Antara Aku, Al dan Tebu

Tiga puluh tahun, waktu yang cukup lama bagiku dan Al untuk kembali bertemu. Sepupuku itu tinggal di Jakarta, sementara aku masih betah wira-wiri Jogja-Bengkulu. Meski aku sering ke Jakarta, tapi tidak pernah sekali pun aku punya kesempatan bertemu kembali dengannya. Hingga akhirnya, acara pernikahan salah seorang saudara, menjadi ajang reuni kami. Pertemuan itu sangat membahagiakan. Banyak cerita yang ingin kami bagi. Dan cerita paling hangat adalah kenangan masa kecil di kampung halaman.

Kenangan paling berkesan adalah ketika aku dan Al berjualan tebu potong di pelataran masjid Darussalam, Tilatang Kamang, Magek, Sumatera Barat, setiap bulan Ramadan. Sebetulnya yang berjualan adalah Al, aku hanya menemani saja. Al kurang beruntung, dia ditinggal ayahnya sedari kecil, sehingga ia pun harus ikut banting tulang membantu perekonomian keluarga. Berjualan di bulan Ramadan adalah salah satu cara yang ia lakukan.

masjid darussalam magek

Setiap hari aku menemani Al, mulai dari mengambil tebu yang dibeli dari kebun orang, mengupas, memotong-motong, hingga menjualnya. Proses itu sangat kunikmati. Meski Al sering melarang karena takut dimarahi orangtuaku, aku tak peduli, Kegigihan Al dalam berjualan, mengalir dengan deras kepadaku. Dan ini, menjadi inspirasiku hingga saat ini.

“Kabarnya usahamu sukses sekarang, Al”

“Alhamdulillah.. pengalaman berjualan di masa kecil berdampak besar untukku”

“Termasuk berjualan tebu di pelataran masjid..?”

“Pastinya…”

:D :D :D

Jumlah kata: 205

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Menulis : 1001 Kisah Masjid”

lombamenulis

3 comments on “Antara Aku, Al dan Tebu

  1. Saya sudah datang ke sini dan membaca tulisan ini
    Terima kasih telah berkenan untuk ikut meramaikan Lomba Menulis : 1001 Kisah Masjid di blog saya
    Semoga sukses.

    Salam saya

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jawab dulu ya pertanyaan di bawah ini sebelum kirim komentar, biar tidak dianggap spam.. :) *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>