Nggak Usah Pusing Nyari Oleh-Oleh

Sudah menjadi kebiasaan kita tentunya bila berkunjung ke suatu daerah, membelikan oleh-oleh untuk orang-orang terdekat kita di rumah. Rasanya kurang afdol kalau kita pulang ke rumah, melenggang kangkung saja. Oleh-oleh, sekecil apapun itu, rasanya tetap penting untuk disiapkan.

Namun, tidak jarang, oleh-oleh ini menjadi masalah tersendiri bagi kita. Alih-alih mau menyenangkan hati orang yang menerimanya, kita malah dibikin pusing tujuh keliling untuk menentukan, apa yang akan kita beli. Budget bisa jadi salah satu alasannya, tapi yang lebih besar menjadi penyebab pusingnya kita adalah, pertanyaan yang menghantui, “apakah yang menerima menyukainya atau tidak?”.

Hal ini dialami oleh salah seorang rekanku, ketika kami melakukan perjalanan dinas ke luar kota beberapa waktu silam. Kebetulan rekan ini dalam waktu yang tidak lama lagi, akan melangsungkan pernikahan dengan wanita pujaan hatinya. Barangkali, dengan niat ingin menyenangkan hati si calon istri, dia pun berusaha keras untuk membelikan oleh-oleh terbaik.

saleduck-vizon

Awalnya aku tidak menyadari kebingungan kawan tersebut. Tapi, setelah waktu yang kami tetapkan untuk eksplorasi pusat oleh-oleh sudah melebihi batas dan kawan tersebut masih juga belum memutuskan apa yang mau dibelinya, akupun berusaha untuk membantu.

“Memangnya mau beli apa?”

“Nggak tau nih, Bang, bingung”

“Lha, inikan ada banyak, tinggal tentukan saja satu atau dua pakaian yang menurutmu bagus dan terjangkau”.

“Itulah masalahnya, Bang. Ada yang bagus, tapi harganya tidak cocok dengan isi dompet, sementara yang terjangkau, sepertinya kurang bagus”.

“Kamu mau belikan buat siapa?”

“Buat calon istri”

“Oooo…. saya bantu cari ya”

“Boleh, Bang”

Sejurus kemudian, akupun larut dalam tumpukan pakaian khas daerah tempat kami berkunjung itu, memilih beberapa alternatif untuk calon istri rekanku tersebut.

“Ini ada beberapa yang menurut saya keren dan terjangkau, bolehlah jadi pilihan”

Rekanku itu pun mematut-matut pakaian perempuan yang kupilihkan tadi. Ada 3 helai yang dia suka. Dia pun memintaku untuk memegang pakaian tersebut, kemudian mengeluarkan telepon pintarnya dan cekrek… baju itupun dia foto.

“Kok difoto? Buat apa?”

“Mau saya kirim ke calon istri, Bang. Biar dia pilih sendiri yang mana yang dia suka”

“Oooo…. saya paham sekarang, kenapa kamu sebingung itu menentukan pilihan”

“Kenapa, Bang?”

“Ya gara-gara foto itu”

“Ada apa dengan fotonya?”

“Mestinya, kamu tidak perlu meminta calon istrimu untuk memilih. Namanya juga oleh-oleh, ya terserah kita yang mau membelikannya. Perkara dia suka atau tidak, itu bukan urusan kita. Justru itu, menjadi ujian baginya. Apakah dia akan menghargai pemberian kita atau tidak. Keikhlasan cintanya, akan terlihat dari keikhlasannya menerima pemberianmu. Kalau ternyata dia malah sewot dan tidak mau menerimanya, berarti dia tidak lulus dari ujian keikhlasan cinta, dan di saat itu, kamu sudah tahu harus memutuskan apa”.

“Masa begitu sih, Bang?”

“Percaya deh sama orang yang sudah 21 tahun menikah… :D

“Hahaha… iya juga ya…”

Akhirnya, dengan senyum bahagia dan tanpa beban, rekanku itupun memilih sehelai baju yang harganya terjangkau dan model serta coraknya berkenan di hatinya. Kami pun berlalu dari pusat oleh-oleh tersebut dan segera meninggalkan kota itu.

~oOo~

Sahabat pernah punya pengalaman yang kurang lebih sama? Barangkali, tips yang kuberikan di atas, bisa menjadi alternatif cara mengambil keputusan ketika bingung dengan urusan oleh-oleh. Tapi, bila tidak mau repot, kenapa tidak memanfaatkan fasillitas belanja online yang saat ini sudah sangat marak di masyarakat kita? Beberapa hari sebelum berangkat, pesan saja dulu, biar pas kita sampai kembali dari tugas luar kota, pesanan itu sudah sampai, dan bisa diberikan sebagai oleh-oleh. Sehingga, kita tidak perlu capek-capek berkeliling kota hanya sekedar buat mencari oleh-oleh tersebut.

Dan, bila budget kita terbatas, bisa manfaatkan kupon diskon yang juga bertebaran. Salah satunya, seperti yang ditawarkan Saleduck, situs penyedia promo dan diskon berbagai toko online. Dengan demikian, oleh-oleh terbaik buat pasangan dan tidak merobek kantong, bisa kita penuhi tanpa harus bercapek-capek.

Hidup harus dibuat simpel, bukan? :)

3 comments on “Nggak Usah Pusing Nyari Oleh-Oleh

  1. Milihin oleh-oleh tuh emang kadang bikin pusing ya Uda XD Aku juga kalau mau beliin oleh-oleh sering bingung sendiri milihnya, biasanya nya sih karena kebanyakan pilihan nya hahahaha
    Salam Uda Vizon.. :)

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jawab dulu ya pertanyaan di bawah ini sebelum kirim komentar, biar tidak dianggap spam.. :) *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>