guru untuk semua Guru di Indonesia …
    Semoga sehat dan bahagia selalu …

    Salam saya
    (yang anak Guru …)
    (yang juga kerjanya sedikit mirip dengan guru)
    .-= nh18´s last blog ..NOSTALGIA SIKIT =-.

  4. wah vizon guru yo..alhamdulillah semoga berkah dunia akhirat. ortu uni guru pulo.

    guru yg terkenang sama dgmu,guru agama waktu sd…guru selalu hebat di hatiku…trus guru sma ku, ibu wasmiati namanya..guru sastra, asik deh :)

    BTW, header rancak bana ko ha

  5. Selamat Hari Guru.
    saya juga tdk tahu kalau sekarang hari Guru.
    kenangan ttg orang yg paling kita hormati di sekolah.
    Bapak guru saya sewaktu SD lah yg paling saya kenang hingga kini, krn beliau yg paling sabar menunjukkan caranya membaca dan menulis,
    yg utk saya sungguh sulit sekali.
    Semoga para guru selalu diberkahi olehNYA, amin.
    Salam.
    .-= bundadontworry´s last blog ..Haji Mabrur (2). =-.

  6. wah lupa kalo hari guru.. dulu waktu sekolah sih inget, lha wong libur.. krn Bapak Ibu Guru upacara di Mandala Krida.. dan ternyata eh ternyata rupanya upacara itu msh ada smp skr ya?

    Salam Hormat saya bagi semua guru.. terimakasih atas kesabaran, pengorbanan, dan bimbingannya
    .-= Bro Neo´s last blog ..Abrakadabra!! =-.

  7. Tapi sayangnya yang dimaksud hari guru adalah guru di sekolah umum, namun demikian selamat saya ucapkan bagi guru, semoga kedepan pendidikan anak bangsa lebih baik.

    Tak terkecuali Guru pesantren, kyai langar, ustadz desa, ustadz majlis taklim juga sangat berperan bagi mentalitas masyarakat terhadap hidup ini. tanpa keberadaan para ustadz desa dan pesantren entah apa jadinya bangsa ini. bangsa yang mayoritas Muslim, sementara pendidikan agama di sekolah umum sangat sedikit atau malah memprihatinkan baik dari sisi amteri maupun alokasi waktu untuk pendidikan agama Islam.

    Selamat Hari guru!, kedepan mungkin perlu di gagas ya hari ustadz agama, he…
    .-= Badruz´s last blog ..Kudung =-.

  8. Aku punya kenangan sama guru ngajiku di madrasah dulu, Ustadz Zardi Jalil. Beliau sangat sabar mengajari kami mengaji (waktu itu aku kelas 3 SD) dan penuh humor yang bikin kami tertawa terpingkal-pingkal. Sayangnya, berselang 4 tahun kemudian kami mendapat kabar kalau beliau sudah berpulang ke Rahmatullah dalam usia +/- 40 tahun.. Terimakasih Pak Zardi…

    Oops..sori Uda, malah jadi curcol… Selamat Hari Guru, Uda….

  9. Guru adalah pekerjaan yang mulia.
    Karena hidup dilingkungan guru (ayah ibu guru), suami guru, kedua adikku juga guru, membuat saya lekat sekali dengan kehidupan dan pengabdian para guru. Setelah pendidikan di rumah, maka guru lah yang memberikan dasar pendidikan bagi anak-anak kita.

    Dan saya masih ingat sekali, bagaimana guru TK, SD mengajar tak hanya dari ilmu pengetahuan namun juga budi pekerti. Saat TK, diajarkan setelah kita buang air kecil, harus disiram…hal2 kecil, namun jika diajarkan, diberi contoh dan dilakukan setiap hari akan membuat kita terlatih untuk melakukan segala sesuatu dengan benar.
    .-= edratna´s last blog ..Menikmati perjalanan Jakarta-Bandung =-.

  10. hubungan emosional dng guru paling saya rasakan mmg saat di SD. para beliau sgt mirip orang tua dalam memperlakukan para murid. bisa jd saat itu kita masih kecil, blm begitu mandiri. kesan itu sangat mendalam hingga kini msh terasa, bahkan untuk mengingat wajah dan nama2 para beliau..

  11. Guru yang paling berkesan bagi saya? Wah, banyak. Guru-guru SD hampir semuanya saya kenang dengan positif (meskipun ada beberapa yang agak galak :) ). Guru SMP, juga banyak yang saya kagumi. Demikian juga guru SMA dan dosen saya. Guru hadir dalam perjalanan kita mencapai kedewasaan dan menemukan kepribadian, jadi sangat wajar kalau banyak guru memberikan pengaruh cukup besar dalam hidup kita.

    Btw, waktu nyantri di Gontor, Uda sudah sms-an dengan Pak Kyai? Wah, canggih banget Da.
    .-= Tuti Nonka´s last blog ..How Big Can You Be? =-.

  12. berbahagialah da vizon sekarang menjadi guru, menjadi orang terus dimuliakan oleh Allah SWT dan para malaikat

    da vizon ini adalah si alif fikri di N5M yaa… :P

  13. guruku yang paling berkesan adalah guru olah raga sewaktu SD uda, waktu itu aku di SDN Bawaaraeng III, makassar…Beliau ini adalah guru yang sangat dekat dengan murid2nya, sampai2 kami pernah menginap dirumahnya karena harus ke benteng roterdam untuk lomba gerak jalan. Tapi sayang beliu di pindah ke daerah lain, jadi inget waktu murid2nya beramai-ramai mengantarkan ke terminal…hiks semuanya nangis.
    .-= Ria´s last blog ..Koala Baruku =-.

  14. Pingback: SURAU INYIAK » Blog Archive » motto pembelajar

  15. Pingback: Motto Pembelajar | VIZON

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jawab dulu ya pertanyaan di bawah ini sebelum kirim komentar, biar tidak dianggap spam.. :) *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>