minuman sampah


Warning: Illegal string offset 'single_featured_image' in /home/hardiviz/public_html/wp-content/themes/confidence/content-single.php on line 69

Jika Anda berkunjung ke Imogiri, Bantul, jangan lupa untuk mencicipi minuman khas daerah itu. Namanya “minuman sampah”. Seram amat ya namanya? Hahaha… :D Tapi, jangan sekali-sekali anda tanyakan “minuman sampah”, orang sana tidak akan memahaminya. Coba tanyakan “wedang uwuh”, kontan semua orang akan paham.

Ya, wedang uwuh adalah minuman khas Imogiri yang terdiri dari berbagai jenis herba antara lain rimpang jahe, serutan Wit kayu secang, serutan kayu manis, cengkih, dan daun pala. Kadang ditambahkan pula batang sereh atau daun jeruk. Bisa juga dibubuhi gula batu atau gula merah.

Cara penyajiannya adalah semua bahan-bahan tadi dicampur secara utuh dalam gelas, kemudian diseduh dengan air panas. Sehingga, jika dilihat akan tampak seperti kumpulan “sampah” di dalam gelas minuman kita. Oleh karena itulah dinamakan “uwuh” yang berarti “sampah”.

Tapi, jangan khawatir, minuman sampah ini sangatlah menyehatkan. Berikut aku kutipkan dari tulisan di Kompas:

Dr Michael dari Herbacure menilai, berbagai kandungan bahan dalam wedang uwuh jika diuraikan satu per satu memang memiliki manfaat beragam. Manfaat itu terutama untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan memperlancar aliran darah.

Serutan kayu manis dan cengkih, dijelaskannya, adalah herba yang bersifat hangat, juga bisa memberikan aroma sekaligus sensasi rasa yang unik. Daun pala yang mengandung saponin, polifenol, dan flavonoid bermanfaat untuk menghilangkan nyeri, meredakan perut mulas karena masuk angin, melancarkan sirkulasi darah, dan mengatasi gangguan pada lambung.

Komponen penting lain dalam wedang uwuh adalah secang. Herba yang biasa disebut kayu secang (Caesalpinia sappan) ini telah lama dikenal sebagai bahan ramuan untuk mengobati berbagai penyakit, seperti sifilis, batuk darah, dan radang.

Kayu secang juga dapat dipergunakan sebagai campuran untuk minuman kesehatan dan penghangat badan. Penelitian yang dilakukan di Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, mengungkapkan bahwa secang memiliki kemampuan antioksidan, antikanker, memperlancar peredaran darah, dan melegakan pernapasan.

Terakhir, gula batu sebagai pelengkap untuk memberikan rasa manis, tanpa membuang aroma sekaligus rasa asli bahan-bahan ramuan ini.

Penasaran ingin merasakan minuman ini? Cara membuatnya gampang saja kok. Semua bahan yang disebutkan tadi diseduh saja dengan air panas. Aromanya akan sangat kuat terasa dan warnanya akan cokelat kemerahan. Bahan-bahannya sangat mudah didapat di warung-warung penjual rempah-rempah.


Wedang Uwuh siap saji di etalase warung warga setempat


Wedang uwuh siap dinikmati… Yang dibungkus itu untuk dibawa pulang, biar bisa dinikmati juga di rumah :)

Kalau mau praktis, tinggal beli yang sudah dikemas. Cuma Rp. 1.500 per bungkus. Tapi, adalah jauh lebih nikmat jika menyeruputnya langsung di daerah Imogiri dengan udaranya yang sejuk. Sungguh, sebuah perpaduan yang benar-benar pas.

Lha, ini kok aku ujug-ujug promosi minuman sih? Ahai… ini ada ceritanya. Kemarin, Minggu 19 Desember 2010, aku jalan-jalan ke Kebun Buah Mangunan, di Imogiri. Mau tau ceritanya? Di postingan selanjutnya ya…

Stay chun ya chuuuunn…. (Om Nh mode: ON) :D


Warning: Illegal string offset 'author_box' in /home/hardiviz/public_html/wp-content/themes/confidence/content-single.php on line 93

28 comments on “minuman sampah

  1. iya aku udah liat fotonya di FB.
    Imogiri yah…
    hmmm pengen coba wedang uwuhnya. Aku ngga begitu suka bandrek, tapi sekoteng suka.
    Pedes ngga ya?
    Kapan ya aku bisa sampe ke Imogiri?

