husnul khatimah


Warning: Illegal string offset 'single_featured_image' in /home/hardiviz/public_html/wp-content/themes/confidence/content-single.php on line 69

Berakhir dengan indah, adalah keingin setiap kita dalam setiap peran yang kita jalani. Sebagai contoh, seorang pejabat, berharap agar akhir masa jabatannya ditutup dengan manis. Banyak torehan prestasi yang ditinggalkannya. Bawahannyapun merasa sangat sedih dengan berakhirnya masa jabatan itu. Bahkan rivalnya pun merasa kalau jabatan itu memang pantas untuknya.

Begitu juga dengan kehidupan yang kita jalani di dunia ini. Kita sangat menginginkan agar ketika jatah hidup kita berakhir, kitapun pergi dengan tinggalan nama baik lagi harum. Seperti kata pepatah: “harimau mati meninggalkan belang, gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan nama“.

Bayangkan, betapa buruknya jika seseorang yang tewas ketika sedang berbuat mesum di sebuah kamar hotel, atau meninggal dunia akibat over dosis obat-obatan terlarang, atau bahkan mati karena bunuh diri. Kesemuanya itu tentu akan membuat ia meninggalkan nama buruk setelah kepergiannya. Bukan hanya untuknya, tapi juga untuk keluarga yang ditinggalkannya.

Memperoleh husnul khatimah, bukanlah perkara yang sekonyong-konyong. Ia merupakan hasil akhir dari proses bangunan diri kita selama perjalanan di dunia ini. Ia harus diusahakan. Seperti seorang pejabat yang ingin berakhir dengan manis, tentulah ia harus berusaha menorehkan prestasi dan meninggalkan kesan baik selama masa jabatannya. Kesemena-menaan yang dilakukannya selama menjabat tentu saja akan berakibat buruk bagi akhir masa jabatannya.

Dalam kehidupan juga haruslah begitu. Jika kita tidak ingin tutup usia dalam keadaan yang tidak baik, maka berusahalah untuk tidak terlibat dalam perkara buruk. Berzina misalnya. Tidakkah kita takut, ketika sedang asyik melakukan perbuatan bejat itu, tiba-tiba malaikat maut mencabut nyawa kita…?? Na’udzubillah! Semoga Tuhan melindungi kita dari keadaan itu.

Berusaha agar selalu berada pada jalur Tuhan adalah salah satu cara yang tepat untuk memperoleh husnul khatimah. Dan yang tak kalah pentingnya adalah selalu berdoa agar Tuhan senantiasa melindungi langkah kita dan mengingatkan jika kita mulai tergelincir.

Ya Tuhan, tutuplah usia kami dengan akhir yang baik,
Jangan Kau selesaikan kami dalam keadaan yang buruk….

.

.

(tulisan ini adalah ekspresi dari kepedihan hatiku melihat kematian seorang yuniorku. semoga ia husnul khatimah)


Warning: Illegal string offset 'author_box' in /home/hardiviz/public_html/wp-content/themes/confidence/content-single.php on line 93

18 comments on “husnul khatimah

  1. Uda, memang kalau pas meninggal seseorang berada dlm keadaan buruk, kesannya gimanaaa gitu. tapi mungkin yg lebih kasihan justru keluarganya yg masih hidup, karena mereka pasti malu banget. Semoga kita semua akhirnya bisa menyelesaikan perjuangan hidup ini dengan baik :)
    .-= krismariana´s last blog ..Prakarya SD =-.

  2. Betul Uda. saya sendiri ikut bahagia rasanya menyaksikan tetangga yang mati ‘mudah2an husnul khatimah’ karena baru saja mengerjakan ibadah. saya pernah punya tetangga yang mati seusai shalat di masjid, duduk…ndingkluk..tak tahunya meinggal. indah sekali..mati habis shalat dan masih di dalam masjid. apalagi mayitnya kelihatan tersenyum bibirnya..indah sekali.

    semoga kita semua husnul khatimah, dan semoga yunior uda juga husnul khatimah. amien.

