gusdur, sebuah kebanggaan


Warning: Illegal string offset 'single_featured_image' in /home/hardiviz/public_html/wp-content/themes/confidence/content-single.php on line 69

gusdurAku pernah sangat bangga dengan prestasinya. Keberhasilannya menjadi Presiden RI membuat rasa percaya diriku, terangkat. Karena, beliau telah membuktikan bahwa seorang santri pun layak diberi ruang dalam ranah politik. Santri tidak melulu harus berdakwah di mimbar keagamaan. Santri juga harus bisa berdakwah di pentas politik; nasional maupun internasional.

Aku juga pernah kesal dengan kebijakannya. Likuidasi Departemen Penerangan dan Departemen Sosial telah mempersempit kesempatanku untuk menjadi pegawai negeri ketika itu. Aku kesal, karena pengangkatanku harus tertunda karena kebijakannya.

Aku pernah sangat bahagia melihat kebahagiaan saudara-saudaraku keturunan Tionghoa ketika merayakan tahun baru Imlek. Mereka telah bisa dengan sangat bebas melepas barongsai di jalanan, tanpa sedikitpun rasa takut. Aku bahagia, karena itu adalah berkat keluasan ilmu pengetahuan agama di diri seorang Gusdur. Ia adalah seorang muslim sejati. Ia telah memberi wajah indah Islam di negeri ini.

Sekarang, aku hampir tak percaya. Dia yang sangat aku banggakan, sekaligus pernah membuatku kesal, telah berpulang ke rahmatullah. Kepergiannya, telah menggetarkan seluruh negeri. Kepergiannya, sama dengan kehadirannya; membuat semua orang antusias. Aku sangat bersedih akan itu.

Tapi, aku tahu, Tuhan Maha Tahu apa yang terbaik bagi hambaNya. Tuhan memanggil Gusdur dalam waktu yang tepat. Aku yakin, ada mau Tuhan dengan ini semua untuk negara dan bangsaku. Semoga, banyak pihak yang dapat membaca pesan Tuhan ini.

Gusdur… selamat jalan…
Temuilah Tuhanmu dengan segala ketenangan jiwa
Berbahagialah dirimu bersamaNya
Doa kami menyertaimu… :)

.

gambar diambil dari sini


Warning: Illegal string offset 'author_box' in /home/hardiviz/public_html/wp-content/themes/confidence/content-single.php on line 93

19 comments on “gusdur, sebuah kebanggaan

  1. selamat jalan, gusdur.
    yakin nggak mau ditemani uda vizon?

    ups! sori, uda.
    kelewatan banget saya becanda di saat ada kedukaan begini, ya?

    gudur memang sosok yang unik dan tidak mudah dilupakan.
    apapun kesan yang ditinggalkannya selama hidupnya, mudah-mudahan dimudahkan segala urusannya di alam kubur.
    .-= marshmallow´s last blog ..Dhuyuf Ar-Rahman =-.

  2. Selamat Jalan Gus Dur …
    Indonesia telah kehilangan putra terbaiknya …

    And Yes indeed …
    saya setuju dengan Uda …
    Gebrakan beliau yang tetap saya catat hingga kini adalah kebebasan untuk merayakan Imlek juga budaya barongsai dari saudara-saudara kita yang keturunan Tionghoa …

    Beliau juga seorang penggemar musik klasik yang bermutu tinggi

    salam saya
    .-= nh18´s last blog ..THE TENDER WHISPERS BY THE LADIES =-.

  3. selamat jalan GUS DUR..
    smoga amal dan ibadahnya diterima disisiNya..
    AMIN…

    buat saia pribadi gus dur orgnya unikk..
    dengan gaya santai dan vulgarx dy bisa memberi komentar2 tanpa rasa canggung…
    yahh..walapun dalam bberapa hal harus saia akuin saia smpat rada gregetan melihatx klo komentar d tivi..
    tapi toh..qtha g bisa melihat dari 1 sisi sajah..
    masih banyak sisi2 gus dur yg laen yg patut qtha banggakan..

