10-01-10

Ahai, ada angka cantik rupanya kemarin. Baru kusadari hal itu ketika melihat kalender. Karena cantik, ada bagusnya untuk dipajang di blog ini sebagai judul tulisan. Tapi, jangan salah sangka dulu, aku tidak akan membahas soal angka-mengangka. Biarlah DM saja yang selalu peduli dengan angka-angka cantik itu.

Angka cantik kemarin itu patut kuabadikan di sini, karena kemarin, dalam rangka penutupan liburan sekolah, aku dan empat orang sahabatku mengajak keluarga besar kami jalan-jalan. Ya… postingan ini akan bercerita soal piknik yang dilakukan oleh keluarga besar kami. Benar-benar besar, karena jumlah anggota seluruh keluarga yang berangkat adalah 27 orang!.

Pilihan kami adalah pantai Baron, Sepanjang, Krakal dan Drini yang terletak di Kabupaten Gunungkidul.

Pantai Baron

Pantai Baron terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 23km arah selatan kota Wonosari, merupakan pantai pertama yang ditemui dari rangkaian kawasan Pantai Baron, Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal dan Sundak.

Di pantai ini juga terdapat muara sungai bawah tanah yang bisa digunakan untuk pemandian setelah bermain di laut. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati aneka ikan laut segar maupun siap saji, dengan harga terjangkau, termasuk menu khas pantai Baron yaitu Sop Kakap. Karena kami membawa bekal dari rumah, maka kami hanya membeli tambahan ikan bawal goreng saja di situ. Setelah berenang, rasanya perut ini benar-benar lapar. Tanpa disadari makanan yang kami bawa habis dalam waktu singkat.

10-01-10 (62)10-01-10 (92)
Meski di pantai, air ini tetap tawar. Mengapa begitu? Cobalah anda buktikan sendiri di Baron.. ;)

Pada sisi sebelah timur dapat dicapai melalui jalan setapak yang melingkar terdapat bukit kapur wisatawan bisa beristirahat di gardu pandang, sambil menghirup udara pantai yang menyegarkan. Kurang lebih 10 km kea rah barat dari Pantai Baron terdapat Pantai Parang Racuk dengan bukitnya yang menjulang dan terjal, dengan leluasa dari atas bukit.

Sepanjang, si Pantai Kuta Tempo Doeloe

Bila ingin bernostalgia menikmati nuansa Pantai Kuta tempo doeloe, Pantai Sepanjang adalah tempat yang tepat. Sepanjang memiliki garis pantai yang panjang, pasir berwarna putih yang masih terjaga, dan ombak yang sedang. Anda tinggal memilih, ingin berjemur di atas pasir menikmati terik matahari, membelah ombak dengan papan selancar, ataupun hanya melihat keindahan pantai. Semuanya bisa Anda nikmati begitu tiba di pantai yang berjarak beberapa kilometer dari Pantai Sundak ini.

Pantai Sepanjang merupakan salah satu pantai yang baru dibuka. Nama “Sepanjang” diberikan karena ciri khas pantai ini yang memiliki garis pantai terpanjang di antara semua pantai di Kabupaten Gunung Kidul. Suasana pantai ini sangat alami. Bibir pantai dihiasi tumbuhan palem dan gubug-gubug beratap daun kering. Karang di wilayah pasang surut pantai pun masih terawat. Hempasan ombak masih memantulkan warna biru menandai air laut yang belum banyak tercemar. Dengan suasana itu, tak salah bila pemerintah daerah maupun investor berencana menjadikan pantai ini sebagai Pantai Kuta kedua.

10-01-10 (130)
Agus Nizar dan Keluarga
10-01-10 (134)
Amin Ulwi dan keluarga

10-01-10 (137)
Ivan Rahmawan dan keluarga
10-01-10 (140)
Luthfi Yuniarto dan keluarga

Lho… fotoku dan keluarga di sini kok gak ada? Alamaak… ternyata, di kamera si Ivan, di kameraku gak ada :D

10-01-10 (157)
Salah satu sudut eksotis di Pantai Sepanjang yang masih sangat alami

Kami kurang beruntung, karena air sedang pasang. Biasanya, bila tidak pasang, air laut tampak sangat jernih dan kita dapat melihat aneka satwa di dalamnya dengan mudah. Dan, tentunya dapat menyaingi kenarsisan seorang penemu pantai yang telah menamakan pantai temuannya dengan PANTAI NONKA. ;)

Pantai Krakal

Pantai Krakal terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 3 km di sebelah timur dari deretan Pantai Baron-Kukup-Sepanjang-Drini dan merupakan pantai terpanjang dibanding pantai lainnya dengan bentangan pasir putih yang landai. Indahnya hamparan hijau perbukitan kapur dengan air laut yang berwarna biru menyajikan suatu harmoni yang sunguh asri, sangat ideal untuk menikmati hangatnya sinar matahari.

