hijau langit


Warning: Illegal string offset 'single_featured_image' in /home/hardiviz/public_html/wp-content/themes/confidence/content-single.php on line 69

Taukah Anda, kalau di Minangkabau tidak ada yang berwarna biru? Coba saja sodorkan kepada para abege (baca: angkatan babe gue) sesuatu yang berwarna biru, pasti mereka akan katakan kalau itu bukan biru. Lantas, mereka bilang apa dong? Mereka akan bilang, itu warnanya hijau langit! :D

Ya… sampai era 70-an, kosakata “biru” tidak dikenal di Minangkabau. Setidaknya angkatan orangtuaku ke atas, memahami bahwa warna biru itu disebut dengan hijau langit. Kalau generasi 70-an ke atas, sudah menyebut biru dengan biru, tidak lagi hijau langit. Barangkali karena mereka sudah mendapatkan pembelajaran yang benar dari sekolahnya.

Sebetulnya, aku sendiri masih terbawa-bawa dengan cara penuturan leluhurku itu. Hanyasaja, karena sudah banyak bergaul dengan berbagai etnis dan selalu berusaha menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, maka aku sudah bisa menyebutkan biru untuk biru.

Maka, setiap kali ditanya apa warna favorit, secara spontan akan kujawab: hijau langit dan hijau daun! (halah!) :D

hijau langit
Warna kegemaranku; hijau langit dan hijau daun;)

.

.

(tulisan ini asli iseng… gara-gara chatting dengan Ria dan Arif :D)


Warning: Illegal string offset 'author_box' in /home/hardiviz/public_html/wp-content/themes/confidence/content-single.php on line 93

49 comments on “hijau langit

  1. aiiih uda…
    Narsis POLL!!!! ;) hahahhaa

    eh uda akujuga suka lho hijau langit!
    Mulai dari mobil, cat rumah and bbrp personal things warnanya hijau langit!

    Karena warna itu meneduhkan jiwa :)
    .-= Ceritaeka´s last blog ..About a Dream =-.

  2. Ini mau posting tentang warna atau mau narsis ya? Ada hidden agenda nih keknya….Ha ha ha….
    Btw, unik juga ya kenapa orang minang tidak mengenal kata “Biru”. Mungkin karena terbiasa bilang blau….*asal tebak*
    .-= Hery Azwan´s last blog ..Antara Blog dan Social Media =-.

    • blau malah sudah menjadi bahasa nasional, bro…
      nyaris semua daerah menamakan salah perangkat mencuci berwarna biru itu dengan blau.
      kenapa orang minang lebih terbiasa dengan kata blau? barangkali karena lidah mereka sudah sama dengan lidah orang inggris, hahaha… *asal cuap*

    • Setuju, Bang Hery … kayaknya cerita tentang hijau daun dan hijau langit itu alasan saja supaya bisa memajang foto yang sengaja diambil dengan dua back ground itu … hyahaha!!

      *mumpung Uda Vizon lagi jauh di Curup, berani ngeledek* :D
      .-= Tuti Nonka´s last blog ..Akh … Khan! =-.

  3. Aih aih, narsisnya pol banget. Pura2 membahas warna. Hi hi….
    Btw menarik juga menganalisis mengapa orang Minang gak bisa nyebut warna BIRU. Mungkin ada hubungannya dengan konotasi kalau biru identik dengan SEDIH dan ***NO….
    He he…
    .-= Hery Azwan´s last blog ..Antara Blog dan Social Media =-.

    • gaaak… sama sekali gak pura2 bahas warna, ini betul-betul penyaluran bakat narsis… huahahaha… :D

      eh iya juga ya, kenapa warna biru diidentikkan dengan SEDIH dan P***NO? ada yang tau?

  4. baru tau klo orang minang dulu menyebut biru dengan hijau langit.. lucu juga ya… hehehe..

    entah nyambung apa ngga, yg jelas saya jadi ingat ‘perdebatan’ saya dgn beberapa teman tentang warna telur asin…. suatu ketika, ada sebuah angkutan umum berwarna biru muda melintas di depan kami, lalu saya menyebut mobil itu berwarna ‘biru telur asin’…tapi teman saya bilang klo telur asin itu berwarna hijau sambil menunjuk sebuah papan nama di jalan.. “na..itu warnanya.. ‘hijau telur asin’….” :) yg bener yg mana ya ? apa harus tanya orang minang ? :)

    • telur asin tu warnanya kuning… coba aja buka, hahaha…
      sama cue, saya juga bingung, kulit telur asin itu biru atau hijau ya? ;)

    • kalau generasi sekarang sudah terbiasa dengan biru dan hijau pak sawali. hanya angkatan tua yang masih menggunakan istilah itu… :)

  5. kalau saya dulu sempat kesal juga om

    waktu itu saya masih kecil trus kakek saya(alm) nyuruh saya ngambil sarung hijau di kamar beliau. udah dicari disetiap pelosok kamar nggaka ada sarung warna hijau. waktu ngelapor kekakek saya malah dimarahin. beliau menunjuk sarung biru di tempat tidur sambil berkata “itu apa?”

    saya yang waktu itu masih sangat kecil cuma hanya bisa bengong campur heran. setelah dijelaskan ayah barulah saya ngerti

    kalau diingat masa2 iu sekarang. saya jadi ingin ketawa ha…ha…ha…

  6. Xixixi.. Vina Panduwinata harus ganti judul lagu Biru, menjadi Hijau Langit. ha ha..

    **Bundo agak mengernyitkan kening, melihat foto dgn tema hijau langit dan hijau daun itu.

    • kayaknya slank juga bakal ganti judul lagunya yang “generasi biru” menjadi “generasi hijau langit”… hahaha… :D

