rahasia itupun terkuak


Warning: Illegal string offset 'single_featured_image' in /home/hardiviz/public_html/wp-content/themes/confidence/content-single.php on line 69

Aku tak menyangka, kalau ternyata mereka telah lama berhubungan. Bukan sekedar hubungan biasa. Hubungan yang memiliki banyak konsekwensi; dunia maupun akhirat. Selama ini aku pikir mereka teman biasa, seperti halnya aku berteman dengan mereka berdua. Obrolan antara mereka layaknya obrolan antara teman; santai dan nyaris tanpa rasa sungkan.

Aku sungguh tak menyangka, sampai akhirnya seseorang tanpa sengaja memberitahukannya dalam sebuah pertemuan. Aku dan sahabatku yang ada waktu itu, cukup terkaget-kaget dengan kenyataan tersebut. Kaget bukan karena merasa kecolongan, tapi lebih kepada rasa salut atas kemahiran mereka menjaga komitmen untuk tidak mengumbar kemesraan di depan khalayak.

Kemarin, Minggu 27 Desember 2009, aku bertemu dengan keduanya. Mereka tertawa-tawa saja ketika kusampaikan soal kekagetanku itu.

Sebetulnya siapa sih yang kubicarakan….!? (Hahaha… lebay amat ya? jadi mirip infotainment ;) )

Mereka adalah Alberto “Broneo” Wibawa dan Nana Harmanto…! Selama ini aku mengira mereka adalah dua orang sahabat yang saling kenal di dunia maya, layaknya aku kenal dengan mereka. Eh, ternyata, tak disangka dan tak diduga, mereka adalah sepasang suami istri. Tak henti-hentinya kuungkapkan kekagumanku atas komitmen yang mereka bangun, yakni mereka adalah suami-istri di dunia nyata dan sahabat di dunia maya. Sehingga, mereka dengan bebas dapat saling komentar di blog masing-masing tanpa ada beban apapun.

Nah, inilah kedua manusia yang membuatku geregetan itu… 

jogja 281209 03
Nana Harmanto & Broneo, akhirnya mereka bersanding juga di jagat blog :)

Beberapa hari sebelum pulang ke Jogja dalam rangka Natal dan tahun baru, Nana mengontakku dan meminta untuk bertemu alias kopdar. Tentu saja permintaan itu kusambut gembira. Seperti biasanya, rekanan kopdarku, Bu Tutinonka langsung ku kontak. Setelah survei ke berbagai tempat, akhirnya Bu Tuti memutuskan kami kopdar di Food Fest, Jl. Kaliurang. Jadilah sore Minggu, 27 Desember 2009 kami kopdar lagi. Pertemuan sedikit mundur karena bude-nya Broneo meninggal dunia dan dimakamkan pada sore itu juga.

Aku datang bersama istri. Terlambat sedikit dari janji, karena Jojga diguyur hujan cukup deras, sehingga menghambat perjalananku. Sampai di sana sudah ada Bu Tuti bersama sepasang suami istri, Krismariana dan Oni. Dengan mereka aku sudah pernah kopdar beberapa bulan yang lalu. Selang beberapa lama, Nana datang sendirian. Katanya, Broneo masih ada sedikit kesibukan di rumah budenya. Beberapa menit sebelum adzan Maghrib, Broneo datang. Dan kehebohanpun dimulai…! :D

Setelah menunaikan shalat Maghrib, sambil menyantap hidangan, kami bercerita banyak hal, diselingi canda tawa. Salah satu yang menjadi topik gosip kami adalah Om NH, hahaha… :D Kata Broneo, ini pembalasan, karena dulu ia menjadi topik pembahasan ketika aku kopdar dengan Om Nh dan Bu Tuti beberapa waktu lalu, hahaha… :D Don’t worry Om, kami membicarakan yang baik-baik saja kok... ;)

