aura keikhlasan

Ada banyak perasaan yang berkecamuk di diri ini setelah menonton sahabatku Ahmad Fuadi dan novelnya Negeri 5 Menara di acara Kick Andy, Jum’at 14 Mei 2010, kemarin. Ada bangga, haru, sekaligus khawatir.

Kebangganku tentu saja atas pencapaian Fuadi dalam hidupnya. Pencapaian yang kumaksud bukan ketenaran yang kini ia peroleh, tapi lebih kepada manfaat yang ia tebar ke semua khalayak. Pengalaman hidup yang ia bagi telah mampu menginspirasi banyak orang. Melalui tulisannya, ada banyak pelajaran yang bisa dipetik, mulai dari ketaatan terhadap orangtua hingga kesungguhan dalam meraih cita-cita. Dengan demikian, ia telah benar-benar menerjemahkan makna “Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya” dalam hidupnya. Ini yang benar-benar membuatku bangga.

Keharuanku muncul ketika melihat dua orang yang menjadi inspirasi utama Fuadi dalam novelnya, yaitu KH. Hasan Abdullah Sahal dan Amak, ibunda Fuadi.

Seperti yang pernah kuceritakan dulu, Pak Hasan adalah salah satu guru idolaku. Beliau begitu banyak memberi inspirasi bagiku. Dalam tayangan tersebut, kembali beliau memberikan guyonan cerdas, namun bermakna dalam. Kata beliau: “Jika menjadi guru, jadilah guru yang baik. Jika menjadi polisi, jadilah polisi yang baik…..“. Sebenarnya, kalimat itu sudah sering aku dengar ketika nyantri dulu, tapi entah kenapa, begitu mendengarnya lagi kali ini, ada aliran hawa sejuk di hatiku.

Kalimat sederhana beliau itu sesungguhnya memuat konsekwensi yang tidak mudah. Untuk menjadi yang terbaik di bidang kita, dibutuhkan sebuah penghayatan yang mendalam. Jika sekedar menjalankan peran tanpa penghayatan akan hakikat dan fungsinya, niscaya hanya akan menghasilkan sesuatu yang sia-sia atau bahkan merusak. Penghayatan itu akan bisa dilakukan jika kita ikhlas menjalaninya.

Amak  Fuadi dalam dialognya menunjukkan betapa beliau tidak sekedar menginginkan yang terbaik bagi anaknya, tapi juga mengusahakannya secara maksimal, diikuti dengan doa yang tiada pernah putus. Beliau tampak begitu tulus mengantarkan anaknya ke gerbang kesuksesan. Terlihat bahwa ternyata beliau telah memiliki konsep yang jelas buat anaknya sejak awal.

Setelah melihat acara itu secara utuh, menyimak dialog demi dialog, serta merta muncul kekhawatiran dalam diriku. Akankah aku bisa menjadi manusia bermafaat bagi sesama? Dapatkah aku berbuat sesuatu yang terbaik dalam setiap peranku? Dan yang terpenting, mampukah aku menjalankan semuanya dengan penuh keikhlasan seperti yang ditunjukan Pak Hasan dan Amak…. ? Semoga saja… :)

33 comments on “aura keikhlasan

  1. Uda, saya mengambil banyak manfaat dari Surau Inyak ini lho :)
    Selalu merasa sejuk disini…

    Doa saya, kiranya semua kita menjalankan peran hidup ini penuh keikhlasan dan cinta kasih yg mendalam sebagai bakti pada Tuhan kita.

    *tertampar sendiri, mengingat saya sering mengeluhkan peran baru saya yg dijalani mulai awal tahun ini. Terima kasih sdh mengingatkan uda :)

    salam,
    Eka.

    • Terima kasih Eka atas apresiasinya…
      Aku juga doakan, semoga peran barumu itu mampu dijalankan dengan baik. Tidak banyak lho orang yang berkesempatan seperti dirimu… :)

  2. Kata beliau: “Jika menjadi guru, jadilah guru yang baik. Jika menjadi polisi, jadilah polisi yang baik…..“.

    Berlaku ngga Uda, Jika menjadi blogger, jadilah blogger yang baik hehehe

    Sayang saya tidak bisa menonton acara itu

    EM
    .-= ikkyu_san´s last blog ..Domo Arigato Mr Roboto =-.

