segar sepanjang hari berkat infused water

Pemandangan yang lazim di kampusku saban pagi adalah berkumpulnya rekan-rekan dosen dan staff di lobby gedung rektorat. Urusan mereka hanya satu. Yakni, menempelkan salah satu jari mereka di sebuah mesin yang setelah itu sang mesin berujar, “thank you”. Mesin itu bernama finger print alias absen sidik jari. (Padahal cuma mau bilang kalau mereka pada absen. Malah berputar-putar ngomongnya, haha..).

Pagi itu, aku melewati kerumunan rekan-rekan tersebut dan bergegas hendak menuju kelas, karena aku ada jadwal mengajar di jam pertama. Kusapa dan kusalami beberapa orang yang kebetulan berpapasan denganku. Mengingat waktuku tinggal sedikit, buru-buru kutinggalkan mereka. Namun, seseorang menahanku dengan sebuah pertanyaan.

“Itu yang dibawa apaan, Pak?”

“Yang mana?”

“Itu, di botol air minum di ransel yang Bapak sandang”.

“Ooo.. ini… ya air minum lah”

Rupanya kawan itu penasaran dengan air minum yang kubawa. Karena kutaruh di kantung samping ransel, bentuknya jadi mudah terlihat.

 

infused water-01 Perlengkapan perang mengajarku saban hari :)

“Iya, saya tahu, itu air minum. Tapi, kok ada buahnya?”

“Ini namanya infused water. Masa Bapak belum tahu?”

“Wah, kudet nih saya. Apa pulak itu infused water?”

Infused water adalah air putih yang telah diberi tambahan potongan buah atau herbal sehingga memberikan sensasi rasa air tertentu dan bermanfaat bagi kesehatan. Secara teknis, infused water dibuat dengan memasukan irisan buah-buahan ke dalam air putih, kemudian didiamkan beberapa jam sampai sari buahnya keluar dan air akan berubah rasanya”.

“Khasiatnya apa, Pak?”

“Ada banyak. Yang jelas, yang saya rasakan selama ini tubuh menjadi lebih segar dan fit. Biasanya, saya kalau mengajar tiga kelas berturut-turut, rasanya badan ini mau rontok. Tapi, sejak rajin mengkonsumsi infused water, berjam-jam saya bicara di depan kelas, tidak terlalu capek rasanya”.

“Jadi kayak minuman berenergi gitu ya?”

“Ya kurang lebih begitu lah.. Tapi ini kan alami, tanpa bahan kimiawi. Dan di samping itu, air ini juga membantu proses detoksifikasi (mengeluarkan racun) tubuh, serta memperlancar buang air kecil maupun besar”.

“Hmm.. menarik nih, Pak. Buah apa saja yang bisa dipakai untuk itu?”

“Tidak ada aturan yang kaku. Namun, usahakan buah yang memiliki rasa asam (acid) atau netral, karena rasa manis cenderung menimbulkan rasa bosan jika diminum dalam jumlah banyak. Beberapa buah yang bisa digunakan adalah anggur, apel, belimbing, buah naga, jeruk nipis, kiwi, lemon, nanas, mangga, mentimun, jeruk atau orange”.

“Apa bisa dicampur dengan bahan lain?”

“Bisa.. Infused water pada prinsipnya tidak hanya berisi irisan buah tapi juga bisa dimasukan herbal atau rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, daunt mint, daun kemangi, serai dan lain sebagainya”.

“Bagaimana cara bikinnya, Pak?”

“Gampang banget.. Cuci bersih buah yang akan kita gunakan, potong-potong, masukkan ke dalam botol, tambahkan air matang, diamkan selama beberapa jam–lebih baik lagi kalau didiamkan di dalam lemari es–setelah itu, tinggal diminum”.

“Iya, gampang banget kelihatannya. Buahnya bisa dicampur-campur gitu ya?”

“Yak, benar sekali. Biar cihuy, buahnya bisa dicampur. Misalnya strawbery dengan jeruk nipis, atau nanas dengan daun mint, atau juga semangka dengan seledri. Tergantung selera dan kreatifitas kita saja..”.

 infused water Aneka varian infused water yang kerap kubawa

“Jadi bersemangat mau mencobanya nih Pak”

“Silahkan.. Untuk sehat tidak perlu mahal kan? Hehehe…”

“Benar sekali, Pak. Di sekitar kita ada banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan. Apalagi di Curup ini, kota penghasil sayur dan buah yang sangat baik”.

“Okay, selamat mencoba ya. Saya keburu mau ke kelas nih, udah telat”

“Oh iya, maaf Pak, udah bikin telat”

“Nggak apa-apa, santai aja. Cabut dulu ya..”

“Okay..”

Baru beberapa langkah ku ayunkan kaki, rekan itu tetiba memanggilku.

“Pak, sebentar..!”

“Iya, ada apa?”

“Itu botolnya beli di mana?”

“Kalau yang ini, saya diberi teman. Tapi, beberapa botol yang di rumah, saya beli secara online. Coba Bapak cari di situs ecommerce ini, ada banyak di situ”, terangku sambil menunjuk ke layar ponselku.

blanjadotcom

“Terpercaya dan gampang tidak belanja di situ?”

“Insya Allah.. Bapak tidak akan pernah tahu kalau belum mencobanya, bukan? Dicoba saja ya.. Udah ah.., saya udah telat nih..”

“Haha.. iya iya, sorry… Makasih ya Pak informasinya.. Selamat mengajar”

“Ok, thanks..”

3 comments on “segar sepanjang hari berkat infused water

  1. Memang menyegarkan Da infused water ini dan bisa bikin enak di perut. Kalo saya (semoga bisa) rutin tiap pagi pake lemon aja. Hihihi..

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jawab dulu ya pertanyaan di bawah ini sebelum kirim komentar, biar tidak dianggap spam.. :) *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>