baralek gadang…!

Baralek Gadang dalam terminologi Minangkabau berarti pesta besar. Yakni, sebuah perhelatan yang digelar dalam rangka menyambut sebuah momen penting dalam hidup. Bisa karena terjadinya sebuah pernikahan, atau kelahiran, dan mungkin juga karena kesyukuran mendapatkan sebuah anugerah. Aneka kegiatan digelar dalam acara tersebut. Intinya adalah, berbagi kebahagiaan dan kegembiraan dengan penuh suka cita.

Blogku yang bertajuk “Surau Inyiak” inipun sebentar lagi akan menjelang hari pentingnya, yakni hari jadinya yang jatuh pada tanggal 11 Juli 2011 mendatang. Kenapa 11 Juli? Ah, sebagian sahabat tentu sudah tahu sebabnya bukan? Kalau belum tahu, monggo dibaca tulisanku dengan judul “11 Juli“. ;)

Nah, dalam rangka menyambut kedatangan hari bersejarah itu, aku akan menggelar acara “Baralek Gadang” di sini. Selayaknya sebuah pesta, suguhan terbaik tentu akan disediakan oleh tuan rumah. Akupun sudah mempersiapkan suguhan tersebut. Suguhan yang insya Allah akan terasa sangat nikmat di hati dan pikiran sahabat semua. Mengapa? Karena suguhan tersebut diramu oleh sahabat-sahabat terbaikku dengan penuh cinta. :) 

Ya… secara khusus, aku meminta beberapa sahabat narablog yang kukenal di awal-awal aku ngeblog untuk meramu tulisan terbaik mereka dan menyuguhkannya kepada sahabat semua di Surauku ini. Mereka adalah penulis-penulis dengan talenta dan ciri khas yang sangat kuat. Sebagian dari mereka sudah jarang aktif di jagat perblogan, dan sebagian masih sangat eksis. Dengan sepenuh hati, mereka meramu tulisan terbaik mereka dengan tajuk “Ayah”.

Ayah? Kenapa pulak dengan ayah?

Tulisan sahabat-sahabatku itu semuanya bertemakan ayah. Mereka menulis dengan ciri khas masing-masing dan menyampaikan opini mereka tentang ayah. Tema itu sengaja kupilih, karena minggu ketiga Juni merupakan peringatan Hari Ayah Internasional. Sebagai upaya untuk berpartisipasi dan sekaligus memperbanyak wacana tentang keayahan, maka tema itu kupilihkan.

Siapa sajakah sahabat-sahabat yang akan menyuguhkan tulisannya untuk kita semua? Rahasia tentunya, hahaha… Yang jelas, ini adalah sekaligus ajang “reuni” sahabat-sahabat lamaku itu. Mereka narablog yang sudah cukup lama kukenal dan pada kesempatan kali ini “kupaksa”  untuk kumpul di sini dan bersama-sama menikmati sejenak indahnya blogging… :)

Lantas, apakah sahabat yang lain tidak bisa berpartisipasi? Justru di sinilah letak kejutan yang kujanjikan pada postingan kemarin yang berjudul “lima tahun lalu“. Aku sangat mengharapkan partisipasi dari sahabat semua, dengan cara memberi komentar pada masing-masing tulisan yang akan mulai kutayangkan pada 1 Juni 2011 secara berkala. Silahkanlah berkomentar sebanyak dan sebaik yang anda inginkan. Karena, aku akan pilih 5 komentator terbaik untuk mendapatkan cinderamata terbaik dariku.

Apa cindera mata yang akan kuberikan buat 5 komentator terbaik itu?

This is it……!!!!

Ya… aku akan menghadiahi buku “Dear Papa” jilid 6 yang berisi tulisanku dan tulisan beberapa narablog lainnya, yang akan aku umumkan pada puncak perayaan hari jadi Surau Inyiak ini, pada 11 Juli 2011 nanti. Tentang buku ini, bisa sahabat baca ulasannya di tulisanku berjudul “Surat Untuk Papa“.

So… tunggu apa lagi? Mari kita berpesta, baralek gadang, ala narablog….! :D

Dan bagi sahabat-sahabatku yang telah bersedia menyuguhkan tulisan mereka dalam rangka perhelatan ini, aku haturkan berjuta terima kasih. Aku tahu, kesibukan kalian sungguh tak dapat dipungkiri. Tapi, demi persahabatan kita, kalian bersedia melakukannya, walau harus dengan mencuri-curi waktu. Sungguh, aku sangat tersanjung… Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa menganugerahi kebahagiaan dan kesejahteraanNya untuk kita semua… Ok, let’s go reunion buddies:)

 

83 comments on “baralek gadang…!