10-01-10 (168)10-01-10 (171)
Seharusnya di pantai ini kami bisa menangkap ikan hias, tapi sayang… air sedang pasang..

Sekali lagi, kami tidak beruntung kali ini. Karena air pasang, membuat karang-karang yang berbalut lumut nan indah tak dapat kami lihat. Rencana kami sebetulnya, ingin mengajak anak-anak menangkap ikan-ikan hias yang ada di situ. :(

Pantai Drini

Sebelum pulang, kamipun mampir di Pantai Drini. Pantai ini terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 1 km kearah timur dari Pantai Sepanjang. Keistimewaan pantai ini terdapat pulau karang yang tumbuh pohon Drini dan konon kayunya dapat dipakai sebagai penangkal ular berbisa.

Satu lagi yang menarik di sini adalah bukit yang terletak di sisi kiri dan kanannya, berbentuk seperti penyu. :)

10-01-10 (76)10-01-10 (79)
Berkejar-kejaran dengan ombak adalah permainan yang paling mengasyikkan kalau di pantai :)

Nah, begitulah penutup liburan kami kemarin, semoga memberi kesan mendalam bagi anak-anak kami. Bagaimana dengan Anda?

Sumber: Yogyes.com

39 comments on “10-01-10

    • Wah, berarti dirimu sudah duluan sehari dari kami ke Gunung Kidul Wij. Kami saja yang pakai mobil sudah sempoyongan luar biasa, apalagi dirimu yang naik sepeda, ya pantes… :)

  1. ternyata ini toh tujuannya nyuruh mampir kesini, bikin iri aja …. hehehe, anyway, nice holiday, moga anak2 makin semangat belajarnya n meningkat prestasinya pasca liburan bersama, amin

    • betul sekali Om… aku sukses membuat dirimu iri bukan? hahaha…
      *bersorak kegirangan karena tujuan tercapai* (pasang tampang jahat)

  2. Duhh indah sekali…jadi ceritanya piknik dari pantai ke pantai ya.
    Yogya memang dekat sekali dengan tempat-tempat wisata, selain mudah terjangkau juga disekitarnya banyak makanan yang murah dan enak (jika kita tak berbekal makanan dari rumah).

    Piknik bersama teman dekat sekeluarga…betapa asyiknya, selain anak-anak senang juga making mengakraban keluarga antar teman
    .-= edratna´s last blog ..Hantu “narkoba” menyerang keluarga itu…. =-.

    • Benar sekali Bu Enny, Jogja memang memiliki obyek wisata yang banyak dan terjangkau. Makanya, selagi masih di Jogja, saya manfaatkan sebaik-baiknya.

      Piknik dengan keluarga sahabat-sahabat saya itu memang berhasil mengakrabkan seluruh anggota keluarga kami. Menyenangkan sekali rasanya. :)

  3. Uda …
    Jujur …
    Pantainya mungkin biasa saja …

    Namun …
    Berlibur Ke Pantai …
    Dengan seluruh Keluarga …
    beserta keluarga-keluarga sahabat …
    Ini Luar Biasa Sangat … !!!

    Saya bisa merasakan keakraban dan kegembiraan yang membahagiakan …
    Bukan saja bagi para pelaku wisatanya …
    Namun bagi orang yang melihatnya pun merasakan kebahagiaan tersebut …
    Yes … indeed … termasuk … saya

    Salam saya Uda …

    • Naik KOPATA? ya nggak lah… kami tu naik becak, huahahaha… :D

      Eh iya, mahasiswa masih pada UAS ya. Gantian dong sekarang yang liburan. Anak sekolahan sudah mulai masuk hari ini… Berarti habis ini, bakal dapat cerita petuangan yang lebih dahsyat lagi nih dari Shige :D

  4. bentar-bentar…
    satu hari empat pantai?
    itu maruk atau apa sih, da?

