hijrah, momentum peningkatan ibadah

Untuk seluruh sahabat, terkhusus yang Muslim, aku ucapkan:

tahun baru 1436 H

Hijrah tidak semata perpindahan Nabi Muhammad saw. beserta pengikut-pengikutnya dari Makkah ke Madinah untuk menjalani kehidupan yang lebih baik, tapi ia juga menjadi titik tolak perubahan dalam bentuk dakwah Rasul Allah tersebut. Hal tersebut ditandai oleh para ulama dengan membagi surat-surat dalam al-Qur’an kepada dua kategori besar, yakni Makkiyah dan Madaniyah.

Makkiyah adalah ayat-ayat al-Qur’an yang turun sebelum Nabi Muhammad saw. berhijrah ke Madinah. Sementara Madaniyah adalah ayat-ayat al-Qur’an yang turun setelah beliau berhijrah. Dengan demikian, yang menjadi patokannya adalah momentum hijrah. Pembagian kategori ini bukan tanpa maksud. Salah satu aspek yang sangat mencolok yang membedakan keduanya adalah, Makkiyah lebih banyak berisikan penetapan tauhid dan aqidah yang benar, sementara Madaniyah berisikan perincian masalah ibadah dan muamalah (sosial).

Dengan demikian, terlihat perbedaan yang sangat mendasar dalam bentuk dakwah yang dilakukan Rasulullah sebelum dan sesudah hijrah. Yakni, sebelum hijrah beliau lebih terfokus pada pemantapan aqidah (keimanan), dan setelah hijrah beliau sudah beranjak maju kepada perwujudan aqidah dalam bentuk ibadah.

Maka, momen tahun baru Hijriyah ini menurutku ada baiknya kita belajar dari perkembangan dakwah Rasulullah tersebut. Yakni menjadikannya sebagai momentum untuk meningkatkan keimanan kita kepada Allah swt. dengan semakin memperbanyak ibadah kepadaNya. Ibadah adalah bentuk aktualisasi keimanan seseorang kepada Sang Khaliq. Semakin baik ibadahnya, tentu semakin baik kadar keimanannya tersebut.

Ibadah dalam Islam tidak semata yang menjadi kewajiban, seperti shalat, puasa, zakat dan haji. Tapi segala hal yang berkaitan dengan kebaikan yang kita lakukan dengan dilandasi keimanan, juga dipandang sebagai ibadah. Membuat tulisan di blog yang dapat memberi manfaat bagi pembacanya, merupakan salah satu bentuk ibadah tersebut. Seperti yang dikatakan Pakde Cholik, ngeblog untuk ibadah, adalah benar adanya.

Meski energiku untuk ngeblog tidak sebanyak dulu lagi, namun insya Allah aku akan berusaha untuk tetap menulis di sini. Karena aku yakin, seremeh apapun yang kita tulis dalam blog, pasti ada hikmah yang bisa didapat oleh orang lain, dan semoga itu menjadi ibadah untukku.

Selamat tahun baru, sahabat…
Selamat terus beribadah melalui blog.. :)

11 comments on “hijrah, momentum peningkatan ibadah

  1. Semoga kualitas kita semua …
    menjadi semakin baik … dan baik lagi … di masa-masa yang akan datang ya Uda

    salam saya Uda
    (26/10 : 4)

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jawab dulu ya pertanyaan di bawah ini sebelum kirim komentar, biar tidak dianggap spam.. :) *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>