Rukuklah Bersama Orang-orang Yang Rukuk

#day2 #ramadan1438 #puasa2017

Rukuk adalah salah satu gerakan dalam salat. Yakni, membungkukkan badan dengan tangan menopang di lutut, membentuk sudut siku-siku. Dalam gerakan ini, dibaca kalimat tasbih, memuji kebesaran Ilahi Rabbi.

Bila dihayati secara lebih mendalam, rukuk bermakna tunduk. Yakni, menundukkan diri di hadapan Sang Maha Kuasa, Allah swt. Ketundukan ini menunjukkan kelemahan makhluk di hadapan Sang Khalik.

albaqarah 43

Dalam QS. Al-Baqarah ayat 43 ini, Allah memerintahkan kita untuk rukuk (tunduk) kepadaNya bersama orang-orang yang rukuk (tunduk). Artinya bahwa hendaklah kita ikut dalam golongan orang-orang yang senantiasa tunduk kepada perintah Allah, dengan setulus hatinya. Bukan mengikuti golongan orang-orang yang pongah pada aturan Ilahi.

Dengan demikian, tidaklah susah bagi kita menentukan pilihan, dengan siapa kita bermakmum. Kualitas ibadah dan tingkat ketundukannya kepada Allah, dapat menjadi ukuran bagi kita.

Selamat berpuasa

Semoga bermanfaat

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jawab dulu ya pertanyaan di bawah ini sebelum kirim komentar, biar tidak dianggap spam.. :) *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>