udang jamur


Warning: Illegal string offset 'single_featured_image' in /home/hardiviz/public_html/wp-content/themes/confidence/content-single.php on line 69

azwan-vizonKetika nyantri dulu, aku tidak begitu akrab dengan Hery Azwan. Tapi, setelah menjadi alumni, justru kami sangat akrab. Jagat mayalah yang menjadi penyebabnya. Sejak tamat di tahun 1991, kami baru bertemu kembali di tahun 2006. Diawali dengan aktiv di mailing list kealumnian yang lantas membawa kami sama-sama ngeblog, ber-fb ria dan saling follow di twitter, hingga akhirnya sama-sama terlibat dalam beberapa kali reuni. Boleh dikatakan, Hery Azwan adalah salah seorang sahabat terdekatku dari sesama alumni Gontor saat ini.

Di hari Minggu, 30 Mei 2010 kemarin, aku bertandang ke rumahnya di bilangan Cakung, Jakarta. Ini kunjungan pertamaku ke rumahnya. Suasana yang nyaman, membuat aku betah berada di rumah itu. Apalagi disuguhi makan siang dengan menu yang mengundang selera. Salah satu masakan yang disajikannya adalah udang jamur saos tiram yang dimasak sendiri oleh Hery. Aih… benar-benar pandai kawanku itu memasak. Maknyus tenan….. hehehe… :D

Nah, biar sahabat narablog semua bisa merasakan enaknya masakan itu, berikut aku sampaikan resepnya yang kupinta dari Hery:

Bahan:
*Udang pancet
*Jamur kuping
*jeruk nipis setengah
*minyak goreng

Bumbu:
*bawang putih 3 siung (dikeprek dan diiris kecil)
*bawang merah: 6 siung (diiris)
*cabai hijau 3 helai (diiris)
*cabai domba 3 helai (diiris)
*garam secukupnya
*saus tiram 1 sendok makan
*kecap manis 1 sendok makan
*saus tomat 1 sendok
*lada

Cara memasak:

1. Udang dibelah tengah dng pisau agar bumbu lebih meresap dan potong kumisnya.
2. Taburi garam di udang, lalu peras air jeruk dan siramkan ke udang.
3. Panaskan minyak goreng sekitar 3 sendok makan, lalu masukkan udang. Tunggu sampai udang berubah warna menjadi merah, lalu angkat udang bersama minyak dan airnya. Sisihkan.
4. Masukkan lagi minyak goreng baru ke wajan sekitar 3 sendok makan, lalu masukkan bawang putih, bawang merah dan cabai. Tunggu sampai harum.
5. Tuang kecap, saus tiram, kecap, saus, garam dan lada. Aduk-aduk hingga merata.udang jamur
6. Masukkan udang beserta air dan minyak. Aduk hingga bumbu merata.
7. Masukkan jamur dan aduk hingga merata.
8. Makanan siap disajikan.

Bagaimana? Mudah bukan? Ok, selamat mencoba… Dan buat Bro Hery, terima kasih ya atas pertemuan kemarin itu. Sungguh, itu adalah pertemuan yang benar-benar mengenyangkan, hahaha… :D


Warning: Illegal string offset 'author_box' in /home/hardiviz/public_html/wp-content/themes/confidence/content-single.php on line 93

32 comments on “udang jamur

    • Itu fotonya sengaja dibikin berantakan, Don… biar terkesan kalau habis dilahap dengan kalap… (ngeles!) hahaha.. :D

  1. Hmmm kayaknya yummi tuh…
    tp btw, cabe domba itu kayak apa yach??

    *nglirik tetangga barangkali lg masak udang jamur saos tiram*

    oh ya, aku suka dengan frasa ini:
    “… pertemuan yang benar-benar mengenyangkan …”
    good…goood…goooooddd

    salam,
    .-= Bro Neo´s last blog ..Sumeleh =-.

    • Cabe domba…? biar ybs yang jawab ya, aku juga gak tahu, hehehe…. :D

      ssshh… kalau tetanggamu lagi masak udang jamur saos tiram, kabar-kabari ya… hahaha..

  2. hahaha, DV itu kan udah hampir habis baru keinget dipotret.

    Tapi aku percaya bahwa enak kok. Jadi aku juga nagih kapan dimasakin Bang Hery nih. Ntar kalo aku mudik ya ya ya… (Uda bantuin ngerayu dong :D )

    EM
    .-= ikkyu_san´s last blog ..Gigi =-.

  3. nyam…nyam…kebetulan banget blom sarapan dan melihat foto itu…laper :D

    uda kan udah punya resepnya, jadi kalo Ria ke jogja uda bisa makain buat Ria…hihihihi…*kalau waktu itu uni bilang ria harus minta traktir, diganti aja deh minta di masakin uda!* hohohoho :P
    .-= Ria´s last blog ..Perempuan yang kehilangan kewarasan =-.

    • don’t worry buk… tidak hanya udang jamur yang bakal kumasakin, udang-udang dasar empat lima juga, hahaha… :D

  4. Cabe domba itu cabe rawit, tapi warnanya tidak hijau. Cabe domba ini pedasnya minta ampun. Jadi sebutir saja sudah pedas. Di penjual gado2 atau ketoprak, pasti cabe ini yang dipakai. Sedikit tapi nendang.
    Btw @ime-chan dan @nh18, ayo kapan mau dimasakin kepiting dan udang. Saya siap datang ke rumah masing2 dengan membawa udang dan kepiting mentah beserta bumbu.

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jawab dulu ya pertanyaan di bawah ini sebelum kirim komentar, biar tidak dianggap spam.. :) *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>