kebun buah mangunan


Warning: Illegal string offset 'single_featured_image' in /home/hardiviz/public_html/wp-content/themes/confidence/content-single.php on line 69

Sebagai kegiatan penutup pelajaran di semester ini, sekolahannya putriku Satira mengadakan perkemahan bagi siswa kelas 5 dan 6. Lokasi yang dipilih adalah Kebun buah Mangunan di daerah Dlingo, Imogiri, Bantul. Acara tersebut dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu, 18-19 Desember 2010 yang lalu.

Kakak pembina Pramuka Satira menyarankan kami untuk mengunjungi tempat itu. Katanya, lokasinya sangat bagus. Jadilah akhirnya kami putuskan untuk berangkat pada hari Minggu pagi sambil menjemput Satira pulang pada siang harinya.

Sabtu malam, hujan turun sangat deras. Sempat khawatir dengan keadaan anak-anak di perkemahan itu. Mengingat, lokasinya berada di ketinggian, tentulah sangat rawan licin dan dingin sekali. Tapi, buru-buru kekhawatiran itu kami tepis. Toh, sudah ada kakak-kakak pembina dan guru-guru yang mendampingi. Pastilah mereka akan menjaga anak-anak dengan baik.

Minggu pagi, kamipun berangkat secara berombongan. Gerimis masih mengguyuri, udara terasa dingin. Beberapa kali kami nyasar. Tapi, berkat petunjuk dari penduduk setempat, akhirnya kami sampai juga di lokasi.

Kebun buah Mangunan, adalah sebuah lokasi agrowisata yang terletak di kelurahan Mangunan, kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Resmi diluncurkan pada Januari 2010 yang lalu. Kebun dengan luas sekitar 23,5 ha ini sangat nyaman untuk bersantai karena berada di sisi-sisi perbukitan Desa Dlingo dan dilewati oleh kelokan aliran Sungai Oya.

Di tempat ini, terdapat area yang dapat digunakan untuk kemah, mancing atau pun hanya sekedar bersantai. Bahkan wisatawan dapat memetik buah saat sedang musim buah hanya dengan membayar sesuai tarif yang telah di tentukan oleh pengelola. Ada aneka pohon buah di situ, antara lain rambutan, mangga, jeruk dan durian. Namun sayang, itu semua tidak bisa kami nikmati, karena hujan yang terus mengguyur lokasi tersebut. Bahkan, anak-anak pun lebih banyak berkegiatan di dalam aula yang terletak tidak jauh dari lokasi perkemahan mereka.


Karena hujan, kemah-kemah ini tak terpakai, kegiatan pun dipindahkan ke aula

Menjelang Zuhur, hujan pun reda dan cuaca mulai cerah. Kesempatan itu pun kami gunakan untuk menikmati salah satu sudut favorit di lokasi itu, yaitu “Jurang Indah” atau gardu pandang. Yakni, sebuah lokasi yang telah dipersiapkan sedemikian rupa sehingga para pengunjung dapat melihat pemandangan yang sangat indah.

Karena baru saja hujan, tentulah masih banyak kabut yang menutupi. Namun, itu justru memberi pemandangan yang menakjubkan. Kami seolah berada di Negeri di Awan, hahaha… :)


Anak-anak berkemah, orangtua berkesempatan untuk narsis-narsisan, haha… :D

Secara umum, kebun buah ini sangat bagus dan menarik untuk dijadikan alternativ liburan bagi keluarga. Namun, secara sepintas, kulihat bahwa kebun ini kurang terkelola dengan baik. Terlihat dari beberapa fasilitas yang tak terawat. Mungkin butuh perhatian yang lebih dari Pemda Bantul agar area agrowisata ini benar-benar bisa jadi andalan dan mendatangkan manfaat yang besar bagi sekitarnya.

Karena tidak bisa berkeliling lantaran hujan, berikut aku berikan gambar-gambar yang kupinjam dari kotabantul dotkom. Cekidot.. :)


Aneka fasilitas di kebun buah Mangunan

Satu sisi, aku memang kecewa karena tidak bisa menikmati secara utuh berbagai fasilitas di kebun itu, tapi di sisi lain aku senang, karena ada alternatif yang menarik untuk mengajak anak-anak berlibur, suatu saat kelak.

Anda ingin ke sana? Monggo… :)


Warning: Illegal string offset 'author_box' in /home/hardiviz/public_html/wp-content/themes/confidence/content-single.php on line 93

17 comments on “kebun buah mangunan

  1. Paling bagus disana memotret bukit-bukit yang disinari matahari pagi, seperti foto yang ada di artikel blog saya Uda :)

    Pemandangannya memang indah, namun sayangnya sepi dan tak terawat. Mungkin karena lokasinya yang relatif terpencil, jadi tidak banyak diketahui orang ya?

  2. foto pertama yang kiri atas mengingatkanku pada foto di Tangkuban Perahu, Jabar.

    Persami…. dulu aku pertama kali ikut persami (perkemahan sabtu minggu) dlm acara pramuka juga hujan. Kami tetap tidur di atas genangan air! Pengalaman tak terlupakan.

    Meskipun aku bisa memasang tenda, masak dgn peralatan minim, bisa membuat peta pita, morse dsb, aku tahu bahwa aku bukan “outdoor type”. Untuk pengalaman bolehlah, tapi…not as a hobby.
    Dan Gen juga begitu :D. Ingin sih nanti musim panas ajak anak-anak untuk camping…hihihi

    EM

  3. Ahaaa …
    Ini yang uda ceritakan kemarin di kolom kometar saat si Bungsu Homestay.

    Tempatnya bagus sepertinya
    namun sayang hujan turun ya Uda …
    Jika tidak mungkin anak-anak bisa lebih optimal berkegiatan di alam

    salam saya Uda …

  4. enak banget kelihatannya…mungkin suatu saat saya akan anak2 kesana kalau mampir ke daerah yogya. Bosan khan kalau ajaknya ke mall lagi…

    salam kenal pak….

    *kalau ga keberatan…kita tukeran link pak?*

  5. wah.. klo tidak hujan.., anak2 pasti seneng banget maen2 di sana ya Uda .. tempat yang pas banget buat berkemah… luas… sejuk… pemandangannya juga indah..

  6. Wahh tempatnya menyenangkan ya kayaknya…apalagi jika tak hujan.

    Betul kata EM, foto pertama, kiri, mirip di Tangkuban Prahu….kalau dibuat lomba bisa terjebak menjawabnya.

  7. Wah … saya baru tahu ada areal perkemahan ini di Bantul. Kalau melihat foto-fotonya, seperti di Kaliurang ya (soalnya di perbukitan dan ada kabut).
    Semoga suatu saat saya bisa sampai ke sana juga.

  8. Wow… ada lokasi kebun buah di dlingo??

    luar biasa… dulu (waktu jaman SMA-kuliah) daerah dlingo terkenal daerah yang agak gersang, bertanah kapur… (atau ini bagian lain dari Dlingo yg itu??)

    salam,

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jawab dulu ya pertanyaan di bawah ini sebelum kirim komentar, biar tidak dianggap spam.. :) *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>