    • Haha… iya Kak, ini dia yang saya janjikan kemarin itu :)
      Yang akan menjadi penyaji suguhan pertama di tanggal 1 Juni nanti orangnya cukup misterius, halah!
      Yang pasti, beliau seorang penulis yang aduhai :)
      Tungguin ya Kak…

  1. Ai-ai-ai… Uda menggelar pesta rupanyo. Sebulan penuh! Rendangnyo tak ketinggalan kan, Da? Ndak boleh absen itu. Wajib hukumnya.

    Semoga lancar gelaran hajatnya, Da.
    *cari kemeja batik*

      • Hahaha. Punya dong… Masa’ nggak punya. Wajib punya itu. Sewajib suguhan rendang di pesta Uda ini :D

        • hmmm… sepertinya si Penganyamkata ini bakal kupakaian taluak balango (topi para datuak) itu nechan… biar tambah gagah dan memesona para padusi di surauku, hahaha….

          rendang..? jangan takut, kisanak… ada banyak; mau rendah jenis apa saja, kita sediakan, asal kau bersedia bersenandung barang sebait dua bait di pesta ini ya :D

    • Untuak DM Si Penganyam Kata Bolehlah pakai sarawa galembong jo pakaian randai nan longga. Pasti keren seperti pendekar. Apalagi kalau pakai kaca mata hitam yang bagian sebelahnya dibuang kacanya. Mirip: Si DM dari Goa Hantu….

        • Haha! Aku kok jadi didandanin begitu rupa oleh dua pria ini, ha? :D

          Uda Zul apa kabar? Sehat saja kah? Lancar semua ya… :)

  2. Siaaappp menyimak uda …

    Ada baralek atau tidak … Saya selalu rutin berteduh di surau inyiak ini

    Salam saya uda

      • Orang Jakarta bilang …
        SSiiiaaaapppp …

        or kalau Orang Minang bilang …
        Jadiiiiiiii ….!!!

        atau kalau orang Riau bilang …
        Suai …. !!!
        (eh gitu ya Da … ekspresinya … lupa saya …)

        :) :) :)

  3. *setrika jas utk baralek gadang*

    wah jadi malu nih, main kerumah uda saat pesta saja… rasanya sdh lama sekali aku tidak mampir ke surau ini *maap uda*

    ditunggu hidangan-hidangannya…

    *nyingkirin timbangan*

    salam,

    • Tenang Bro… suguhan di sini sudah melewati seleksi tim gizi yang sangat ketat. Jadi, kalaupun dihabiskan semuanya, gak bakal menambah berat badan kok… *ngikikdipojokan*

  4. Ya Allah Uda, merinding Meity baca tulisan diatas. Teringat tetesan air mata saat membaca setiap surat yang masuk, Uda. Dan Meity bersyukur banget Allah tunjukkan bahwa I’m not alone!

    • Terima kasih Meity sudah menggagas penulisan buku Dear Papa. Sungguh, tanpa gagasan brilliant dari Meity dan Lala, entah kapan aku akan berani menuliskan surat seperti itu untuk Papa… :)

  5. salam kenal,
    wah ada apa nanti ya di tgl 11 juli.

    Klo inyong ngucapin sekarang terlalu lama. klo ngucapin sekarng berarti inyong yang pertama ngucapi. biasanya yang paling pertama ngucapi dapaat doorprice.

    • Salam kenal kembali Ude Baha… :)

      Boleh, boleh dicicil dari sekarang ngucapinnya, nanti doorprice juga bakal dicicil, hahaha…

  6. Terima kasih atas undangan menghadiri acara “baralek gadang” tu Uda.

    Kalo yang lain pake batik, Ambo nak pakai Tikuluak Tanduak, biar mirip sama Puti Bungsu :D

    • Terima kasih kembali Dewi, sudah bersedia menghadirinya…

      Tikuluak tanduak ada banyak stoknya..
      Ayo silahkan dipilih yang paling kinclong, hehe.. :)

  7. *hosh hosh hosh…capek baru balik dari client…*

    Anyway,

    Yessy berterimakasih karena sudah diajak meramaikan pesta ini uda :)

    Dan turut senang bisa merayakannya bersama dengan rekan-rekan yang lain :)

    • *sodorkan fa**gon buat Yessy* ;)

      Aku juga sangat berterima kasih Yes, sudah bersedia ikut memeriahkan pesta ini… Senang rasanya bisa kumpul-kumpul lagi kayak dulu… (halah emangnya pada kemana?) :D

