puasa itu sehat lho…


Warning: Illegal string offset 'single_featured_image' in /home/hardiviz/public_html/wp-content/themes/confidence/content-single.php on line 69

Tiga hari sebelum Ramadhan, sekolahan Ajib dan Fatih mengadakan pawai keliling. Murid laki-laki diharuskan membuat poster dan murid perempuan membuat beberapa tangkai bunga. Maka, sehari sebelum acara tersebut dilaksanakan, kedua anakku itu sudah heboh memintaku untuk membuatkan poster tersebut.

Karena mereka masih kelas I dan II SD, tentulah belum bisa membuat poster sendiri. Tapi, aku tidak mau membiarkan mereka tidak melakukan apa-apa. Aku ingin bantu, tapi tetap itu akan jadi hasi;buah karya mereka. Caranya? Aku bantu membuatkan sketsa tulisan dan merekalah yang mewarnai sesuka mereka.

“Ajib, mau Papa buatkan tulisan apa?”, tanyaku pada Ajib

“Bagusnya apa ya Pa?”, Ajib balik bertanya.

“Terserah Ajib aja, sukanya apa?”

“Mmmm… selamat puasa… gimana?”

“Boleh…”

“Eh, jangan deng… yang itu lho Pa, marha.. marha… emmm…. apa itu?”

“Ouw.. Marhaban ya Ramadhan?”

“Nah… itu aja.. Ajib suka yang itu”

“Ok bos… siap laksanakan”

Sekejab akupun sudah menggoreskan spidol di atas karton asturo yang dia beli di warung sore tadi. Sesuai dengan pesanannya, akupun menuliskan “Marhaban Ya Ramadhan”. Tak berapa lama kemudian, tulisan itupun selesai.

“Jib, udah selesai nih, sekarang silahkan Ajib warnai sesukanya ya…”

“Ok Pa… Makasih ya Pa”

“Sip…”


Ajib dan karyanya

Sementara Ajib mulai mewarnai, akupun beralih ke si bungsu, Fatih. Bungsuku ini agak sedikit kritis. Setiap pernyataan yang kita berikan, akan selalu dibalas dengan pertanyaan.

“Fatih mau dibuatkan tulisan apa?”

“Terserah Papa ajalah”

“Lho, kok terserah Papa? Kan ini punya Fatih, jadi ya terserah Fatih”

“Puasa yok… gimana Pa?”

“Boleh”

“Eh jangan Pa, gak asyik”

“Trus apa dong?”

Cukup lama kami terlibat diskusi, bolak-balik ganti tulisan, sampai akhirnya aku mengajukan usul.

“Bagaimana kalau, Puasa Itu Sehat Lho…”

Sejenak Fatih terdiam, dia agak sedikit heran dengan kalimatku itu.

“Masak sih Pa puasa itu sehat. Kan gak makan?”

“Iya, puasa itu bikin kita sehat”

“Lha, ndak makan ndak minum itu kan bisa bikin sakit perut, Pa. Lama-lama yo bisa mati”

“Hahaha… ya ndak lah Tih”

“……..”

“Puasa itu justru bikin perut kita sehat. Kan, perut kita itu bekerja terus mengolah makanan dan minuman yang kita telan. Setiap hari dia bekerja. Kan capek… ya, dia perlu istirahat”

“Emang perut itu bisa capek?”

“Iya… contohnya ni ya, pe-es (play station) Fatih. Coba kalau Fatih nyalain terus dari pagi sampai malam, apa jadinya?”

“Yo panas, trus rusak”

“Nah, kayak gitu juga perut kita. Perlu sesekali diistirahatkan, biar tidak rusak. Kalau perut kita rusak, kan bisa bikin kita sakit”

“Ooo… Fatih ngerti sekarang. Ya udah, kita bikin itu aja Pa”

“Siap bos…”

Akupun menuliskan berdasarkan kesepakatan tadi. Sambil menulis akupun terlibat obrolan lagi dengan Fatih.