    EM

    • Pedes jahenya tidak terlalu kuat, aroma rempahnya sangat terasa. Jauh deh dari bandrek, hehehe… :)
      Semoga suatu saat kita bisa ke Imogiri Nechan..

  2. Wedang uwuh ini masuk dalam daftar kuliner unik Jogja, seperti juga kopi jos Lik Man (kopi yang dimasuki bara menyala). Dua-duanya saya belum pernah mencoba. Tapi kalau yang wedang uwuh, kayaknya bisa membayangkan rasanya :)

    Sekarang banyak dijual minuman-minuman tradisional yang dikemas bagus di toko oleh-oleh khas Jogja. Menarik buat bingkisan …

  3. Wedang Uwuh ?
    Saya baru tau nih Uda …
    Saya belum pernah tau sebelumnya apa lagi mencobanya …

    sepertinya ini minuman yang berkhasiat untuk menghangatkan badan ya Uda ?

    Kapan-kapan saya mau coba ah …

    Salam saya Uda …

  4. Hehehe, salah sebut wedang uwuh jadi wedang uyuh, artinya jadi berbeda sangat jauh :D

    Saya juga suka wedang uwuh Uda, jahenya bikin hangat, warna merah dari kulit pohon secang bikin menarik. Kalau jahenya dibakar dulu dan diserut, hmmm…tambah nikmat :D

    He? Kebun Buah Mangunan? ke hutan pinus juga kah Uda?

  5. saya dah ngerasain beberapa minggu lalu di balitro bogor wah pokoke nikmat enak banget. Kalo diminum pagi atau sore hari di udara yang sejuk sangat pas pak.

  6. uda vizon, ini sekedar sharing aja :)
    dongeng yang pernah saya dengar ketika sekolah di jogja dulu, wedang uwuh ini konon sudah ada sejak sultan agung. saat itu ia sedang mencari lokasi untuk kompleks pemakaman, dengan cara semedi di malam hari di sekitar bukit merak imogiri. krn kedinginan, ia minta abdinya utk membuatkan wedang secang utk menghangatkan badan.
    sang abdi menaruh wedang secang di dekat sultan agung yang sedang semedi, angin kencang menggugurkan daun2 dan bbrp di antaranya masuk ke minuman wedang secang itu.
    sultan agung meminumnya dan dampaknya mengejutkan sultan agung. ia menjadi segar bugar..

  7. warnanya mirip seduhan tempayang kalau di Bukittinggi.

    tempayang buat redakan panas dalam, klo udah diseduh mirip ‘uwuh’ juga hehehe.. karena banyak campurannya :D

  8. Di dekat rumah pernah liat ada warung yg di spanduknya jual wedang uwuh. Seperti itu ya bentuknya. Kapan2 dicoba deh. Kl wedang secang udah nyoba pas ke jogja.

  9. Di dekat rumah pernah liat ada warung yg di spanduknya jual wedang uwuh, barengan dgn oseng2 mercon. Seperti itu ya bentuknya. Kapan2 dicoba deh. Kl wedang secang udah nyoba pas ke jogja.

  10. Hmmm….maknyus Uda… Pedes2 hangat….
    Wuih, jadi kangen sama minuman tradisional ini…
    Pernah sy posting jg di sini Uda:
    blog-punya-tt.blogspot.com/2009/05/wedang-uwuh.html

    Mangga sami diunjuk wedang uwuhipun… :)

  11. Saya pernah ke Imogiri puluhan tahun yang lalu bang tapi mungkin belum ada wedang ini.

    Kayaknya bikin badan jadi seger dan anget nich. Sudah dibuat saset-an bang ? Kalau ada kan bisa beli di toko.

    Salam hangat dari Jombang

  12. ..
    Aku Belum pernah nyoba Uda, tapi bisa lah ngebayangin rasanya..
    Pasti maknyozz.. :-)
    ..
    Kalo wedang secang sih sering minum..
    ..
    Ditunggu postingan plesirannya.. ;-)
    ..

  13. Semalem pas makan ehhhh ada menu wedang uwuh ini….langsung beli deh, penasaran sama yg ditulis uda….

    Eh, anak-anak suka banget, ga nyangka mereka suka.