    • Benar sekali nechan… jika menjadi blogger, jadilah blogger yang baik… kira-kira blogger yang baik itu seperti apa ya? rajin kopdar barangkali? hahaha… :D

      Tenang aja nechan, bentar lagi juga banyak beredar di youtube siaran tersebut

  3. Pingback: Tweets that mention Surau Inyiak » Blog Archive » aura keikhlasan -- Topsy.com

  4. Ada Tiga Hal Uda …
    1. Ahmad Fuadi
    Saya merinding Teman Uda ini bisa masuk ke Kick Andy … jalannya akan terbuka lebar untuk lebih bisa menebar kebaikan untuk sesama melalui tulisan-tulisannya …

    2. Kick Andy
    Sayang saya belum menonton ini …
    Mudah-mudahan ada siaran ulangannya di Hari Sabtu atau minggu ini … (check jadwal TV)

    3. Surau
    Uda …
    Jangan pernah berkata bahwa Surau ini tidak berarti …
    Surau ini bagi saya pribadi sangat berarti …
    (kalau pake bahasa saya … Meaningful Indeed !!!)
    You never know the impact of Surau Inyiak …

    Salam saya Uda …
    .-= nh18´s last blog ..DISKO =-.

    • 1. Usaha keras Fuadi mulai memberikan hasil, Om… Semoga buku keduanya segera terbit..

      2. Hari Minggu besok, pukul 15.30 bakal ada tayangan ulangnya, Om. Monggo ditonton… :)

      3. Subhanallah, saya merinding membaca apresiasi Om ini, sungguh.. Terima kasih ya Om

  5. saya nonton kick andy episode fuadi hingga tuntas. saya hanya ingin nambahi apa yg disampaikan KH Hasan : kalau mau jadi narablog jadilah narabalog yang baik :)

    • Ahai, benar sekali Guskar; jadilah narablog yang baik… :) Caranya? saya pikir sama saja, yaitu menjalankannya dengan ikhlas, sehingga mampu memberi manfaat bagi pembacanya… bukan begitu Gus? :)

  6. sayang banget razaq nggak sempat nonton acaranya
    tapi razaq baca novelnya kok
    beneran ngeinspirasi

    salut untuk uda Fuadi

    Nb: om kenal ama Ahmad Fuadi tu ya? mintain tanda tangan dong om

    • Hari Minggu pukul 15.30 bakal ada tayangan ulangnya kok Zaq, masih ada kesempatan buat nonton.. :)

      Insya Allah kalau ada kesempatan, saya akan mintakan tandatangan Fuadi untuk Razaq. Tapi, untuk sementara bagaimana kalau diwakili dulu sama si Arif? setuju…? hahahaha… :D

  7. Asslamualaikum Wr Wb…

    Sayang sekali saya tidak nonton, tapi saya sudah membaca bukunya (N5M), subhanallah sangat inspiratif!!. Terkadang suka mikir kenapa yah saya tidak membaca buku2 seperti ini sejak masih sekolah dulu, terkadang jadi merasa kurang maksimal ketika dulu belajar…Salut buat Beliau (A Fuadi), semoga kesuksesan terus menyertainya…
    .-= ritasusanti´s last blog ..Malaikat Pelindung =-.

    • Wa’alaikumussalam…

      mbak Rita, tidak ada kata terlambat untuk belajar. Kapanpun kita bisa kok membaca buku dengan beraneka genre. Insya Allah inspirasi bisa kita peroleh dari mana saja… :)

    • wah, saya juga terlewat nonton kick andy jumat kemaren. tapi hari minggu ini masih bis nonton kan.

      sempat liat teasernya di tv.. sepertinya menarik, apalagi baca postingan uda yang ini..jadi makin pengen nonton kick andy siang ini :)
      .-= anna´s last blog ..Bukan Spoiler =-.