“Puasa juga bikin sehat kepala dan hati kita lho Tih”

“Kok bisa?”

“Kan orang puasa itu tidak boleh marah. Kalau orang marah itu bisa bikin sakit kepala, juga sakit hati. Maka, kalau orang tidak marah-marah, kepala dan hatinya bisa sehat”

“Aseeekkk… jadi nanti Fatih ndak bakal dimarahin dong sama Papa”

“Hahaha… tapi membuat orang marah juga bisa bikin rusak puasa lho Tih. Jadi ya sama saja”

“Hahaha…” :D

Selesai sudah sketsa tulisan “Puasa itu Sehat Lho” kubuatkan untuk Fatih. Tanpa menunggu komando selanjutnya, Fatih pun mengambil krayonnya dan menggoreskannya di atas tulisan tersebut. Dan kedua putra cilikku itu pun terlihat asyik dengan kerjaan mereka masing-masing.


Fatih beraksi…

Tiba-tiba Fatih nyeletuk.

“Pa, kok liburannya cuma tiga hari? Mbok sampai Lebaran tho..”

“Lha, ngapa?”

“Yo capek sekolah kalo puasa”

“Kalo Fatih lari-larian terus di sekolah ya pastilah capek. Lagian puasa itu bukan untuk membuat kita bermalas-malasan. Yang istirahat kan cuma perut kita, bukan tubuh kita semuanya”

“……”

“Eh Tih… ayam juga puasa lho”

“Kapan..?”

“Kalau dia lagi ngeramin telurnya, ayam gak makan. Dia cuma duduk aja di atas telurnya. Gak ngapa-ngapain”

“Jadi, ayam tu bengong aja gak ngapa-ngapain Pa?”

“Iya… makanya, kalau ada orang yang puasa tapi kerjanya cuma tidur-tiduran dan malas-malasan, maka dia sama dengan………”

“Ayaaaaaammm………!!!”

“Hahahahaha………” :D


Yuk tetap berpuasa, biar tetap sehat… :)

 


Warning: Illegal string offset 'author_box' in /home/hardiviz/public_html/wp-content/themes/confidence/content-single.php on line 93

28 comments on “puasa itu sehat lho…

  1. Aku suka bagian ini..”Lagian puasa itu bukan untuk membuat kita bermalas-malasan. Yang istirahat kan cuma perut kita, bukan tubuh kita semuanya”

    Semoga para pemalas dan pencari alasan itu membacanya, Uda! ;)

    Selamat beribadah puasa, Uda!

    • Itulah Don… seringkali puasa dijadikan alasan untuk bermalas-malasan. Malah, aku termasuk orang yang tidak setuju jika sekolah diliburkan sebulan penuh selama puasa. Yang mana hal tersebut akan membangun persepsi buruk pada anak-anak soal puasa..

      Terima kasih Don… :)

  2. “Aseeekkk… jadi nanti Fatih ndak bakal dimarahin dong sama Papa”

    Ngakak koprol … !!!
    (toss dengan ajib …)(waktunya main bola sepanjang hariiii …)(hahahaha)

    “Pa, kok liburannya cuma tiga hari? Mbok sampai Lebaran tho..”

    Ahhh … bener-bener udah jadi bocah Jowo arek iki …
    logatnya kentel banget !!!