Pertemuan itu sungguh luar biasa. Rasanya enggan kami menyudahinya. Kalaulah tidak segan dengan pemilik restoran dan ingat keluarga di rumah, tentulah kami akan berlama-lama di sana. Ada banyak hal yang kudapat dari kedua pasang muda itu. Kris-Oni dengan pengalaman merantau di Jakarta-nya dan Bro-Nana dengan pengalaman berpindah-pindah dari satu daerah ke daerah lain. Sungguh, tidak mudah menjalaninya, bila tak dibarengi dengan kesabaran dan keikhlasan. Keterbukaan mereka dalam pergaulan juga patut dijadikan contoh. Simak sajalah cerita-cerita kehidupan sosial mereka di perantauan di blog masing-masing.

Akhirnya, sebelum pertemuan itu disudahi, ritual wajib kopdar kudu dijalani, yakni foto-foto… hahaha… Si Mbak pelayan restoran itupun kami jadikan fotografer dadakan. Dengan sabar dia melayani kenarsisan kami. Dan inilah hasilnya (semoga di blog-blog yang lain, fotonya tidak sama ya… :))

jogja 281209 01
Vizon, Icha, Nana, Krismariana, Tutinonka, Broneo, Oni

Yah… inilah nan indah di penghujung tahun 2009. Sungguh, aku bahagia sekali dapat bertatap muka dengan sahabat-sahabat blogger. Ada banyak pengalaman dan pengetahuan yang kuperoleh dari pertemuan-pertemuan itu.

makna dalam bahasa ibuanak bajang menggiring angin
Horeeee…. dapat buku lagi…! Hadiah dari Kris-Oni (kiri) dan Bro-Nana (kanan)

Sebelum ditutup, inilah sejarah kopdarku selama tahun 2009 ini:

  1. Maret 2009 bersama Nechan Imelda, Bu Tutinonka, Bunda Dyah Suminar, Lala, Tyan, Ipi, Nungki, Hesty, Vivi, Goenoeng, DM, Arief Firhanusa, Toto Suharto dalam acara yang diberi tajuk Bermain bersama bocah Kweni dan Bernyanyi di Balai Melayu. Ini adalah kopdar of the year.
  2. Juni 2009, bersama Krismariana dan suami beserta Bu Tuti dan Muzda.
  3. Juli 2009, bersama DM, Lisa Febriyanti dan Yainal Abidin. Di sini, DM mengutuk tukang becak motor, gara-gara tak mengantarnya dengan baik sampai tujuan.
  4. Oktober 2009, bersama Imoe, Arif “aurora”, Ria dan Anderson. Meski kondisinya dalam bencana gempa di Padang, tapi kopdarnya tetap terasa hangat dan mengesankan.
  5. Oktober 2009, bersama Om NH dan Bu Tutinonka, sebuah kopdar yang menggemparkan jagat perbloggan, hahaha… lebay tenan :D
  6. November 2009, bersama Eka Situmorang beserta suami, Muzda, Wijna, Bu Tutinonka dan Bunda Dyah Suminar.

Seluruh kopdar itu terasa luar biasa. Inilah hikmah dari blogging yang kurasakan. Semoga di tahun depan, banyak lagi sahabat blogger yang dapat kutemui secara nyata.


Warning: Illegal string offset 'author_box' in /home/hardiviz/public_html/wp-content/themes/confidence/content-single.php on line 93

47 comments on “rahasia itupun terkuak

  1. * Tambahan Da, waktu kopdar dengan Om Nh, saya ada lho! :D
    * Hadiah buku dari saya belum sampai ya? (hihi … padahal memang belum disiapkan :D )
    * Hah??!! Kok di foto saya ‘serasi’ banget dengan Bro Neo (lebarnya, maksud saya … wakaka!!)
    .-= Tuti Nonka´s last blog ..Proklamasi Sepasang Blogger =-.