  8. aku juga nonton & khawatir apakah mampu menjalankan tugas keseharian seperti makna namaku.,

  9. hanya satu yang saya tunggu dan perhatikan pada saat acara itu, Pak Hasan, sosok yang sangat sederhana dan penuh cinta kasih..guyonannya cerdas terkadang menyentil, apalagi saat dua institusi -polisi&hakim-yang ia sebut sedang dalam fokus persoalan di negeri ini, sentilan pak hasan menjadi hiburan bagi masyarakat terutama pengagum sastra yang membebaskan… .

  10. Subhanallah setelah nonton acara kickandy jadi pengin rasanya baca bukunya,tapi gemana ya bisa gak ana dihadiahi,kuharapkan sekali.semoga Allah mengabulkan,amien

  11. Ikhlas..kata ini mudah diucapkan namun tak mudah menerapkannya.
    Tapi membaca blognya Uda, saya yakin Uda dan Uni telah menerapkan dalam kehidupan sehari-hari…

    Saya juga membaca negeri 5 menara…sungguh indah penggambarannya, ternyata sebagai tetangga kota Ponorogo, saya belum tahu banyak tentang pondok Gontor ini.
    .-= edratna´s last blog ..Ayah ibuku seorang Guru =-.

  12. Sudah sejak dua minggu lalu aku pasang parabola yang memungkinkanku untuk nonton MetroTV, Uda.
    Sayangnya, selisih waktu antara Jakarta-Sydney tak bisa dikompromikan oleh mata alias ngantuk :)

    Nggak nonton nggak papa yang pasti nanti sesampainya di tanah air, buku ini termasuk satu buku yang kukejar :)
    .-= DV´s last blog ..Are you happy? =-.

  13. Ada tiga Hal Uda …

    #1.
    Hari Minggu Sore …
    Saya akhirnya berkesempatan menonton Acara tayangan ulangan episode Negeri Lima Menara tersebut … Sungguh luar biasa Saudara Fuadi itu 8 beasiswa di berbagai negara … Wow !!!

    #2.
    Saya sangat terkesan sekali dengan dokumentasi film yang ada didalamnya … Sungguh sangat menarik sekali mencermati … bagaimana dokumentasi foto saat drama, saat drumband, saat di kelas, saat Kyai Hasan berpidato … juga cerita mengenai Bel itu … (apa ya namanya Uda ?)
    Plus pas foto-pas foto tokoh lima menara jadul di tayangkan …

    #3. Satu hal yang pasti …
    “man jadda wa jada”

    Salam saya Uda
    .-= nh18´s last blog ..DISKO =-.

  14. bunda sangat terharu melihat Amak, benar2 ibu yg hebat dgn tak pernah putus berdoa utk anaknya.
    Ingin sekali bisa sehebat Amak.

    Inyiak telah melakukan yg terbaik melalui surau ini utk kami, krn dgn ikhlas telah berbagi kebahagiaan dan pengetahuan disini.
    Dan, Surau Inyiak masuk agenda kunjungan wajib bagi bunda
    salam hangat utk keluarga
    semoga selalu sehat
    salam
    .-= bundadontworry´s last blog ..Tanpa Kata Kata =-.

  15. saya Alhamdullilah sempet nonton walaupun nggak dr awal….
    satu hal terbesit begitu melihat yang lagi dibahas adalah Novel Negeri 5 Menara….,
    Begitu banyak inspirasi yg bisa kita gali dari kehidupan negeri ini, begitu banyak pula nilai-nilai yang patut kita jadikan contoh, dan begitu banyak hal-hal yg indah lainnya di negeri ini yang bisa kita jadikan kisah kehidupan..

    salam kenal ya Uda….

    http://ayahkuhebat.wordpress.com

  16. Saya tak henti-hentinya mengagumi buku ini Pak. Saya dibuat terkesima oleh buku ini. Mas Ahmad Fuadi berhasil membuat saya iri karena bisa bersekolah yang bagus seperti itu.

    Salam.

  17. Pingback: negeri 5 menara, the movie | SURAU INYIAK

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


6 − = 0

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>