    *padahal iri*

    setuju sama om trainer, liburan ke pantai mah biasa, tapi empat dalam sehari? bersama keluarga besar (yang ternyata emang besar banget!) itu yang membuat liburan ini jadi luaaarrr biasa!
    .-= marshmallow´s last blog ..Jatuh Cinta di Puncak Menara =-.

    • pantai-pantai itu saling berdekatan uni. sebetulnya, jumlah seluruhnya ada tujuh, tapi baru segitu yang bisa dikunjungi, hehehe… :D

      oya, liburan yang akan datang kami juga sudah merencakannya, apakah uni juga mau ikutan? ;)

  5. Menjawab ‘pancingan’mu di FB…
    Uda, aku nggak terlalu sering dan suka ke pantai-pantai di Yogyakarta jadi nggak cukup mbikin aku tambah ngiler buat pulang ke Jogja hahahah :))
    .-= DV´s last blog ..Firasat Digital =-.

  6. hihihihi uda…jalan2 melulu…
    kalau aku ke jogja di ajakin juga ke pantai ya…tapi jangan sampe 27 orang begitu…27 orang boleh lah asal semuanya blogger ditambah fantastic four mu dan uni icha…hihihihi

    pasti seru deh :P
    .-= Ria´s last blog ..Liburan penghujung tahun =-.

  7. huwaaa….. indah sekali!!
    pantainya dan terlebih lagi kebersamannya

    Suer Uda, indah sekali keakraban dan kehangatan keluarga Uda, dan keluarga sahabat-sahabat Uda.

    tanggal 100110 ngapain ya aku?? oh.. melewatkan hari minggu yg aneh bagiku
    .-= Bro Neo´s last blog ..(New) Kuliner Jogja =-.

  8. Inyiaaaaaak……………………bagus dan keren banget tempat berliburnya, apalagi salah satu sudut pantai sepanjang yg di foto, mirip ya Nyiak dgn Ngarai Sianok.
    Wah, pasti ini liburan yg paling berkesan utk anak2 ya.
    salam.
    .-= bundadontworry´s last blog ..Hati Yang Menggemuruh =-.

  9. Inyiaaaaaak……………………bagus dan keren banget tempat berliburnya, apalagi salah satu sudut pantai sepanjang yg di foto, mirip ya Nyiak dgn Ngarai Sianok.
    Wah, pasti ini liburan yg paling berkesan utk anak2 ya.
    Ngomong2 avatarnya baru ya Nyiak ?
    keren dan ganteng lho Nyiak.
    salam.
    .-= bundadontworry´s last blog ..Hati Yang Menggemuruh =-.

  10. sebetulnya angka bagus jg terjadi ketika uda nulis artikel ini yaitu tgl 110 110.

    suamiku org jogja tp tdk pernah diajak jalan2 soalnya kalo pas ke jogja hanya 1-2 hari saja.

    salam kenal

  11. Dan setiap tahun aku ke sana tapi aku nggak pernah tahu kalau di Jogja ada tempat seperti itu?
    Amit-amit, Laa… amit-amit.. :D

  12. hah ada pantai tapi airnya tawar?? wah mesti dicoba tuh da… maybe next trip,tapi sebelumnya pengen nyoba green canyon dulu nih,katanya bagus;)

  13. Uda…liat foto2 diatas, saya jadi Flashback ke masa KKN dulu, lokasinya sekitar 7 Km dari Pantai Drini…kayaknya 2 bulan KKN dulu serasa jadi anak pantai… :D , o ya agak ke ujung timur lagi ada pantai Wedi Ombo…Pernah kesana ? pantanya relatif masih sepi dan pasir putihnya gak kalah dengan pantai2 dibali… :)
    .-= atmakusumah´s last blog ..Menjadi Jiwa Yang Dewasa… =-.

  14. Pantai Baron kayaknya eksotis banget bro…
    Kapan2 kalau ada waktu ke Yogya mau dong diajak ke sana. Btw, Amin Ulwi kayaknya hepi banget ya di sana.

    • ya iya laaaaahhhhhh…….
      Kapan ke Jogja ? Yang pasti aku siap nganterin ke mana kau mau……. (tapi tergantung tanggal ya bro, muda apa tua…. )

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


3 − = 1

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>