jamur & zupa


Warning: Illegal string offset 'single_featured_image' in /home/hardiviz/public_html/wp-content/themes/confidence/content-single.php on line 69

Akhir pekan kemarin, aku menikmati dua sajian yang sangat khas. Yang pertama makanan dengan berbahan dasar jamur, dan yang kedua zupa soup, masakan ala Eropa. Bersama beberapa orang sahabat, akupun menghabiskan liburan kemarin dengan memberi sedikit kenikmatan bagi lambung… here is the story:

Makanan pertama adalah serba jamur. Kami menikmatinya di sebuah resto tradisional bernama Jejamuran di daerah Pandowoharjo, Sleman, Jogjakarta. Jejamuran resto adalah sebuah rumah makan dengan keunggulan penggunaan bahan baku utama jamur yang dipadukan dengan menu tradisional. Bahan baku jamur mengandung berbagai macam asam amino, mineral, vitamin dan senyawa bioaktif yang baik bagi kesehatan, jamur juga telah terbukti menaikkan system kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah dan kandungan lemak dalam tubuh, menghambat pertumbuhan tumor, antiinflmasi dan antimikroba.

Menu yang disajikan sungguh banyak dan sangat menggiurkan. Tongseng, rendang, sate, tomyum, asam manis, lumpia, tumis saos tiram dan pepes yang kesemuanya terbuat dari jamur. Menurut ahli gizi, jamur termasuk dalam jenis sayuran yang mengandung sedikit sekali protein dan hidrat arang, seperti halnya kangkung, ketimun, kool, kembang kool, tauge, sawi. Karena kandungan kalorinya rendah, jamur boleh dimakan sekehendak atau bebas tanpa memperhitungkan banyaknya. Oleh karena itu, kamipun memesan semua menu yang disuguhkan tersebut, hahaha… :D

jejamuran n zupajejamuran n zupa (2)jejamuran n zupa (3)
Asam manis jamur, rendang jamur dan sate jamur. Untuk makanan ini hanya ada dua kalimat: enak dan enak banget (Broneo mode : ON) :D

Setelah puas makan, kamipun berkeliling “kebun jamur” yang terletak di bagian belakang resto tersebut. Ada banyak varian jamur yang dibudidayakan. Melihat keelokan bentuknya, sepertinya pantas untuk ditanam di rumah. Di samping bisa menjadi tanaman hias, tentu saja nantinya bisa dimakan juga. Beda sekali dengan mawar atau anggrek, tentu tidak bisa dikonsumsi, apalagi kaktus, siapa coba yang mau memakannya, haha… :D

jejamuran n zupa (13)jejamuran n zupa (14)jejamuran n zupa (15)
Aneka jamur yang dibudidayakan. Cantik bukan?

jejamuran n zupa (17)
Bermimpi menjadi pengusaha jamur, boleh kan…? :)

Selesai dari situ, kamipun beralih ke bagian selatan Yogyakarta, tepatnya di daerah Prawirotaman, jalan Parangtritis no 109. Di sudut sebuah hotel bernama Sunarko, kami kembali memanjakan lambung dengan sup ala Eropa yang bernama Zupa soup. Yaitu cream soup yang diletakkan dalam mangkuk tahan panas, kemudian ditutup dengan puff pastry kemudian dibakar di dalam oven. Bila telah masak, maka bentukanya akan seperti roti yang tergeletak pasrah di atas mangkuk. Melihat sajian itu, perut yang kenyang gara-gara jamur tadi, seolah terlupakan. Rasanya…. hmmm… yummy…

jejamuran n zupa (24)jejamuran n zupa (26)
Zupa-zupa soup dan para penikmatnya… :D

Zupa soup itu, adalah buatan sahabatku sendiri, Agus Nizar. Sudah lama dia mengundang kami untuk menikmati usaha barunya tersebut. Namun, baru kemarinlah undangan itu dapat dipenuhi.

So, bagi teman-teman yang ingin berlibur di Jogja, dua tempat kuliner itu patut untuk dicoba… :D

.

.

Sumber bacaan: Kuliner Online, Trully Jogja, Permimalang, Irmajelita, Annevijaya


Warning: Illegal string offset 'author_box' in /home/hardiviz/public_html/wp-content/themes/confidence/content-single.php on line 93

42 comments on “jamur & zupa

  1. aku suka zupa soup itu…nyummy
    uda bikin laper nih, tepat jam 12 kurang 15 pulak! :P

    kalau sate jamur itu enak gak sih uda? rasanya katanya kayak daging aja ya? penasaran!
    .-= Ria´s last blog ..Just Be Your Self! =-.

  2. JIah …
    Itu jamur kok bentuknya kayak kerupuk ya ?

    hehehe

    ini pasti enak nih keknya …
    (atau enak sekali ??)(melirik Bro)

    Salam saya
    .-= nh18´s last blog ..AT BALI =-.

  3. owh hari ini ada tinjauan kuliner dari Inyiak Surau!