  3. Kita tentunya menginginkan semua berakhir baik, terutama pada saat kita meninggal, banyak yang mendoakan.
    Berbuat baik secara terus menerus ini tak mudah, karena sebagai manusia kita suka lupa…Semoga kita selalu mengingat tujuan akhir kita..dan semoga juniornya Uda mendapat tempat yang layak di sisi Nya
    .-= edratna´s last blog ..Meningkatkan motivasi, mendorong prestasi =-.

  4. ahh… ikut berduka cita, uda.
    jadi benar berita yang uda dengar tentang kematiannya itu? mudah-mudahan husnul khotimah.

    salah seorang mahasiswa saya, yang notabene sahabat adik saya (dan kemudian menjadi sahabat saya juga) juga dibunuh di dalam kamar hotel. namun justru bukan karena perzinahan, tapi karena dia menolak untuk itu. padahal setau saya anak itu sangat baik dan santun. doa saya menyertainya.

    ya, akhir yang baik dan menyenangkan bukan hanya yang kita inginkan dalam cerita fiksi, namun juga dalam kisah nyata kehidupan kita.
    .-= marshmallow´s last blog ..Nineteen Minutes =-.

  5. **lagi berusaha mengibas-ngibaskan debu dosa yang terus saja menempel pada diriku sepanjang hari

    Semoga Allah beri kekuatan berjuang untuk terus lurus di jalan-NYA.

  6. peristiwa kematian yg menimpa teman atau siapapun, memberikan pelajaran yg sangat berharga bagi kita.
    seorang kawan, yg sdh meninggal 3 tahun lalu.. krn berakhir dng husnul khatimah sampai kini masih kami kenang dan dalam bbrp pembicaraan kisah hidup beliau selalu dijadikan suri tauladan

  7. berhubung siraman rohani dari ustdz hardi telah berakhir, marilah kita tutup acara ini dengan berdoa… berdoa, mulai!!]
    hhehee…
    uda, saya ingin mati dengan lembaran karya-karya dan novel saya di sebelah tubuh yang kaku… hmm… mantap!!
    .-= aurora´s last blog ..Ingin berbalik kembali =-.

  8. Ikut berduka cita ya, Uda. Walaupun saya tidak mengenal dan tidak begitu mengerti bagaimana yang bersangkutan meninggal, saya ikut mendoakan yg terbaik saja baginya dan semoga keluarga yg ditinggalkan diberi ketegaran oleh Yang Maha Kuasa.

    Dan…….

    Terima kasih, Uda ;) Di hari-hari yang sulit ini, ada yang masih bisa mengingatkan kalau ujung pengembaraan manusia sesungguhnya adalah kembali kepada-Nya…..
    .-= Reva Liany Pane´s last blog ..The First Time Someone Propose To Me =-.

  9. Mudah2an kita bisa husnul khotimah (termasuk yang punya blog dan pengunjungnya).
    Btw, gimana cerita yuniar kita itu?
    Aku belum sempat baca beritanya.
    Minta linknya dong.
    Lewat twitter juga boleh
    .-= Hery Azwan´s last blog ..My Roommate =-.

  10. memang benar ,segala sesuatu tergantung akhirnya juga.
    orang yg jahat ,jika akhirnya hidupnya baik insya Allah masih mendapat ampunan. (jadi inget darth vader di pelem starwars deh uda)

    orang baik jika akhir hidupnya jelek,sungguh tragedi.

    semoga kita dapat akhir yg baik.

    jangan lupa doanya agar dapat khusnul khotimah : “Ya Allah, akhirilah hidup kami dengan islam, akhirilah hidup kami dengan membawa iman, akhirilah hidup kami dengan husnul khotimah”
    .-= didot´s last blog ..membeli sambil sedekah =-.

  11. Aku baru BW lagi nih uda…junior uda ada yg meningga? turut berduka cita ya uda…

    keadaan mati dalam keadaan baik dan meninggalkan nama yang baik memang impian semua orang. cita-citaku uda ketika aku nanti meninggal akan banyak yang mengantarkan jenasahku ke pembaringan terakhir dan apa yang aku tinggalkan bisa bermanfaat, tentunya untuk mewujudkan itu gak mudah dan harus dimulai dari sekarang.
    .-= Ria´s last blog ..Hutanku =-.

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jawab dulu ya pertanyaan di bawah ini sebelum kirim komentar, biar tidak dianggap spam.. :) *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>