    Harganya 4000…pas ujan pula…nyam nyam…anget deh.

  14. Pingback: Ayam Goreng Kremes n Bakar Bu Lies | Belajar dari anak-anak

  15. Saya membayangkan…wedang uwuh itu tepat untuk diminum saat-saat seperti ini, karena hujan terus menerus turun dan hawanya dingin.
    Bahkan di Jakarta pun terasa dingin

  16. Aduh…. rempah2 itu semua punya aroma dan rasa yang kuat sekali.. :|
    Gak bisa ngebayangin gimana rasanya kalo semua digabung. Pasti aromanya kuat sekali. :)

  17. Hm Hm, klo di Makassar ada minuman rempah2 khas klo liat review diatas mungkin rasanya mirip2 gitu, namanya sara’ba :D, pas banget diminum klo musim ujan gini..

  18. Nah, jadi kapan Uda mengajakku ke sana untuk mencicipi “minuman sampah” itu? Hehehe.

    Stay chun ya chuuuunn…

  19. “Wedang Uwuh Angkringan Jogja”

    Minuman ramuan tradisional terbuat dari 100% rempah alami yang sudah turun temurun sejak zaman Raja-raja Mataram.

    “Wedang Uwuh” merupakan minuman tradisional alami khas Jogjakarta yang terbuat dari rempah-rempah alami dengan aroma menyegarkan serta cita rasa rempah herbal unik & nikmat, juga kaya akan khasiat untuk kesehatan.

    Sejak zaman nenek moyang terdahulu, bahan ramuan “Wedang Uwuh” dipercaya dapat meringankan serta mencegah masuk angin & batuk ringan, melegakan tenggorokan, memperlancar peredaran darah, menghilangkan nyeri, capek, pegal, kembung dsb.

    Saat ini ramuan“Wedang Uwuh Angkringan Jogja” makin digemari & banyak dikonsumsi untuk menghangatkan badan, menjaga kebugaran serta vitalitas.

    Profil Angkringan Jogja

    Produsen “Wedang Uwuh“ bermerk ”Angkringan Jogja” minuman kesehatan Tradisional khas Jogjakarta yang terbuat dari bahan 100% rempah-rempah alami dikemas dengan Kantung Kertas Klasik berupa Sachet & Tas : Instan, Racikan, Celup & Sirup.

    Untuk pemesanan produk, kerjasama Distribusi & Agen di seluruh Indonesia hubungi :
    – 081392977979 ( Telkomsel )
    – 081904131899 ( XL )
    – 02747849189. ( Flexi )
    – 0101702747849189. ( Flexi untuk luar kota Jogja, tariff Rp 100,-/menit)

    Website : http://www.angkringan-jogja.com

    Email & FB : angkringan_jogjakarta@yahoo.co.id

  20. “Wedang Uwuh Angkringan Jogja”

    Traditional herb drinks made from 100% natural herb that has been handed downsince the time of the Kings of Mataram.

    “Wedang uwuh” is a typical natural traditional drink made from Jogjakarta natural spices with the aroma of fresh herbs and spice flavors unique & delicious, is also rich in benefits for health.

    Since the days preceding ancestors, the ingredients of “Wedang uwuh” is believed to relieve and prevent colds and mild cough, throat, accelerate blood circulation, relieve pain, fatigue, aches, bloating, etc..

    Currently herb “Wedang uwuh Angkringan Jogja” increasingly popular and widely consumed to keep warm, maintaining fitness and vitality.

    Angkringan Jogja Profile

    Manufacturers’ Wedang uwuh “branded” Angkringan Jogja “Traditional health drink made from Jogjakarta typical ingredients 100% natural spices packed withPaper Pouch Sachet & Bag Classical form: Instant, Racikan, Bags & Syrup.

    To order products, cooperation Distribution & Agents throughout IndonesiaContact:
    – 081392977979 (Telkomsel)
    – 081904131899 (XL)
    – 02747849189. (Flexi)
    – 0101702747849189. (Flexi for outside the city of Yogyakarta, the tariff of Rp100, -/minute)

    Website: http://www.angkringan-jogja.com

    Email & FB: angkringan_jogjakarta@yahoo.co.id

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jawab dulu ya pertanyaan di bawah ini sebelum kirim komentar, biar tidak dianggap spam.. :) *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>