Lillahi Ta’ala

Tetiba seorang kawan mengirimkan gambar ini di grup chatting alumni yang kuikuti.

pak hasan - lillahi taala- 01

Cukup lama kupekuri gambar ini. Sosok yang ada di gambar itu adalah guru yang sangat kukagumi. Beliau adalah KH. Hasan Abdullah Sahal, pimpinan pesantren Gontor, Ponorogo, Jawa Timur. Sejenak kerinduanku membuncah. Ah.. lama nian sudah tak kukunjungi beliau. Sebait doa kulantunkan untuk kesehatan dan kebahagiaan beliau.

Beberapa kali aku pernah menurunkan tulisan tentang beliau di blog ini, antara lain Terima Kasih Guru, Motto Pembelajar, dan Semua Kita Adalah Guru. Tulisan-tulisan tersebut tidak cukup mewakili penghormatanku pada inspirasi yang beliau berikan. Keikhlasan yang beliau teladankan selama ini, begitu membekas sangat dalam di sanubariku. Bahkan sahabatku Ahmad Fuadi penulis novel Negeri 5 Menara itu pun mendapat inspirasi yang tidak sedikit dari beliau. Aku juga pernah menceritakan tentang hal tersebut dalam tulisan bertajuk Aura Keikhlasan.

Kembali ke gambar di atas. Sesungguhnya, bukan semata sosok yang ada di gambar itu yang membuatku terdiam cukup lama, tapi juga kata-kata yang tertulis di dalamnya.

“Jangan pernah merasa kecewa karena orang lain tidak menghargai dan berterima kasih atas jerih payah kita. Untuk siapa dan karena siapakah kita berbuat? Lillahi ta’ala”

Seratus persen kuakuri petuah tersebut. Betapa keikhlasanku masih jauh dari kata sempurna. Aku akan senang luar biasa ketika hasil kerjaku bertabur puja-puji. Dan sebaliknya, aku akan kesal sejadinya, ketika karyaku tak dianggap. Agaknya, perlu kuperbaharui lagi niat dalam berbuat. Untuk apa aku melakukannya? Demi puja-puji makhluk, ataukah untuk beroleh karunia dari Sang Penguasa Hidup?

Nasehat guruku ini, telah menyadarkanku akan arti sebuah keikhlasan..

Terima kasih, Pak Kiai.. :)

Semoga bermanfaat..

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jawab dulu ya pertanyaan di bawah ini sebelum kirim komentar, biar tidak dianggap spam.. :) *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>