konfusius, guru dunia


Warning: Illegal string offset 'single_featured_image' in /home/hardiviz/public_html/wp-content/themes/confidence/content-single.php on line 69

confusiusSudah punya rencana menghabiskan akhir pekan kali ini? Kalau belum, kusarankan Anda untuk menonton film “Confusius“. Sungguh, film itu sangat bagus. Ada banyak pencerahan yang diperoleh dari tontonan tersebut. Kalau perkara sinematografi, tak pantaslah aku bicarakan, secara aku tak punya kapasitas apa-apa di bidang itu. Pesan yang terkandung di film itulah yang membuatku menyarankan untuk menontonnya. (suwer takewer-kewer, ini bukan pesan sponsor!)

~oOo~

Agaknya tidaklah berlebihan jika ada yang mengatakan kalau Konfusius adalah guru dunia. Betapa tidak? Ajarannya soal etik dan politik sungguh banyak memberi pengaruh. Salah satu kalimat yang dia ucapkan, lebih kurang berbunyi: “Jalankanlah politik itu dengan sopan“, agaknya patut untuk diresapi oleh para politisi kita dewasa ini. Menurutnya, seni memerintah adalah seni bagaimana mengatur kepentingan banyak orang. Sebelum dapat mengatur orang lain, maka seseorang harus mampu mengatur dirinya sendiri. Moral adalah kunci utama untuk itu.

Michale Hart, dalam bukunya Seratus Tokoh yang Paling Berpengaruh Dalam Sejarah, menempatkan Konfusius dalam urutan kelima setelah Nabi Muhammad, Isaac Newton, Nabi Isa dan Buddha. Pengaruh ajaran Konfusius memang amat besar, tapi terbatas pada wilayah Asia Timur. Meskipun demikian, pengaruhnya terhadap dunia barat juga ada, yang berbekas pada pemikiran-pemikiran Leibniz dan Voltaire.

Nabi Muhammad, pernah menyarankan umatnya untuk terus menggali ilmu pengetahuan dan bila perlu berkelana keliling dunia. Cina, adalah satu-satunya nama daerah yang beliau sebutkan. Bila ditilik dari secara historis, bukan tidak ada alasan beliau menyarankan belajar hingga ke negeri Cina tersebut. Beliau yang hidup jauh setelah Konfusius, tentu sudah sangat mengetahui tradisi keilmuan yang melekat kuat di negeri tersebut, yang salah satunya merupakan pengaruh dari ajaran-ajaran Konfusius. Jadi, tidak mengherankan jika beliau menyarankan berkelana menuntut ilmu hingga ke negeri tirai bambu tersebut.

Film “Confisius” menceritakan perjalanan petualangan Konfusius bersama murid-muridnya. Beliau berkelana karena mendapat hukuman pengucilan dari penguasa sebagai akibat intrik politik. Sebelumnya beliau adalah seorang politisi handal. Kemampuan diplomasi yang luar biasa, telah berhasil membuatnya merebut kembali tiga daerah yang telah jatuh ke tangan lawan, tanpa sedikitpun pertumpahan darah. Bagaimana caranya? Tonton saja filmnya ya… hehehe… :D

Film ini juga menceritakan kesetiaan dan kesungguhan murid-murid Konfusius dalam menuntut ilmu dari sang guru. Demi kesetiaannya kepada sang guru, nyawapun berani mereka pertaruhkan. Salah satu adegan yang mampu menggugah emosi adalah tatkala Konfusius dan murid-muridnya berjalan di atas danau yang telah beku karena musim dingin. Di tengah perjalanan, tiba-tiba esnya pecah, mengakibatkan kereta yang mengangkut gulungan (naskah) ajaran Konfusius tenggelam ke dasar danau. Seorang muridnya yang bernama Hui, dengan spontan melompat ke dasar danau dan mengambil satu persatu gulungan tersebut, tanpa mempedulikan keselamatannya. Gulungan-gulungan itupun selamat, namun sayang, nyawa Hui tak dapat diselamatkan. Sungguh, sebuah kesetiaan yang patut ditiru.