    • Eh iya, ada yang ketinggalan… Maaf Bu Tuti… tu udah saya perbaiki, hehehe… :D
      Lho, bukankah Ibu sudah memberi saya hadiah yang sangat orisinil itu? Ya, CD rekaman nan aduhai itu, hehe
      Bu Tuti & Bro serasi? bentar tak ukur dulu… *ambil meteran* :D

    • Iya Bang, asyik sekali bertemu langsung dengan teman-teman blogger yang kita kenal secara maya, apalagi kita mengetahui status mereka yang sebenarnya…
      Btw, kita kapan nih bisa ketemuan? :)

  2. loh emangnya wkt maret kita ketemu itu merupakan kopdar pertama untuk Uda?
    Kalau ya, wiiih senengnya …..
    Memang kenangan di Kweni tak bisa terlupakan.

    Tahun depan, kita mau kumpul di istana Bogor (kira-kira agustus) nih Uda… ikutan yuuuuk ;)

    EM
    .-= ikkyu_san´s last blog ..Pilih Kenangan daripada Barang =-.

  3. hah? kopdar lagi? weh, ternyata julukan ratu kopdar sudah musti diambil alih oleh mbak tuti dan uda vizon sebagai rajanya nih. hebat!

    saya hanya mengenal mbak nana melalui tulisan-tulisannya yang bernas. hebat ya mereka bisa menyimpan rahasia sedemikian ketat. ayo, siapa lagi yang punya hubungan gelap mohon diterangkan… hihi…
    .-= marshmallow´s last blog ..Sunset at Nabawi =-.

    • Dah dihitung kan Uni, ada berapa jumlah kopdar saya setahun ini? hehehe…
      Sepertinya, tahun depan harus bisa kopdar dengan orang Medan nih… :)

      Iya, ayo… siapa yang punya hubungan gelap lagi… ayo ngaku…
      *melirik ke seseorang* ;) ting!

      • kalau pasutri kan bukan hubungan gelap loh.
        hubungan gelap itu kalau istri dan suaminya sebenarnya orang lain :P

        tapi kok pengen juga ya denger gosip selingkuh di kalangan blogger ;) (huh dasar cewe ngga jauh kerjaannya dari bergosip… ) (eh tapi cowo-cowo juga banyak loh yang suka bergosip ;) )

        EM
        .-= ikkyu_san´s last blog ..Pilih Kenangan daripada Barang =-.

  4. Akhirnyaaaaa …
    Keturutan juga keinginan pasangan itu untuk pulang kampung ke Jogya …
    dan juga akhirnya bisa bersilaturahmi temu darat dengan Uda dan Ibu Tuti …

    Saya ?? Di Bicarakan ?? Di gosip kan ???
    Ah itu sudah biasa … (Huahahaha)

    Eniwei …
    As ussual …
    This is the beauty of Blogging …

    Salam saya untuk Uda dan Uni …
    Juga Untuk Ibu Tuti, Bro, Nana, Kris juga Oni …
    .-= nh18´s last blog ..KALEIDOSBLOG 2009 =-.

    • Benar sekali Om, keturutan juga niat mereka, alhamdulillah…
      Semoga pertemuan itu tidak mengecewakan mereka… :)
      Yes, indeed… (minjem istilahnya ya Om),
      this is the beauty of blogging and this is the beauty of year end :)

    • Lho, emang aslinya kenapa Pak? Lebih ganteng gitu? hehehe… :)
      sungguh, bapak adalah salah seorang blogger yang sangat ingin saya temui
      insya Allah suatu saat nanti ya Pak

  5. Oalaah…baru tau kalo Mbak Nana dan Broneo itu adalah pasutri. Apakah Uda udah mendapat izin untuk mempublikasikan berita ini? :-)

    Btw, Bu Tuti hampir selalu ada di setiap kopdar Jogja yah? Dah gitu, pembagian tugasnya juga mantap dengan Bu Tuti berperan sebagai organizer tempat :-)

    Hehehe…. jadwal kopdar Uda memang padat ternyata…
    .-= anderson´s last blog ..Malam Pergantian Tahun =-.

