umbul cokro


Warning: Illegal string offset 'single_featured_image' in /home/hardiviz/public_html/wp-content/themes/confidence/content-single.php on line 69

Awalnya, aku ingin mengajak keluarga liburan pada masa lebaran ini ke Baturaden di Purwokerto. Tapi, karena beberapa kendala teknis, maka rencana itu terpaksa dibatalkan. Akhirnya, kami memilih untuk liburan di seputar Jogja saja. Pilihan pun jatuh ke sebuah pemandian dan kolam renang bernama Umbul Cokro.

Umbul Cokro, sering juga disebut sebagai Umbul Ingas, terletak di desa Cokro kecamatan Tulung Kabupaten Klaten. Tempat ini cukup favorit, terkenal dengan kesejukan air dan kejernihannya, mungkin karena banyaknya pohon besar yang mengelilingi serta alur sumber mata air alami yang termasuk area kaki gunung Merapi. Pemandangan alami dan air dingin yang senantiasa mengalir dengan derasnya mempunyai dominasi kuat untuk menarik pengunjung.

Jika ingin memasuki area ini, ada dua cara; pertama, melalui jalan biasa dan kedua, melalui jembatan gantung sepanjang 25 meter yang dapat bergoyang jika dimuati lebih dari 10 orang. Bagi yang ingin merasakan sensasi goyangan yang akan memacu adrenalin dan menoreh kenangan tersendiri, sebaiknya melewati jembatan ini. Namun, karena kemarin itu aku bersama anak-anak, jadinya kami memilih lewat jalan biasa saja.


Jembatan ‘goyang’ menuju Umbul Cokro. Jangan mengaku pemberani jika belum melewati jembatan ini… ;)

Air Umbul Cokro ini benar-benar jernih, sehingga kita dapat melihat ke dasar kolam. Kejernihan air ini, dimanfaatkan oleh salah satu perusahaan air minum dalam kemasan yang cukup terkenal untuk “digarap” sebagai sumber mata air mereka. Keberadaan perusahaan air minum tersebut menurut pengakuan beberapa penduduk di situ, cukup membantu. Seluruh pekerja di pabrik adalah penduduk setempat. Kalau itu benar, maka patut diacungi seratus jempol buat perusahaan tersebut.. :D


Lihat, betapa jernihnya air ini… Sungguh, sebuah nikmat yang tiara tara… :)

Area pemandian ini terbagi dua. Bagian bawah yang merupakan tempat pemandian dengan model tradisional. Di sini, airnya benar-benar terasa dingin dan sangat jernih, dan bagian atas yang sudah dibuat lebih modern dengan fasilitas ala waterboom.


Kolam bagian bawah yang airnya sangat jernih dan dingin


Kolam bagian atas dengan fasilitas modern ala waterboom

Meski sudah memiliki beberapa fasilitas modern, tapi jangan bayangkan suasananya seperti layaknya waterboom di kota-kota besar. Di sini, para pedagang asongan bebas menggelar dagangannya di seluruh area tersebut. Jadi, setelah berdingin-dingin mandi di kolam itu, kita bisa langsung makan pisang, tahu atau tempe goreng panas di pinggir kolam. Aih… nikmatnya luar biasa.


Setelah berdingin-dingin, langsung makan gorengan panas, wuih… nikmatnya… :D

Sepertinya, tempat ini patut ditingkatkan lagi fasilitasnya oleh pihak terkait, dengan tanpa meninggalkan ciri tradisionalnya. Setidaknya, fasilitas vital seperti kamar mandi dan kamar ganti mesti menjadi perhatian utama. Terus terang, fasilitas yang satu itu, masih tergolong sangat minim dan kurang baik.

Kami tidak bisa berlama-lama di situ. Di samping suasananya yang ramai sekali, cuaca juga sudah mulai mendung. Kami pun kembali ke Jogja untuk melanjutkan lagi petualangan keesokan harinya dan berjanji untuk kembali lagi ke tempat ini suatu saat kelak.. :)

.

Sumber bacaan dan foto: ini dan itu


Warning: Illegal string offset 'author_box' in /home/hardiviz/public_html/wp-content/themes/confidence/content-single.php on line 93

26 comments on “umbul cokro

  1. Ndak disangka juga ya Klaten punya sumber mata air. Padahal scara geografis, Klaten termasuk daerah landai yang jauh dari gunung.

    Kalau saya malah pernah berkunjung di daerah Janti, Polanharjo, Klaten. Disana ada pemancingan dan ada juga umbulnya.

    • ini daerahnya klaten bagian utara Wij. posisinya dekat dengan boyolali. wajar saja sih sebenarnya kalau tulung dan sekitarnya memiliki sumber mata air yang banyak, karena sesungguhnya mereka berada di kaki gunung merapi… :)

  2. Ahhh …
    Nikmat sekali Uda …

    Airnya mungkin sama seperti air-air di pemandian lainnya …
    namun bercengkerama dengan seluruh keluarga … itu .. itu yang tidak akan ternilai harganya …
    tak akan terukur nikmatnya …

    Saya tersenyum sepanjang postingan uda …
    membayangkan kebahagiaan Uda sekeluarga

    Salam saya Uda

    • benar sekali, Om…
      kebersamaan dengan keluarga itu adalah sesuatu yang jauh lebih istimewa dibanding umbul itu.
      terima kasih, Om…
      semoga Om sekeluarga juga merasakan kebahagiaan yang sama dengan kami :)

  3. Wah edan, Cokro Tulung sekarang ada Waterboomnya???

    Dulu waktu kecil aku sering banget diajak ke Cokro, Uda. Rumahku kan di Klaten jadi dekat sekali ke sana meski akhir-akhir sebelum aku pindah ke Jogja aku lebih sering ke Pluneng karena jaraknya lebih dekat ke Klaten.