    (belum lagi istilah yang pernah saya baca di blog ini … Mau main “Pit-pitan” … Hahaha itu Yogya bangeeettt …)

    Salam saya Uda

    • Dan itu sudah mereka lakukan Om…
      Meski puasa, tetap saja main bola. Malah kemarin, bolanya saya sembunyikan, eh malah bantal kecil yang dijadikan bola untuk bermain di dalam rumah.. ampun deh… :D

      Kalimat-kalimat yang saya tulis itu masih kurang medhok dibanding omongannya langsung Om… Jowo tenan deh, haha.. :D

  3. Uda, biarpun aku ngga puasa seperti teman-teman muslim, aku puasa ngga marah-marah loh hehehe.
    Seperti yang kutulis di status FB ku, Bulan Puasa = Bulan Sabar. Yang puasa harus sabar, dan yang tidak puasa juga harus sabar.
    Meskipun bagusnya kesabaran itu dipertahankan tidak hanya di Ramadhan saja.
    Senang baca tulisan Uda dengan percakapan langsung begitu. Lebih hidup!

    Selamat (melanjutkan) puasa.

    EM

  4. Ajib dan Fatih, medhok nya dah persis orang Yogya asli ya Nyiak?

    pokoknya 2 jempol utk Ajib dan Fatih utk hasil karya mereka yg keren
    ( pinter ya mewarnai nya ) :)
    salam

  5. Ajib dan Fatih…..wahh hebat…
    Diskusi tentang puasa dengan anak-anak ini menarik….
    dan saya suka kalimat Uda…yang puasa kan hanya perutnya…..

  6. Saya sih asyik mengikuti percakapan akrap antara bapak dan dua anaknya. Terasa suatu kehangatan di sana, jadinya saya bingung mau komen apa. Ya saya nikmati saja….

  7. baca percakapan diatas jadi pelajaran buat saya,kalau anak saya besar nanti dan bertanya ini itu kita sebagai orang tua harus bijak dalam memberi jawaban agar anak tidak salah dalam pemahaman…
    terima kasih uda…

  8. Betul, puasa itu menyehatkan, banyak fakta medis yang membuktikan hal ini. Selain itu, puasa juga menyehatkan rohani kita. Bagaimanalah akan dilewatkan jika dua keuntungan ( bahkan sebenarnya tak terhitung ) di dapatkan dari berpuasa.

    Semoga kita bisa mengisi Ramadhan kali ini dengan puasa dan ibadah yang terbaik, lebih baik dari Ramadhan yang lalu, dan akan lebih baik di tahun-tahun mendatang. Amin.

    Buat Ajib dan Fatih, Om nda tersinggung kok kalau kalian bilang orang yang puasa tapi kerjanya cuma tidur-tiduran dan malas-malasan, maka dia sama dengan ayam, soalnya seminggu ini Om sering tidur siang, bukan tidur-tiduran, tapi tidur beneran, dan bukan karena malas, tapi karena Om kerja malam. Hehehehe…tos dulu Ah!

  9. he…he…he..
    gak boleh marah..marah…
    iya kadang kalau puasa itu otak gak maksimal..
    padahal itu gak boleh kan yak,,,,

    ayam puasa juga toh..
    asli aku baru tau.. :D

  10. Mengajarkan dengan contoh-contoh yang ada dalam kehidupan sehari-hari lebih gampang dinalar anak-anak ya da. Cara yang uda lakukan sangat pas

  11. Uda, mau ngasih tau tapi telat, buku Dear Papa udah nyampe di Bintan seminggu yang lalu. Mau ngasih kabar ke Uda selalu kelupaan..hehe…

    Bravo buat Ajib dan Fatih!! Moga puasanya gak bolong, main bolanya lanjut dan sekolahnya lancar yaaaa…. :)

  12. Sangat bagus dan baik mengajak anak untuk berdemokrasi sejak kecil. Saya yakin kalau mereka sudah gede akan menghormati pandangan orang lain, tepa selira…

  13. So sweet banget sih Da, salah satu cara kreatif untuk “bounding with kids” sebelum mereka dewasa…

    PS aku juga ikutan puasa lho da, gak ada kantin yang buka ^_^
    Tinggal beberapa hari lagi, semoga berpahala puasanya ya da…

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jawab dulu ya pertanyaan di bawah ini sebelum kirim komentar, biar tidak dianggap spam.. :) *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>