  4. yang pasti cuma beliau yang memperhatikan minoritas … termasuk memperbolehkan bahasa Cina dan merayakan Imlek.
    Satu-satunya presiden yang hadir dalam perayaan Natal Nasional sejak dari misanya.
    Saya selalu hormat pada orang yang mau memihak kaum terpinggir…..

    EM
    .-= ikkyu_san´s last blog ..New Grand =-.

  5. Selamat jalan gus Dur…
    Walau sering menuai kontroversi, kebijakan gus Dur untuk golongan minoritas membuat Indonesia lebih bersatu….dan memang sebaiknya begitu, karena pada dasarnya manusia sama di muka bumi ini.
    .-= edratna´s last blog ..Bulan renungan? =-.

  6. Selamat Jalan, Gus Dur…
    Apapun yang pernah dilakukannya semasa hidup, buat saya lebih baik untuk mengingat hal yang baik-baik saja, seperti lebih mengapresiasi hak-hak minoritas dan menghormati kemajemukan…
    .-= anderson´s last blog ..Malam Pergantian Tahun =-.

  7. saya juga baru tau beberapa jam setelah kepergiannya da. di kaskus, ituuu saja berita nya.
    nenek juga berkata begitu, beliau sangat peduli kepada kaum minoritas. hingga pernah waktu itu baronsai sangat meriah ketika imlek. semoga gus dur diterima di sisinya. amin.
    .-= aurora´s last blog ..Cerpen: elegi sepucuk anggrek =-.

  8. terlepas dari banyak suara miring tentang dirinya, gus dur memiliki sejuta inspirasi yang memukau banyak orang. Mari mengambil manfaat dan berjuang untuk melanjutkan cita2nya, Indonesia yang Lebih Baik

    Salam Kenal …
    .-= KutuBacaBuku´s last blog ..Reboan #21 (with photo) =-.

  9. Uda, bagi saya Gus Dur memiliki keistimewaan tersendiri. Ketika pertama kali ke Jakarta, Oni mengatakan bahwa setiap Sabtu di KBR 68H beliau siaran langsung. Ya semacam dialog begitu lah. Pertama kali mendengarkan siaran beliau, saya langsung suka. Dan kami hampir selalu mendengarkan beliau siaran. Biasanya beliau tidak sendiri, tetapi didampingi bbrp temannya yg juga sama terbukanya dengan beliau. Dari situ saya melihat Gus Dur ini lain. Beliau berani sekali mengatakan apa adanya. Dan celetukannya yang khas itu lo, sungguh mengena. Saya sering geli sendiri mendengarkannya. Dan seru sekali obrolannya.

    Sebelum beliau sakit, saya dan Oni sebenarnya pengen sekali ikut menyaksikan siaran itu secara live. Tapi entah kenapa waktu itu kok nggak jadi. Dan rupanya siaran yg hendak kami datangi itu adalah siaran terakhirnya. Rasanya saya “gelo”/kecewa sekali tidak menyempatkan datang ke KBR 68H. Padahal jaraknya dari tempat kami tidak terlalu jauh.

    Satu hal yg saya ingat betul dari siaran2 beliau: beliau selalu membela orang kecil, kaum minoritas. Cuma beliau yang sepertinya berani melakukan hal itu. Saya salut betul akan hal itu Uda. Dan waktu beliau siaran, banyak penganut agama lain yg bertanya atau mengadukan nasib mereka ke Gus Dur. Duh, kalau ingat akan hal itu, saya terharu sekali. Saya merasa kehilangan sekali waktu tahu beliau meninggal. Semoga ada yg bisa menggantikannya, ya Uda. Saya yakin beliau mendapat tempat terbaik saat ini.

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jawab dulu ya pertanyaan di bawah ini sebelum kirim komentar, biar tidak dianggap spam.. :) *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>