    Jamur memang enak, di Bukittinggi skrg lagi musim pengembangbiakan jamur tiram.. kemarin itu ada demo memasak oleh 3 hotel berbintang tentang pengolahan jamur.. Lamak Sangaik!

    **inyiak,lain kali tinjauan kuliner jan hari senin.. puaso!

  4. Waduh saya jadi ngiler dan mendadak lapar Uda. Jamur memang enak Uda…di masak seperti apapun akan enak. Kalau saya sih mending makan jamur dari pada daging2an.

    salam.

  5. Saya kurang suka jamur, entah kenapa. Rasanya terlalu spesial jadi rada aneh sih di mulut. Tapi klo sate, apalagi zupa-zupaaaa…. sluurrpp… mau!

  6. Uda Ustadz, aku tuh udah ke sini. Tapi aku males komentar soalnya aku ngiler! Lagian Uda Ustadz sih cuma kasih-kasih fotonya doang. Kirim downg ke sini…
    *manyun*

  7. *oooww.. jamur.. suka banget !! jamur tiram biasanya saya masak dengan dioseng2 aja pake sedikit mentega, dipepes atau digoreng tepung… jamur kancing juga dipepes atau dibuat soup… trus jamur yang udah dikeringin.. (apa itu namanya ya..) sampe jamur kuping.. suka semua… hehe.. Trus cara masak jamur asam manis itu kayaknya sama ama masak udang asam manis ya Uda..

    *masak sendiri rendang sama sate jamur sepertinya ga bisa, jadi harus diagendakan mampir ke resto itu deh.. heheh.. kapan ya…

    *membudidayakan jamur tiram cukup gampang kok Uda.. saya pernah praktek.. ( hehe.. cuma sampe praktek doang… payah ni.. :) )

  8. Alm nenek nih yang biasa buat masakan dari jamur, lumayan enak juga…

    kalo dari pulau seberang wempi suka jamur dieng, kalo yang lainnya blon pernah nyoba, hehe…

  9. di tempat tinggal sekitar saya, kalo ada hajatan lagi ngetren menyajikan menu zupa2 soup. pertama kali liat bingung, bgmn cara menyatapnya he..he..

  10. kan bahan buat makanan vegetarian itu kebanyakan emang dari jamur. aku pernah makan di resto yg vegetarian dan mereka jual daging2 palsu yg terbuat dari jamur dan tumbuh2an ,rasanya bener2 mirip daging. ada udang ,ikan ,ayam ,bebek ,dll… sampai sayatan kulitnya aja mirip banget da;p

    di jakarta ada juga katanya di kelapa gading beberapa resto vegetarian,tapi belum coba yg disana:D
    .-= didot´s last blog ..Guru yang terhebat =-.

  11. Wahh jadi pengin ke Yogya mencoba makanan dari jamur…kedai ini kayaknya yang pernah di tulis di Kompas ya Uda.
    Dulu saya sering melihat kebun jamur dan pabrik pengolahannya di Dieng, Banjarnegara dan juga di Wates…tapi tahu pengolahan jamur ya hanya begitu saja, hanya dikalengkan.
    .-= edratna´s last blog ..Mainan baru? =-.

  12. waaa!!! pas banget saya baru menikmati puff pastry di gubug pizza siang ini. hmm… i luv it very much!

    jadi pengusaha jamur? duh, udaaaa… sembuhkan dulu dong jamurannyaaaa…. hakhakhakhak…

    eh, lain kali ke yogya, uda traktir saya makan jamur, ya. janji lho!
    .-= marshmallow´s last blog ..No Idea =-.

  13. 3 hal , Uda…(ketularan Om NH)

    #1. Udaaa…
    sebelum kopdar kita di Jogja itu, siangnya aku reuni di Jejamuran dengan teman-teman kuliah…. :)

    #2. Aku lumayan sering ke sana, bahkan waktu warungnya masih sangat sederhana dan menunya juga belum sebanyak sekarang…

    #3. Aku salut dengan perkembangannya yang pesat begitu, Uda…saya ikut seneng melihat usaha orang lain sukses….
    .-= nanaharmanto´s last blog ..Sayur Nangka =-.

  14. Uda, saya baru sekali ke jejamuran, waktu itu masih sederhana… (lihat comment di atas)

    Rasanya memang mak nyuss…

    Saya pernah dibawakan sate jamur ke rumah (sblm ke jejamuran tentu saja), awalnya saya tdk menyangka kalo sate yang saya santap itu bahannya jamur :-)
    .-= Bro Neo´s last blog ..Teman Sekamar =-.

  15. Wah … saya kok ketinggalan belum baca posting ini ya … :-o

    Saya juga selalu ketinggalan dari Uda Vizon kalau soal berburu makanan … :D

    Zupa Soup memang uenaks Da, saya slalu mencarinya kalau pas menghadiri resepsi pernikahan. Nah, sekarang karena sudah tahu ada resto yang menyediakannya, dekat dengan rumah saya pula, kayaknya saya bakal jadi pelanggan nih … :)

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jawab dulu ya pertanyaan di bawah ini sebelum kirim komentar, biar tidak dianggap spam.. :) *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>