11 januari

Ada apa dengan 11 Januari? Tidak ada apa-apa yang istimewa bagiku, sebetulnya. Gak tahu kalau bagi Bundo Adel, hehehe… (selamat ya Bundo…Barakallah..!). Lantas, mengapa kok jadi judul? Gak ada alasan apa-apa, cuma suka aja.. :D

Pada 11 Januari 2014 kemarin, aku mengikuti sebuah seminar yang diadakan jejualan.com bertajuk Branding dan Digital Marketing Toko Online. Aku mendapat undangan untuk mengikutinya karena toko online kami yang baru, www.zafashion.biz menggunakan jasa jejualan.com untuk hosting dan membuat toko online kami. Para pembicaranya adalah Aria Rajasa (founder gantibaju.com), Ryan Gondokusumo (founder Sribu.com), serta Erick Yonathan dan Ryan Batchin (Digital Marketing DG Traffic).

Ada 3 hal penting yang kudapatkan dalam seminar ini, yakni:

1. Pengetahuan

Sebetulnya, materi seminar ini sudah tidak asing bagiku. Sebab, sebagian besar dari inti yang disampaikan adalah materi yang juga kusampaikan dalam pelatihan pemasaran produk UKM melalui media online ke berbagai daerah di Indonesia bersama Kementrian KUKM. Namun, sungguh pun demikian, tetap saja ada yang baru yang kudapat.

Keempat pembicara dalam seminar tersebut adalah orang muda yang sangat kreatif. Aku sangat pujikan itu. Dari apa yang mereka sampaikan aku dapat simpulkan bahwa membuat toko online itu sangat mudah, namun membuatnya tetap bertahan dan mengundang banyak kunjungan, perlu usaha yang sungguh-sungguh dan serius. Ada banyak hal yang mesti dilakukan, seperti desain website yang menarik dan mudah diakses, SEO dan konten.

Dari apa yang kualami selama ini, ternyata bagusnya desain web dan tingginya traffic ke toko online kita, belum menjadi jaminan tingginya penjualan. Seringkali pengunjung yang me-klik hanya sekedar untuk lihat-lihat saja atau untuk membandingkan harga. Soal keputusan membeli, itu terpulang kepada keyakinan hati si calon pembeli.

Salah satu yang bisa membuat calon pembeli yakin untuk berbelanja dengan kita adalah pengetahuannya tentang siapa pemilik dan pengelola toko online tersebut. Ngeblog adalah cara paling ampuh untuk itu. Seperti kata orang bijak, “Untuk mengetahui seseorang, lihat dengan siapa dia berteman“. Lingkaran pertemanan kita di blog, akan memperkuat pengetahuan calon pembeli tentang siapa kita.

So, bagi kawan-kawan yang ingin berbisnis online, sangat perlu untuk memiliki blog juga dan masuk ke berbagai komunitas, seperti Blogcamp dan Warung Blogger. Dan bagi sahabat yang sudah malang melintang di dunia blog, baik juga untuk memiliki bisnis online. Mau bikin toko online dengan mudah dan murah, klik saja banner di bawah ini:

Software Website Toko Online

2. Hadiah

Dalam sebuah acara, doorprize selalu menjadi daya tarik dan ice breaking yang efektif. Begitu juga dengan seminar yang kuikuti kemarin, dipenuhi dengan aneka hadiah menarik yang diberikan dengan berbagai cara, seperti bertanya, games maupun ngetweet.

Untuk dua hal yang pertama, aku tidak mengikutinya sama sekali. Tapi untuk ngetweet, bolehlah. Dengan mewartakan pengetahuan yang kudapat selama seminar secara “live” di twitter, aku berharap ada follower yang membacanya dan mendapatkan pengetahuan juga, meski sedikit. Maka, setiap kali ada quote menarik dari pembicara, aku pun sampaikan melalui akun twitterku, @hardivizon

Tak dinanya, ternyata ocehanku itu mendapat apresiasi dari pihak penyelenggara. Dan di akhir acara, aku pun dipanggil ke depan untuk menerima hadiah berupa voucher dari sribu.com sebesar Rp. 1.000.000 dan sebuah flashdisc dari panitia. Alhamdulillah, senang sekali rasanya..

3. Kopdar

Sebuah tweet dari Kang Yayat memberitahukan kalau ada seorang sahabat blogger yang juga ikut dalam acara tersebut, yakni Tomi Purba. Sebuah kejutan tentunya. Aku sudah cukup lama kenal dengannya melalui blog. Tapi, meski kami tinggal sekota, belum sekalipun berjumpa. Ketika BN2013 yang diadakan di Jogja tempo hari, Tomi sepertinya juga ikut disibukkan dalam kepanitiaan. Karena aku absen dalam acara tersebut, tentu saja tidak bisa berjumpa dengan anak muda yang kreatif ini.

Di akhir acara, kami pun akhirnya bertemu. Seperti sahabat yang sudah kenal lama –padahal baru pertama kali bertemu– kami ngobrol dengan akrab. Pertemuan tersebut tentu tidak lengkap bila tidak ada fotonya, bukan? Nanti dibilang hoax lagi, hehe.. :)

And yes… This is the beauty of blogging.. :)

14 comments on “11 januari

  1. seneng lihat kedua sahabat saling ketemu. Sayang saya belom ketemu Uda Vizon neh. Semoga kelak kalau saya ke Yogya bisa bertemu ya :). Kalau sama mas Tomy sih pernah walau pengen ketemu lagi.
    Keren acaranya uda .. andai deket aja aku pengen ikut tuh he he.
    Selamat sukses
    Salam

    • Makasih atas mention-nya ya Kang, sehingga kami bisa ketemuan, hehe..

      Semoga kita juga bisa ketemu Kang.. :)

  2. Voucher sejutaaaaa ??? Flash Disk ??? Kopdar ??? Ilmu ???
    Dapet semua …
    Aaaahhhhh nyaman bener hidup si Uda …

    Saya bertemu Tomi di BN … sekelebatan saja … hanya sempat ngobrol satu dua kalimat … itu pun saat penutupan …

    salam saya Uda
    nh18 recently posted..THE NINE FROM “CARING EMERALD”My Profile

    • Dan yang pasti, kita jadi semakin fokus pada materi seminar, karena pengen membuat laporannya untuk ditulis di blog, Mas Indra, hehe.. :)

  3. Waaah selamat ya Da. Acara yang banyak banget “hasilnya”. Sudahlah dapat ilmu, dapet hadiah, ketemu rekan blogger pula.

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


3 − = 2

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge