self reflection: the power of we

self reflection

Tahun 2014 sudah hampir berakhir. Kesibukan menjalani kehidupan membuat perjalanan waktu terasa begitu cepatnya. Ada banyak yang ingin diraih di tahun 2014 ini. Namun, sebagai manusia biasa, tidak semua bisa dilakukan secara maksimal. Salah satu yang tidak bisa kujalani dengan maksimal tahun ini adalah ngeblog!

Ya.. aktifitas ngeblog-ku tahun 2014 ini semakin menurun. Tidak banyak postingan yang kuhasilkan. Bahkan, bersilaturrahmi ke blog sahabat pun cukup jarang kulakukan. Sehingga, banyak moment-moment yang kulewatkan.

Dari sedikit tulisanku sepanjang tahun 2014 ini, ada beberapa yang memiliki kesan khusus di hati dan pikiran. Salah satunya adalah tulisan berjudul Dipikul dan Dijinjing Bersama. Tulisan yang mulai tayang pada 23 Januari 2014 yang lalu itu menceritakan tentang kegiatan pengajian akbar yang diadakan di kampung tempat tinggalku, Kweni-Bantul.

Pengajian tersebut dilaksanakan di areal Pondok Pesantren dan Panti Asuhan An-Najwa yang tengah kami bangun. Di antara tujuan pengajian akbar itu adalah menggalang dana untuk kelanjutan pembangunan panti asuhan anak yatim tersebut. Dan alhamdulillah, di hari itu tergalang dana lebih  kurang Rp. 200 juta. Angka yang lumayan besar, bukan?

Lantas, apa yang menjadi menarik bagiku dari tulisan tersebut?

Bila dilihat dari pemilihan diksi dan cara bertuturku dalam tulisan tersebut, sesungguhnya tidak ada yang istimewa. Bahkan aku sendiri memiliki kesan kalau tulisan itu tidak lebih dari sekedar laporan pelaksanaan kegiatan kampung. Tapi, yang membuatku suka dengan tulisan itu adalah bahwa di dalamnya terkandung emosi kebahagiaan dan keharuan atas apa yang terjadi.

Setiap kali membacanya, aku seolah terseret kembali ke saat kegiatan itu dilakukan. Ada getaran yang teramat dahsyat yang kurasakan di hati setiap kali membacanya.Selalu terbayang di benakku semangat kebersamaan dan gotong royong antara warga kampungku. Aku patut pujikan kekompakan warga kampung Kweni. Semangat gotong royong yang di sebagian besar belahan negara kita tercinta ini sudah semakin menurun, namun mereka tetap mempertahankan dan menumbuhsuburkannya. Semangat itulah yang menggelora ketika tulisan itu kubuat.

Dan, semangat serta kebahagiaan itu semakin bertambah setiap kali melihat perkembangan pembangunan panti, sebagaimana terlihat di gambar di bawah ini..

an-najwa-02an-najwa-01
Gedung Pantia Asuhan An-Najwa Kweni-Bantul yang tengah dibangun

Tulisan tersebut, tidak sekedar menjadi refleksi bagiku dalam ngeblog, tapi juga menjadi semacam pengingat  untuk terus berupaya menuntaskan pembangunan panti. Kekompakan dan kebersamaan yang telah terjalin dengan baik selama ini di masyarakat, mestilah terus dipertahankan dan ditingkatkan. Agar, segala pekerjaan yang berat, akan terasa ringan sekali bila dikerjakan secara gotong royong.

Bagaimana di tempat sahabat? Semangat gotong royong masih terus menggelora, bukan? :)

“Postingan ini diikut sertakan dalam lomba tengok-tengok blog sendiri berhadiah, yang diselenggarakan oleh blog The Ordinary Trainer”

16 comments on “self reflection: the power of we

  1. Subhanallaah, luar biasa sekali Da postingan yang dipilih. Di tempat saya di sini sudah tidak terlalu terasa Da semangat gotong royongnya. Karena kompleks baru mungkin ya..

    • Terima kasih, Dani…
      Semoga di kompleks yang baru itu, bisa terbangun semangat gotong royong-nya ya..

  2. Alhmdll di daerah saya Kudus, meski banyak orang perantauan, hubungan kerjasama dan kekompakan antar warganya juga luar biasa. Sukses untuk kontes GAnya ya om Vizon :)

  3. The power of we, menyatukan rasa antara Uda dengan kami pembaca, mendukung asa kiranya penuntasan pembangunan lancar.
    Sukses di perhelatan Om NH ya Uda.

  4. Saya datang dan sudah membaca “Self Reflection” di blog ini
    Terima kasih telah berkenan untuk ikut lomba saya ya
    Semoga sukses

    Salam saya
    #112

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jawab dulu ya pertanyaan di bawah ini sebelum kirim komentar, biar tidak dianggap spam.. :) *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>