Cukup segitu saja kuceritakan cuplikan film ini. Biar penasaran, hehehe… ;)

Sedari dulu aku mengagumi Konfusius. Ada banyak kalimat-kalimatnya yang aku kutip. Salah satunya adalah: “Without knowing the force of words, it is impossible to know the human beings“. Quote itu selalu kupakai di blog ini. Coba lihat di sudut kanan atas.

Ok, segitu saja… selamat berakhir pekan…

.

Untuk mengetahui tentang Konfusius lebih jauh, sila baca di sini dan di situ


Warning: Illegal string offset 'author_box' in /home/hardiviz/public_html/wp-content/themes/confidence/content-single.php on line 93

28 comments on “konfusius, guru dunia

  1. Cina adalah salah satu kebudayaan tertua di muka bumi ini,dan tentunya bukan sembarangan juga rasul menyebutkan cina sebagai tempat untuk mencari ilmu jika memungkinkan.

    kalau saya yg paling suka itu gambar yin yang uda,menurutku itu mencakup seluruh gambaran filsafat yg ada di muka bumi ini.

    okeh thanks atas reviewnya,aku segera cari DVD bajakannya hahahaha :D
    .-= didot´s last blog ..Berteduh sejenak =-.

  2. Saya juga penasaran Uda sama filmnya ituh. Dewasa ini moral masyarakat sepertinya lebih mengacu ke benua barat. Semoga dengan nonton film ini bisa memutar-balik moral masyarakat ke arah timur. Hehehe…
    .-= mawi wijna´s last blog ..Wisata Sejarah di Pleret =-.

  3. urusan nonton film bioskop tentu saja bundo nyerah, cukup dengar ceritanya saja.

    Bundo pernah nulis di LJ ttg taktik perang beliau :

    ketika berkekuatan 10 kali lipat kekuatan musuh
    kepunglah dia

    ketika berkekuatan 5 kali lipat kekuatan musuh
    seranglah dia

    ketika berkekuatan 2 kali lipat kekuatan musuh
    tempurlah dia

    ketika berkekuatan sama dengan kekuatan musuh
    pecah belahlah dia

    kalau kalah banyak,
    bertahanlah

    Dan kalau unggul dalam segala aspek
    maka hindarilah dia

    • sama seperti Om NH, Uda. saya juga hanya mengetahui secara sekilas tentang Konfusius. sepertinya ulasan Uda Vizon ini membuat saya pengen mengetahui lebih jauh.
      oiya Da, ada saran buku yang bisa saya baca tentang ajaran2 Konfusius? secara saya blank gitu loh… suwun… :)
      .-= Goenoeng´s last blog ..menikmati sajak =-.

  4. ajaran konfusianisme tentu amat berperan dalam pemerintahan Jepang. Jukyo (konfusianisme? merupakan ilmu yang melandasi beberapa hukum di Jepang. Hmm ada satu peraturan dalam ilmu pendidikan yang pernah aku terjemahkan, jadi pengen cari lagi nih. Terima kasih diingatkan nih Uda.

    EM
    .-= ikkyu_san´s last blog ..Tangan Sayuri-chan Dingin =-.

  5. Saya lagi mikir-mikir mau nonton film ini, tapi belum ada yang mereview. Syukurlah Uda memberikan rekomendasi (diam-diam Uda hobby nonton juga rupanya ya :) ). Iya deh, saya mau nonton, mumpung di Yogya masih tayang di bioskop.

    Syukron Da.
    .-= Tuti Nonka´s last blog ..30 Jam Untuk 3 Menit =-.

  6. selain timur tengah ,di asia negeri cina punya kebudayaan dan pengetahuan yg tinggi, yang diakui oleh dunia.
    terbayang bagusnya film ini, apalagi aktornya juga kelas dunia ,pasti bagus.
    maaf ya Inyiak, dah lama gak mampir kesini.
    salam hangat utk keluarga
    semoga selalu sehat.
    salam
    .-= bundadontworry´s last blog ..Berbahagia Dengan Musibah Sakit =-.