  8. buru2 ke pasar cari jilbab dan baju kurung baru nih Nyiak, jangan sampai ketinggalan undangan ka pai ka baralek gadang :)
    gak pakai songket khan boleh ya Nyiak :D :D :D
    salam

    • Kalau gak sempat beli baju kurung yang baru, yang lama juga boleh Bunda. nanti mintal tolong si Putri untuk tambahkan payet dan renda-renda, biar terlihat gemerlap… Boleh saja gak pake songket Bunda, tapi jangan pake karung ya, dimarahin Putri nanti, hahaha… :D

      • siappp inyiakkk,,,
        siap nungguin baralek gadangnnya…

        buat bunda mah..jangankan payet,,,
        bordiran juga di jahitin….

        boleh pake baju bebas gak inyiak,, :D :D :D
        kemarin waktu aku pulang kampung…
        ke baralek pake jins sama baju kaos,,di omelin ama para tetua.. :D :D :D
        *curcol…*

        disini dress codenya apa inyiak,,,

  9. Wahh asyik Uda…tak sabar mau hadir ke pestanya….tak harus pakai batik, boleh pakai celana panjang….duduknya lesehan kan Uda?

  10. Sebuah pesta yang unik dan menarik. Bismillahirrohmanirrohim, semoga bila tiba pada masanya, akan ada kata-kata bermakna yang dapat kutorehkan di kolom komentar. Insya Allah. Semoga sukses hingga baralek gadang sampai pada puncak acaranya. Amin

  11. uda vizon, saya tunggu penyaji pertama yang bertema ayah ini tanggal 1 lusa… ikut memeriahkan baralek gadang dengan terus melihat penyaji selanjutnya :)

  12. Pingback: Bagoyang Basamo di tanah Minang |BlogCamppost

  13. Malam Malam Bainai Ya mamak
    Malam Malam Bainai Yo Sayang
    Anak Dari Yo Mamak Jo marapulai..

    Ini lagu minang asli tentang betapa indahnya BARALEK GADANG alias pesta besar…

    Jadi tidak sabar menunggu nya wkwkwkwkw

    Ayooooooooooooooooo

  14. Saleum,
    Onde mande.. uda nandak baralek gadang yo, alah ado kabau untuk disumbaliah da? :) den mau caliak tari piriang diacara baralek tu….
    saleum dmilano

    • Ikan Bilih …
      Aaarrrggghhh …
      Ini kesukaan Istri saya nih …

      Da …
      Buliah bawak Istri tak ???
      :)

      Salam saya

  15. walah, makin tak sabar utk menunggu moment baralek gadang itu, mas vizon, hehe …. woi, sebuah blog pun ternyata bisa menjadi media perhelatan yang asyik, bersahabat, dan penuh cinta. semoga pestanya meriah, ya, mas. salam sukses.

  16. buliah pakai suntiang snek ndak nyiak,
    bia sarupo anak daro di tampek baralek gadang,
    tanggal 1 Juli mulai di kunyah siriah dari tamu inyiak tu :D

  17. Udaaaa,………aku datang nihh, maaf Uda, telat masih nyalon soalnya, belum abis rendangnya kaaannnnnn *sambil jinjing rok sedikit dan lari tergopoh-gopoh* .

    Lihat beberapa tulisan di beberapa temen blog, jadi kangen nulis lagi, tapi apa masih bisa yaa,,,,,,,
    wah, jadi sentimentil di pesta Uda niii, nikmatin rendang dan tari lilin dulu ahhh…..

  18. wahhhhh….. untungggg belum telat…. :) rendang masih ada khan Uda?? :)
    jadi kangen nulis… :) tapi apa daya klo udah di hukum sama Moza jadi ngga bisa online…..

  19. Pingback: Site.Stats. « me thought

  20. tempo hari telah diinfokan oleh Pakdhe Cholik, eh kelupaan, dah seminggu lewat. nggak papa kan meninggalkan komentar meski dah lewat harinya uda???
    salam hangat ^_^

  21. Pingback: Twilight Express » Blog Archive » Papaku Ultraman

  22. Pingback: SURAU INYIAK » Blog Archive » renovasi

  23. Pingback: SURAU INYIAK » Blog Archive » ayahku (bukan) pembohong

  24. Pingback: SURAU INYIAK » Blog Archive » 7 dads

  25. Pingback: SURAU INYIAK » Blog Archive » top komentator

  26. Pingback: SURAU INYIAK » Blog Archive » ayahku, pintu surgaku

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


9 − = 8

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>