      **ikut mengernyitkan kening dengan bundo dan bertanya: “siapa sih orang yang di foto itu? gak nyadar umur deh…”

    • ketika saya mencari seragam buat anak saya yang smp, di jogja, saya sempat bilang cari kain warna biru dongker. penjual kain sempat bengong, gak ngerti. setelah saya jelaskan buat seragam smp, barulah mereka paham… hahaha… biru dongker… ada-ada aja istilahnya :)

  7. whaha…
    setuju banget uda…
    sil jadi iingat nenek yang sering nyebut biru dengan hijau…
    dan parahnya ternyata kakak sil yang baru berusia 23 tahun juga terbawa2 kebiasaan itu…
    (yah..kira2 seperti uda vizon yang terkadang masih nyebut hijau langit).
    heheh
    .-= isil´s last blog ..Berhenti Sejenak… =-.

  8. Trus gimana dengan biru muda, biru tua, dan biru telor asin….

    Hijau langit muda
    hijau langit tua
    hijau telur asin
    hijau tai kebo
    hijau toska

    Warna hijau banyak, yaaa..

  9. Tapi asya suka dengan hijaunya bumi, daun, alam dan langit sebenarya terkadang hijau mas. Walau cenderung berwarna biru.

    jadi hijau dan birunya langit itu indah :D

    apalagi hijau langit minangkabau
    .-= jumialely´s last blog ..Ruang Keberbedaan =-.

  10. hihihi kebalik sama orang Jepang
    orang jepang biru (ao) dan hijau (midori) sering disebut sama = AO
    ao shingo = lampu lalin yang hijau , bukan lampu biru kan? hihihi tidak akan pernah bilang midori shingo….

    soal narsis? loooh baru tau ya bhw Uda itu narsis? ;))

    EM
    .-= ikkyu_san´s last blog ..Mencari daun muda =-.

  11. hahahaa…. sori telat liat postingan uda ini…. nenekku juga masih gitu kok… sudah berkali-kali kubilang: “nek, kalau sekarang, orang menyebutnya BIRU”
    namun aku tahu, beliau adalah orang yang konsisten…

  12. hehehehe…uda moi masang foto atau mo ngomongin hijo? kalo aku sih suka hijo meneran uda…

    jangankan di Minangkabau…di Duri juga begitu uda, makanya aku terheran2 waktu awal2 disini…klo sekarang udah mulai bisa ngeh klo suatu saat ngomongin warna dan gak nyambung…hahahahahaha
    .-= Ria´s last blog ..Protected: Sang Mantan =-.

  13. uda, saya pikir justru semua warna itu sudah terwakili oleh “kulabu”: kulabo asok, kulabu daun, kulabu langik, kulabo lauik. haha.

    ah, sayang banget internet saya lagi lelet, sehingga gak bisa menyaksikan foto yang jadi buah bibir se-indonesia raya ini.

    i’ll be back, kalau internet sudah jinak. pengen banget lihat uda vizon narsis (lagi). huehehehe…
    .-= marshmallow´s last blog ..Berburu Buku Bekas =-.

  14. Uda …
    Ada Tiga hal …
    1. Ini sama kasusnya seperti di Madura kalau tidak salah … masyarakat disana juga (katanya) tidak mengenal kata Biru … Ini katanya lho ya … saya juga tidak tau .

    2. Warna kesayangan saya ? … mmm Abu-abu !!! (hehehe)

    3. Saya selalu menyebut postingan seperti ini adalah … “cara narcis yang elekhan”
    hahahah

    salam saya Uda
    .-= nh18´s last blog ..TRAINER @ TRAIN =-.

  15. wah jadi tau nih, ternyata biru bisa jadi hijau yaa…

    mungkin karena dulu pohon masih banyak dan rindang.. jadinya warna biru terkontaminasi warna hijau dari daun2 pohon itu uda… hehehe
    .-= anna´s last blog ..Coto atau Rawon? =-.

  16. Uda…itu foto di daerah dari Padang mau ke Solok ya?
    Saya sempat terpukau pemandangan disana…padahal udah dipesan jangan mampir-mampir supaya semua tempat wisata bisa terjangkau. Namun hati ini, tak bisa meninggalkan pemandangan indah itu..awan yang bergumpal…kehijauan….kebun tebu dan sawah terhampar dikejauhan
    .-= edratna´s last blog ..Berpikir panjanglah, sebelum menilai =-.

  17. Sama kayak nenek buyutku dulu…kalau menyebut warna biru, pasti deh bilang hijau…
    dulu sih, aku sering protes sama nenek buyutku itu. akhirnya, nenek buyutku yang ngalah, katanya: ya maklum, mata nenek udah rabun…. hihi…
    .-= nanaharmanto´s last blog ..Hitung Kursi =-.

  18. bukan hanya di minangkabau uda
    tapi saya dengar teman sy yg dari madura juga sama, mereka ga kenal dg warna biru
    termasuk di tempat kelahiran saya
    hijau atau biru dua-duanya di-judge warna hijau ???
    .-= Abu Ghalib´s last blog ..S.M.A.R.T =-.

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jawab dulu ya pertanyaan di bawah ini sebelum kirim komentar, biar tidak dianggap spam.. :) *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>