  7. kalau dipikir2 dunia sekarang lebih menjurus ke politik liberal barat. walaupun begitu masih ada negara2 “aneh” kayak indonesia yang memakai politik bebas aktif

    selama ini saya pikir itu adalah ke egoisan rakyat indonesia yang tidak mau mengakui kehebatan politik negara adikuasa kayak Amerika

    tetapi setelah akhir2 ini saya belajar sejarah dan di PKn di sekolah saya jadi sadar ternyata politik tu harus disesuaikan dengan keadaan

    dan mungkin ajaran Konfusius tu cocok untuk negara cina dan indonesia cocok dengan bebas aktif

    (maaf kalau razaq sok tau banget ha…ha…ha…)

  8. Uda …
    3 hal …

    #1. Vizon’s Statement
    Kalau perkara sinematografi, tak pantaslah aku bicarakan, secara aku tak punya kapasitas apa-apa di bidang itu …
    Ini sunggu suatu kearifan cendekia sejati … scientific sincerity …
    Uda hanya berbicara hal yang dikuasainya … Dan tidak mencoba bicara hal yang tidak dia ketahui …
    Sadar atau tidak … itu kalimat yang sangat powerful uda ,,,

    #2, Confusius
    Jujur saya hanya tau Tokoh ini dari “quote” atau kata-kata bijak yang sering saya temui di buku-buku. Tetapi tentang confusius itu sendiri saya Blank … dan dari postingan inilah saya jadi tau sedikit tentang dia

    #3. Film
    Yes indeed … sepertinya ini layak untuk dicari nih …

    Salam saya Uda

  9. Saya tertarik kisah beliau ketika diangkat sebagai hakim dan pemimpin di Zhong Du, wilayah yg subur. Waktu itu di sana terjadi perseteruan dan intrik politik di antara para pejabatnya, sehingga membuat rakyat hidup menderita. Langkah pertama yg diambil Konfusius yaitu mempromosikan pegawai dan pejabat yang jujur dan taat hukum, sedangkan bagi mereka yang kurang memadai diturunkan dari jabatannya, bagi mereka yang menyalahgunakan wewenang dan jabatannya demi kepentingan pribadi dimasukkan ke dalam penjara.
    seandainya di negeri ini ada tokoh seperti Konfusius ya..

  10. waduhh.. membaca ulasan diatas.. menyesal rasanya menolak tawaran temen sebulan yang lalu, waktu diajakin nonton tuh film.. harus nyari DVD nya kalo bgini..

  11. Selamat pagi sahabatku
    Saya datang lagi untuk mengokoh-kuatkan tali silaturahmi sambil menyerap ilmu yang bermanfaat. Teriring doa semoga kesehatan,kesejahteraan,kesuksesan dan kebahagiaan senantiasa tercurahkan kepada anda .Semoga pula hari ini lebih baik dari kemarin.Amin

    Saya juga menyampaikan kabar gembira bahwa sahabat mendapatkan tali asih dari manajamen BlogCamp. Silahkan cek di. http://abdulcholik.com/2010/04/20/dasri-superman-favorit-sahabat
    Terima kasih.
    Salam hangat dari Surabaya
    .-= BlogCamp´s last blog ..Superman Favorit Sahabat Ditutup =-.

  12. Tokoh yang satu ini, pantas disejajrkan dengan socrates..
    Menurut saya, Salah satu pandangannya yang sangat berarti adalah bahwa segala pengetahuan yang sesungguhnya berarti mengatakan apa yang diketahui bila memang mengetahui, dan mengatakan apa yang tidak diketahui bila memang tidak mengetahui. Ungkapan lainnya yang sering dijadikan tolak-ukur dan membangun semangat kepercayaan diri dalam menjalani kehidupan ini, adalah nasehatnya yang mengatakan bahwa kita janganlah bersedih hati hanya karena tidak diakui oleh orang lain, tetapi lebih baik tanyakan diri kita sendiri (instropeksi) apakah sudah sepantasnya diakui orang.

    Ajaran utama Confucius menekankan cara menjalani kehidupan yang harmonis dengan mengutamakan moralitas atau kebajikan.hehehe(moralitas dan kebajikan) dua hal yang sungguh mahal dan langkah dimiliki pejabat2 di negeri ini :)

  13. aku juga suka sama ajara2 beliau Uda, sangat wise…
    terima kasih revienya sudah aku masukkan list film yg akan di download *loch! hihihi :P*

  14. Pingback: konfusius, guru dunia « SURAUPUSAKA

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jawab dulu ya pertanyaan di bawah ini sebelum kirim komentar, biar tidak dianggap spam.. :) *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>