    • Ya jelaslah kami sudah mendapat izin dari keduanya. Suwer, izinnya dengan cara yang eleghan lho, gak pake maksa, cuma ngancam dikit, hehehe… :D
      Para blogger yang mau dtang ke Jogja itu selalu saja menghubungi kami berdua secara bersamaan, sepertinya kami sudah ditakdirkan untuk dikopdari (halah!) secara bersamaan oleh sahabat-sahabat blogger…
      Son, nanti kalau cuti, ke Jogja ya… hehehe… :)

  6. Trainer datang lagi … (tak cukup sekali kalau ke Surau Uda ini … ) hehehe …

    Komentar saya kali ini adalah …
    Ngomong-ngomong … Oknum-oknumnya yang dimaksud diatas pada kemana nih …
    saya tengok di blognya juga masih postingan lama …

    Masih memuas-muaskan diri liburan pul-kam di Yogya dan Muntilan nih sepertinya

    salam saya

    • Oknum-oknum yang dimaksud di atas memang masih menikmati liburan mereka di Jogja dan Muntilan Om…
      Biarin deh mereka belum muncul, kan kita jadi puas ngomongin mereka… ooopss… ;)

    • Berarti itu rahasia umum ya; udah banyak yang tahu, tapi diam-diam saja… :D
      Raja kopdar? gak mau ah, kalau Sultan Kopdar, baru aku mau, huahaha….

  7. Wah Uda….
    terima kasih banyak sudah meluangkan waktu untuk bertemu dengan kami meskipun waktu itu Jogja hujan deras..saya sangat menghargai semua itu Uda…
    salam untuk Uni Icha ya…

    Kami masih membahas momen itu setelah sampai di rumah. pokoknya 2 hari ngobrolin kopdar itu deh… :)

    hehehe…sekarang status kami di dunia blog jadi “jelas” deh…hihi…
    Terima kasih bukunya ya Uda….

    salam hangat,
    nana
    .-= nanaharmanto´s last blog ..Merry Christmas =-.

  8. terima kasih uda atas kesempatan kopdar-nya, penegasan sekali lagi: the beauty of blogging minjem istilahnya om NH..

    maaf yach, kmarin datang terlambat, jd terasa singkat banget kopdarnya..

    *udah pingin kopdar lagi*
    .-= Bro Neo´s last blog ..Merry Christmas =-.

  9. asalamu’alaikum Uda Vizon…
    saya terinspirasi sekali dengan tulisan ini, begitu hangatnya persahabatan para narablog, kini persahabtan tidak dibatasi lagi oleh ruang2 maya belaka, dengan adanya “kopdar”.

    Terimalah salam Persahabatan dari saya Uda…
    Sejujurnya :mrgreen: pernah saya berkunjung kesini, namun belum meninggalkan jejak, tentunya dari Blog salah satu sahabat Uda, Om NH. saya meilhat kekagumannya thdp Uda…
    Jadi saya malu, ketika Uda datang ke Rumah saya, tanpa saya lebih dahulu bersilaturahmi kesini…tapi itu menambah rasa kagum saya, terimakasih Uda…

    Salam Hormat dari saya…
    .-= atmakusumah´s last blog ..Memperhatikan Kesalahan Kecil =-.

  10. wah..salut saya. keakraban di dunia maya bisa direalisasikan dalam pertemuan2 di dunia nyata. terbukti bahwa persahabatan bisa dijalin lewat media apapun. semoga silaturahmi uda dan sahabat2nya tetap langgeng.

  11. lohhhhhhh ternyata mereka suami istri toh? wakakakakaka…gak nyangka kalo gak baca tulisan ini aku gak akan pernah tau…hihihihi..

    kopdaran adalah sesuatu yg menyenangkan uda dan sudah kulakukan beberapa kali.menambah persahabatan dan tambah saudara.

    semoga persahabatan kita semua langgeng ya uda ;)
    .-= Ria´s last blog ..Kota Duri (Part 3) =-.

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jawab dulu ya pertanyaan di bawah ini sebelum kirim komentar, biar tidak dianggap spam.. :) *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>