    • iya tuh Don, kampungmu sudah semakin modern sekarang, bentar lagi bisa kalah sydney, hahaha…
      ayo, jangan lupa akhir tahun nanti ajak odie menelusuri kampung ayahnya, termasuk cokro tulung ini … :)

  4. Udaaaaaaaaaaaa aku cuma mau komentar satu
    makan gorengan panas setelah berdingin-dingin!!! huh… bikin ngiri……….. mauuuuuuuuuuu….

    wkt mudik kemarin cuma satu kali makan gorengan dibelikan KK sambil nunggu Danny ganti band mobil kempes gara-gara paku dalam perjalanan ke Tanjung Lesung! emang nikmat tuh gorengan.

    • hahaha… itulah istimewanya tempat ini Nechan, bisa makan gorengan di pinggir kolam. Gak seperti waterboom di kota besar, gak boleh bawa makanan sendiri dan makan di pinggir kolam, makan harus di cafe yang disediakan… :D

      btw, waktu si danny ganti ban mobil, kukunya rusak gak? huahaha…. :D

  5. aku kok jadi ikut2an senyum bahagia, membayangkan bahagianya Inyiak dan keluarga berlibur di tempat yg indah dan asri ini.
    :)
    lihat jembatan gantungnya kayaknya langsung deg2an deh Nyiak…….. serem sangat, sungguh………
    salam hangat utk keluarga ya Nyiak.
    semoga selalu sehat.
    salam

    • Iya Bunda… kesempatan liburan bareng keluarga ini memang jarang terjadi. Ketika kesempatan itu ada, maka harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya…. :)
      Salam kembali Bunda

  6. dari Blognya kakek NH… Oyen mampir di mari

    salam kenal Pak, hohoho seru amit liburannya…
    Blogger Jogja ya, sayang kemaren gak ikut kopdaran sama Paklik Guskar…

    belon pernah kesana… semoga kapan2 bisa kesana… makasih inpohnya :)

  7. saya juga pernah ke sana Uda..
    pasti asik banget tuh bisa nyemplung ke air yang seger begitu.. nampak jernihhhh.. banget.

    kebetulan ketika ke sana, karena suatu dan lain hal saya nggak nyemplung…cuma ngliat aja.. + sempat makan gorengan aja.

    wah, jadi pengen ke sana dan nyemplung.

  8. Ahhh…..

    Kok aku belum pernah dengar kolam renang itu sih?? *emang-dasar-warga-Jogja-coret*

    Maaf lahir batin ya, Uda. Mohon maaf atas segala khilaf dan kesalahan :)

    • Kalau umbul-nya sudah ada lama Reva, tapi waterboomnya baru awal tahun kemarin diresmikan… :)

      Sama-sama Reva, maaf lahir batin juga ya…

  9. Klaten saya hanya melintas saja saat perjalanan ke Jogya atau Purwokerto.
    Pernah menginap di Baturaden, penerima tamunya banyak sekali..semua nawarkan menginap di vilanya..duh sampai bingung melayani mereka.

    Klaten ternyata juga punya wisata yang bagus ya mas.

    Sekali-kali mbok mengisi artikel wisata di Blog saya Plesiran mas.( http://www.eyankcholik.info )

    Salam hangat dari Surabaya

  10. Wahh ada di Klaten ya….kayaknya nikmat banget deh lihat Uda berendam bersama keluarga.
    Iya Uda, sering dilupakan pada area wisata adalah kamar mandi yang bersih..apalagi jika ada fasilitas pemandian seperti Umbul Cokro ini.
    Semoga fasilitas ini diperhatikan oleh yang berwenang sehingga semakin banyak yang bisa menikmati area wisata ini.

    • Persoalan yang jamak terjadi pada sarana publik kita adalah pemeliharaan. Untuk membangun barangkali bagi kita saat ini sudahlah tidak terlalu sulit, tapi untuk memelihara dan menjaganya agar tetap fungsional, masih belum dilakukan secara baik..

  11. aha! saya punya kenangan ke cokro tulung ketika masih sekolah dulu.
    sehari sebelum puasa ramadhan, rame2 bersama teman2 melakukan “padusan” di sana :)
    **membaca postingan Uda ini, sy jd tahu kondisi terkini cokro tulung. ada waterboom-nya ya :)

  12. Gambar-gambarnya indah, Uda .Tidak hanya indah pemandangannya, tapi juga indah kekaraban kalian semua di sana.

    Menurut Yessy, entah kita pergi kemanapun, selama dengan orang-orang yang kita sayangi, akan tetap bahagia.

    O ya, kemarin Siy, Yessy ajak Tangguh berenang di kolam renang Samudra Atlantis Ancol saja, uda :) Dekat dari rumah :P

  13. jadi ingat waktu kecil, bersama temen2 sekolah rombongan dari smp tiap pekan latihan renang ke cokro dengan pelatih pak darno guru olah raga atau pak gentur guru bing

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jawab dulu ya pertanyaan di bawah ini sebelum kirim komentar, biar tidak dianggap spam.. :) *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>